2 Cara Mempercepat Download Di Android Terbukti Ampuh (IDM Android)

By | November 27, 2020
2 Cara Mempercepat Download Di Android Terbukti Ampuh (IDM Android)

GooBiMedia.com – Apa anda pernah merasakan mengunduh file di Android kecepatannya sangat lambat? Ya itu mungkin terjadi karena beberapa faktor. Bisa jadi karena masalah pada koneksi internet anda atau masalah dari ponsel android anda.

Ada bermacam-macam metode untuk mempercepat koneksi internet di android lebih tepatnya. Sama halnya dengan mendownload, koneksi internet juga mempengaruhi saat kita mengunduh atau mendownload suatu file atau berkas.

Di sini Admin akan membahas tentang Cara Mempercepat Download atau Unduhan di Android dengan 2 macam cara yaitu menggunakan Aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi. Mari kita simak secara bersama-sama.

Baca Juga: Cara Ubah Text Menjadi Tulisan Tangan Dengan Bot Telegram

Cara Mempercepat Download/Unduhan Di Andorid Dengan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

Cara Mempercepat Download/Unduhan Di Andorid Dengan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

Di sini admin menggunakan 2 cara yaitu mempercepat undahan, pertama dengan aplikasi android dan kedua tanpa menggunakan/menginstall aplikasi apapun.

Mempercepat Download Di Android Tanpa Aplikasi

Di motode ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi atau menginstall aplikasi apapun dengan menlakukan cara di bawah ini anda dapat mempercepat koneksi internet anda dan lancar saat mendownload file.

Reboot / Restart / Memulai Ulang Andorid

Cara pertama anda hanya perlu untuk me-reboot atau memulai ulang android anda. Cara ini bertujuan untuk merefresh ulang kegiatan dan menghapus cache sampah dalam android tersebut.

Copot Aplikasi Yang Tidak Di Perlukan

Cara ini bertujuan untuk mempercepat kinerja android saat mendownload sebuah file. Jika android medapat kinerja yang optimal dan 100% maka tidak ada kendala apappun saat mengunduh file.

Pastikan Tidak Ada Aplikasi Yang Menggunakan Internet Saat Mendownload

Jika anda sedang mendownload file, lebih baik untuk membiarkan unduhan itu selesai terlebih dahulu. Jika anda menggunakan aplikasi lain contoh nya menonton video Youtube, kemungkinan besar itu sangat mempegaruhi kecepatan download anda bisa juga download anda akan gagal di pertengahan. Saran dari admin jika lama menunggu, anda bisa memainkan game offline terlebih dahulu sembari menunggu unduhan anda selesai.

Gunakan Internet Pada Jam Malam (00:00-09-00)

Ini adalah cara yang paling ampuh untuk mempercepat mendownload file. Dikarenakan pada saat malam hari lebih tepat nya jam 12 malam sampai jam 9 pagi, sangat sedikit orang-orang yang menggunakan internet pada jam jam itu, otomatis kecepatan internet yang anda gunakan akan meningkat secara drastis. Admin menyarankan jika anda mendowload file dengan ukuran yang besar anda bisa melakukan cara ini sembari tidur untuk menunggu unduhan anda selesai dengan sendirinya.

Baca Juga: Download Video Facebook Di Android Kualitas HD (Snaptube)

Cara Mempercepat Download Di Android Dengan Aplikasi IDM Android (Internet Download Manager)

Apa anda pernah mendownload file menggunakan IDM di komputer? sangat cepat bukan jika menggunakan Internet Download Manager? Di android juga ada aplikasi semacam IDM fungsi nya juga sama, yaitu untuk mempercepat download file. Di sini admin akan merekomendasikan aplikasi semcam IDM di android. Mari simak.

IDM: Download Video, Movie, Music, Anime & Torrent

Cara Mempercepat Download Di Android Dengan Aplikasi IDM Android (Internet Download Manager)

Admin merekomendasikan aplikasi satu ini, dikarenakan aplikasi ini mirip dengan versi PC nya namun beda pengembang (Developer). Di sini admin akan memberikan turtorial singkat cara menggunakan aplikasi IDM di Android ini.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Beserta Gambar)

Pertama, Download Dan Install

Download IDM Andorid di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=idm.internet.download.manager.

Setelah selesai di unduh install aplikasi dan buka, pertama di buka anda akan di suruh untuk memilih bahasa, ijin peyimpanan file dan lokasi file yang akan di download. Nanti akan mucul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 1

Kedua, Salin Link Download Ke Aplikasi IDM

Di sini amin akan mencontohkan dengan mendownload file di situs download mediafire. Pertama salin link yang ada di atas seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 2

Ketiga, Paste Link Ke Aplikasi IDM Android

Setelah itu buka aplikasi IDM yang sudah anda install tadi. Pilih tanda + yang ada dibawah kanan.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 3

Keempat, Pilih opsi “dari papan klip” contoh seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu akan muncul beberapa opsi, yaitu “Impor dari bekas text”, “Dari papan klip”, “tambahkan tautan”. Pilih opsi “dari papan klip”.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 4

Kelima, Jika ada pesan “Galat Url” tinggal anda klik saja

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 5

Keenam, Muncul Detail Unduhan File

Setelah itu akan muncul tampilan “Unduh Berkas” seperti di bawah ini. Anda dapat mesetting unduhan anda sebelum mendownload nya. Di situ anda tinggal memilih opsi yang anda butuhkan.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 6

Ketujuh, Unduhan Di Mulai

Setelah selesai setting, tinggal klik “Mulai” otomatis pengunduhan akan berlangsung.

Cara Menggunakan IDM Android Untuk Mendownload Sebuah File (Dengan Gambar) 7

Di situ admin mendapat kecepatan 2-3Mbps dan tentu saja itu adalah kecepatan yang sangat cepat. Dengan aplikasi IDM Android / IDM: Download Video, Movie, Music, Anime & Torrent ini memungkinkan anda mendownload file dengan cepat, lancar, dan bisa di jeda juga seperti versi IDM Komputer.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Google Form Di HP/Komputer (Dengan Gambar)

Oke terimakasih atas kunjungan nya di website GooBiMedia. Semoga artikel Cara Mempercepat Download Di Android Terbukti Ampuh ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebih nya admin minta maaf. Salam luar biasa.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *