Gratis! Ini Lho 4 Software Desain Arsitektur Terbaik yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Software Desain Arsitektur – Tahukan kamu? Ternyata ada software yang bisa  membantu para arsitek dalam mendesain arsitektur berbagai proyek, sepert: rumah, gedung, stadion, mall, dan lain-lain.

Sofrwere ini memungkinkan penggunanya bisa membuat desain arsitektur berbagai tipe baik tipe 2D maupun 3D. Di sejumlah software, kamu bisa langsung merancang desain 3D, sedangkan di software lain, kamu bisa membuat desain tipe 2D lalu mengubahnya ke desain tipe 3D.

Untuk merancang arsitektur tersebut, software ini menyediakan berbagai alat struktural penting, mulai dari kolom, dinding, objek, balok, lantai, objek jendela, dan lain sebagainya. Dalam tipe 3D, kamu akan memperoleh sejumlah alat tambahan berupa tampilan depan, tampilan kiri, tampilan belakang, tampilan kanan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentu memudahkan penggunanya saat menganalisis desian tipe 3D yang dirancang apakan sudah benar atau belum.

Dalam freeware ini, kamu juga bisa memilih pengukuran akurat beragam elemen arsitektur, seperti: sudut, tinggi, lebar, Panjang, dan lain-lain. Pengukuran tambahan tersebut membantu kamu dalam membuat desain tipe 3D dengan proporsi yang tepat.

Setelah pembuatan desain selesai, kamu bisa menyimpan ataupun mengekspornya dalam bentuk format PDF, DWG, DDP, DXF, dan lain-lain.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik Di Android Paling Bagus Terbaik Dan Terbaru 2020

Berikut Ini 4 Software Desain Arsitektur  Terbaik dan Gratis

softrware desain arsitektur
source cesdb.com

Nah, buat kamu yang sangat membutuhkan softwere-softwere desain arsitektur yang bisa kamu gunakan secara gratis, berikut ini 4 software desain arsitektur terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk windows.

1. TAD

software desain arsitektur
source teamtad.com

TAD Designer merupakan software desain arsitektur berikutnya yang bisa kamu gunakan secara gratis di Windows.

Software ini memungkinkan penggunanya dalam merancang desain tipe 2D, seperti: rumah, Gedung, bangunan, pabrik, rumah, dan lain sebagainya.

Pada tipe 2D, kamu juga bisa memperoleh Objek dan classes di bagian kiri antarmuka. Jadi, classes ini mewakili hampir sebagian besar arsitektur,

contohnya: lantai; sedangkan Objek mewakili seluruh elemen arsitektur kecil yang berada dalam lingkup classes, contohnya pintu, ruangan, jendela, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menambahkan sejumlah classes dengan gampang sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk menentukan karakter classes ataupun objek, secara manual kamu harus mengkodekan objek terlebih dulu dalam editor.

Setelah semua karakter arsitektur penting diimbuhkan ke dalam classes dan objek, kamu bisa menempatkannya pada kanvas 2D.

Di lain waktu, di atas kanvas tersebut, kamu bisa membuat desain arsitektur satu lantai dengan menggunakan alat seperti: Add Corner, Create Outline, Shift Corner, Rotate Object, Move Object, dan lain-lain.

Selain itu, dimensi tiap elemen juga bisa ditentukan, misalnya lebar, Panjang, ketinggian, kedalaman, dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu bisa melihat arsitektur dalam mode 3D dengan cara masuk ke ‘Display’, lalu klik ‘View in 3D option.

Kamu juga bisa memindahkan desain arsitektur 2D ​​DXF maupun 2D CAD dalam bentuk format 3D (DXF, VRML 2, Renderman, Virtualight, dsb).

Kelebihan software ini yaitu semua file yang dirancang memiliki ukuran sangat kecil dan mampu meningkatkan sendiri kemampuannya dengan mengimbuhkan plugin.

2. SeismoBuild

software desain arsitektur
source seismosoft.com

SeismoBuild juga jadi salah satu software desain arsitektur untuk windows yang bisa kamu gunakan secara gratis. software ini berguna untuk merancang arsitektur bangunan tahan gempa. Untuk membuat desain struktur bangunan, kamu harus menggunakan Pemodelan Bangunan.

Pada bagian ini, kamu memperoleh beragam jenis kolom, parameter, dinding, balok, dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga berbagai alat bantu, seperti; elemen, memutar elemen, pindahkan elemen, zoom in out, delet Elemen, dan lain-lain.

Pilihlah elemen struktural dengan mouse maupun alat bantu, lalu tempatkan di atas kanvas untuk mulai membuat desain struktur bangunan. Jika desain bangunan sudah selesai, kamu bisa langsung melihatnya dalam mode 3D dengan masuk ke ‘View’ lalu pilih ‘view 3D model’.

Setelah melihat pratinjau tipe 3D, buka menu ‘File’ lalu pilih ‘logout’, selanjutnya buatlah opsi ‘model 3D’. Opsi ini akan membantu kamu kembali ke ke halaman utama software ini.

Pada halaman utama, kamu akan memperoleh fitur-fitur berguna, seperti: Persyaratan Kode yang berfungsi membarui struktur sesuai kode perancangan bangunan,

Analisis Eigenvalue dan juga Analisis Pushover yang berguna untuk menelaah kekuatan struktural desain, serta Laporan yang befungsi untuk mengecek laporan tiap elemen struktur bangunan).

Setelah proses menelaah (menganalisis) selesai, kamu bisa save hasil akhir desain bangunan sebagai Gambar CAD maupun sebagai model SeismoBuild.

3. DreamPlan

software desain arsitektur
source store.steampowered.com

Softwere desain arsitektur gratis untuk windows berikutnya yaitu DreamPlan. Software ini memungkinkan penggunanya dalam mendesain arsitektur rumah, interior rumah, area rumah, dan lain-lain sebagainya menggunakan model 3D maupun 2D.

Software ini juga menwarkan desain arsitektur dari berabagi aspek rumah, seperti: Building, Exterior, Interior, Landscaping, dan, Decks. Dari aspek ini, kamu bisa dengan mudahnya mengimbuhkan beragam jenis Furnitur, Peralatan elektronik, Pencahayaan, dan lain-lain.

Dengan menggunakan opsi ini, kamu juga bisa merancang dan membuat desain area rumah, misalnya: menambahkan tanaman, jalur, kolam, pencahayaan, Pagar, dan lain-lain. Selain itu, dimensi yang tepat dari tiap elemen eksterior juga bisa ditentukan.

Ditambah lagi, kamu juga memperoleh fitur Kontrol Kamera, yang memungkinkan kamu bisa dengan mudah memeriksa tiap sudut arsitektur rumah.

Adapun beberapa alat tambahan lainnya, seperti: level up, level down, zoom in dan zoom out, yang berfungsi untuk memeriksa arsitektur dengan benar. Setelah itu, kamu bisa menyimpan desain dengan berbagai format, seperti: PDF, screenshot, dan DDP.

4. FreeCAD

softrware desain arsitektur
source cesdb.com

FreeCAD merupakan software desain arsitektur untuk Windows yang bisa digunajan secara gratis. Software ini, memungkinkan penggunanya dalam merancang beragam jenis objek real, seperti: arsitektur bangunan, Gedung, rumah, stadion, dan lain-lain.

Untuk membuat desain yang rumit, software ini memiliki fitur yang mampun menghubungkan teknik tipe 3D parametrik. Teknik ini juga memungkinkan penggunanya bisa dengan mudah memodifikasi desain atau arsitektur.

Software ini juga menawarkan beragam template proyek sederhana yang berguna untuk mendesain jenis-jenis desain tertentu, seperti: Desain Arsitektur, Desain Bagian, Desain Kapal, Pekerjaan, Mesh, dan lain-lain.

Dengan menggunakan proyek Desain Arsitektur, kamu bisa mulai membangun beragam arsitektur mulai dari Rumah, Gedung, Bangunan, Stadion, hingga mall.

Softwere ini juga menyediakan beragam tool penting, seperti: Wall object, Reinforcement bar, Structure object, Floor object, Axis tools, Window object, Space objects, dan lain sebagainya. Pengukuran tiap elemen arsitektur yang akan kamu buat juga bisa dipatok secara akurat.

Adapun fitur lainnya yaitu fitur orientasi, fitur ini memungkinkan penggunanya bisa dengan cepat melihat desain arsitektur tipe 3D mulai dari tampilan depan, belakang, samping kanan, samping kiri, belakang, atas, dan bawah.

Setelah membuat desain tipe 3D, kamu juga bisa melihatnya dalam bentuk tipe 2D ​. Setelah desain selesai, kamu bisa save dalam format PDF, STL, OCA, POLY, JSON, DXF, DWG, dll.

Selain fitur yang sudah disebutkan di atas, didalamnya juga kamu bisa menemukan fitur lain yang lebih berguna, seperti: Macro Recording, Dependency Graphs, Scene, Inspector Macro Editing, dan lain sebagainya.

Itulah 4 software desain arsiterktur terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan untuk windows. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *