10 Kota untuk Masa Pensiun di Indonesia yang Nyaman dan Bersahabat

Diposting pada

Kota untuk Masa Pensiun – Suatu hari nanti, akan tiba masanya dimana Kamu tidak lagi disibukan oleh perkerjaan yang menguras tenaga dan pikiran yang bertahun-tahun terus menghantui.

Tahun-tahun yang dulu selalu dikejar deadline kerjaan akan berganti dengan kehidupan “baru” yang damai, nyaman, dan berisi hal-hal membahagiakan. Itulah masa pensiun.

Masa pensiun merupakan masa dimana kamu harus beristirahat dari kesibukan pekerjaan dan rutinitas yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Agar masa pensiun Kamu tenang dan damai, ada beberapa hal yang harus dilakukan, satu diantaranya seperti menyiapkan  dana pensiun yang sudah disiapkan sejak usia masih produktif.

Sementara bagi pensiunan usia 50 tahun ke atas, tempat tinggal di masa pensiun tentu juga menjadi hal yang harus diperhitungkan.

Misalnya: tinggal di kota yang jauh dari kebisingan, udara yang segar, lingkungan yang menyehatkan dan  pemkamungan yang mampu membangkitkan gairah hidup.

Selain itu, untuk menghabiskan masa pensiun yang membahagikan ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan, seperti: lokasi, infrastruktur, kondisi alam, dan biaya hidup untuk bisa menjalani gaya hidup setidaknya seperti yang Kamu miliki saat ini.

Hiburan yang tersedia di tempat tersebut tentunya juga akan membuat Kamu lebih betah menjalani hari dimasa pensiun.

Baca juga: 5 Wisata di Palembang yang Mampu Menghipnotismu

Daftar Kota untuk Masa Pensiun yang Bersahabat di Indonesia

kota untuk masa pensiun
source liveolive.com

Menghabiskan masa pensiun di tempat yang nyaman akan membuat hari-hari terasa lebih membahagiakan.

So, berikut ini rekomendasi 10 kota untuk masa pensiun yang bersahabat di Indonesia. Simak ulasannya.

1. Yogyakarta

kota untuk masa pensiun
source liveolive.com

Yogyakarta memiliki apapun yang dibutuhkan banyak orang, seperti: lingkungan yang ramah, udara yang tidak terlalu panas, biaya hidup yang murah, fasilitas kesehatan yang lengkap, serta menawarkan pemkamungan alam hijau yang membuat hati dan pikiran damai.

Tak heran, bila Yogyakarta menjadi salah satu kota tinggal yang tepat di masa tua: masa pensiun. Kota ini semacam kota impian bagi mereka yang merindukan tempat tinggal yang jauh dari hingar bingar layaknya kota metropolitan.

Kota ini semacam memiliki daya magic yang membuat siapapun betah untuk tinggal berlama-lama. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin menghabiskan masa tua: masa pensiun.

2. Ubud, Bali

kota untuk masa pensiun
source water-sport-bali.com

Bali dengan segala keeksotisannya selalu sukses membuat siapapun jatuh hati. Ubud salah satunya. Ubud merupakan pusat kesenian dan kebudayaan di Bali.

Dianugrahi deretan hamparan persawahan yang luas bak permadani hijau serta bebas dari peradaban kota yang lekat dengan bar dan gedung-gedung pencakar langit membuat kawasan Ubud  ini cocok menjadi tempat peristirahatan yang nyaman, menyegarkan juga menyehatkan.

Tempat semacam ini tentu sangat recommended untuk para pensiunan, terutama usia 50 tahun ke atas.

3. Wonosobo

kota untuk masa pensiun
source travel.tribunnews.com

Sebagian orang pasti pernah membayangkan bisa menghabiskan masa tua di tempat yang indah, di tempat yang nyaman, udara yang segar, lingkungan yang menyehatkan dan biaya hidup yang terjangkau.

Dari sekian banyak kota yang ada di Indonesia, Wonosobo salah satunya. Ya, Wonosobo adalah kota di Jawa Tengah yang juga jadi salah satu tempat recommended untuk menghabiskan masa tua: masa pensiunan. 

Berada di kawasan dataran tinggi, Wonosobo dianugrahi udara yang sejuk dan tentunya bebas dari polusi udara yang tidak menyehatkan.

Biaya hidup di Kota ini juga terbilang murah, cocok untuk para pensiunan yang sudah tidak lagi produktif dalam dunia kerja.

4. Purworejo

kota untuk masa pensiun
source posjateng.id

Purworejo salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dianggap sebagai kota yang nyaman dan bersahabat untuk dijadikan tempat mengabiskan masa tua atau masa pensiunan.

Kota ini memiliki fasilitas kesehatan dan lingkungan yang baik, biaya hidup disini juga terbilang terjangkau.

Purworejo juga bisa dikatakan sebagai kota yang jauh dari hingar bingar khas kota mertropolitan. Cocok untuk para pensiunan yang ingin hidup lebih tenang dan membahagiakan menghabiskan masa tua.

5. Banyuwangi

kota untuk masa pensiun
source booking.com

Kota yang berada di ujung Jawa Timur ini jadi rekomendasi kota selanjutnya untuk menghabiskan masa tua atau masa pensiun.

Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian seperti Surabaya atau Malang. Lingkungan yang ramah, fasilitas kesehatan yang memadai serta biaya hidup yang cukup terjangkau,

adalah beberapa alasan yang melatarbelakangi bahwa Banyuwangi memang kota yang tepat untuk jadi tempat tinggal di masa pensiun.

Sebagai kota Budaya dan mengingat Banyuwangi sering mengadakan beragam festival tingkat nasional, peluang bisnis di Banyuwangi cukup menjanjikan, seperti bisnis kerajinan dan kuliner.

Para wisatawan local maupun asing  merupakan potensi konsumen yang tersedia untuk bisnis Kamu.

6. Sukabumi

kota untuk masa pensiun
source blog.gogonesia.com

Sukabumi juga menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang patut untuk dipertimbangkan sebagai tempat tinggal untuk menghabiskan masa pensiun.

Mengapa demikian? Sukabumi bisa dikatakan sebagai kota yang nyaman, damai dan jauh dari keriuhan kota khas metropolitan.

Selain itu, Sukabumi juga memiliki fasilitas kesehatan yang memadai, kondisi alamnya pun cenderung bersih, serta biaya hidup yang cukup terjangkau.

Adalah keputusan yang tepat menjadikan Sukabumi sebagai kota untuk menghabiskan masa pensiun.

7. Bandung

kota untuk masa pensiun
source lifestyle.okezone.com

Bandung, siapa yang tidak ingin menghabiskan waktu di kota yang memiliki julukan Paris van Java ini.

Berada di kawasan dataran tinggi, dikaruniai udaranya yang sejuk, kaya akan pemkamungan alam hijau, dan lingkungan yang mendamaikan meski Bandung cenderung kota yang ramai.

Menjadikan Bandung sebagai kota untuk mengahabiskan masa tua adalah pilihan yang tepat. Pun peluang usaha di kota ini sangat menjanjikan.

Ya, Bandung dan segala keindahannya semacam daya magic yang membuat siapapun jatuh cinta dan betah untuk tinggal berlama-lama.

8. Malang

kota untuk masa pensiun
source phinemo

Kabupaten di Jawa Timur ini sudah lama identik sebagai tempat peristirahatan.

Menyuguhkan pemkamungan menawan nan menyegarkan, udara sejuk, suasana yang mendamaikan,

serta lingkungan yang sehat menjadi alasan yang melatarbelakangi bahwa Malang merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan masa tua: masa pensiunan.

9. Manado

kota untuk masa pensiun
source mascargoexpress.com

Ya, Manado adalah kota berikutnya yang recommended dijadikan tempat untuk menghabiskan masa tua: masa pensiunan.

Kondisi alam dan sumber air panas yang melimpah di Manado menjadi modal dalam menarik wisatawan, khususnya bagi mereka yang ingin menghabiskan masa tua dengan penuh kedamaian, kenyamanan dan  kebahagiaan.

Toleransi di Manado juga terbilang tinggi, jauh dari keributan maupun pertikaian yang membuat gerah kepala.

Kenyamanan dan kedamaian yang diberikan sister city General Santos, Filipina, ini bahkan jadi salah satu destinasi pensiun bagi warga Jepang.

10. Padang

kota untuk masa pensiun
source kompasiana

Padang adalah kota yang juga recommended dijadikan tempat untuk menghabiskan masa tua: masa pensiunan.

Bagaimana tidak? Padang menawarkan udara yang masih asri dan nuansa yang mendamaikan. Jika Kamu ingin membuka usaha untuk menyambung hidup di masa pensiuanan, Padang patut  diperhitungkan.

Mengapa? Sebab, selalin menawarkan udara yang masih asri dan nuansa yang mendamaikan, Padang juga memiliki peluang bisnis ternak, bertani hingga usaha travel yang cukup menjanjikan.

Biaya hidup di Padang juga terbilang murah, pun penduduk setempat terbilang sangat open dan ramah.

Bagaimana? Sudahkah Kamu memiliki gambaran mau menghabiskan masa pensiun di kota mana?

Dimanapun kota yang akan Kamu tinggali untuk masa pensiun nanti, semoga mampu membuatmu tetap produktif dan bahagia selalu menjalani masa pensiun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *