Agendakan! Ini 4 Wisata di Tawangmangu yang Indah Banget

Diposting pada

Wisata di Tawangmangu – Siapa yang tidak suka liburan? Hampir semua orang pasti menyukai kegiatan mengasikan ini. Bahkan, tidak sedikit orang beranggapan bahwa berwisata mampu menurunkan kadar stress.

Namun, kadang untuk menentukan lokasi wisata memang kita sedikit bingung ingin berwisata kemana yang setidaknya cocok dengan apa yang kita butuhkan. Sebab, kita pun tahu bahwa Indonesia dikaruniai banyak sekali objek wiasta yang indah nan rupawan.

Untuk berlibur atau berwisata, biasanya orang akan lebih selektif memilih objek wisata mana yang ingin dikunjungi, mengingat tidak semua objek wisata menawarkan hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Namun, jika kamu sedang mencari tempat wisata untuk membius stress, wisata alam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk destinasi liburan kamu. Ya, seperti: wisata pegunungan, wisata air terjun, wisata bukit, wisata hutan, maupun wisata pantai.

Ya, wisata alam dipercaya memang mampu membius stress setelah hampir sepekan pikiran dibebani dengan berbagai deadline pekerjaan. Meluangkan waktu dengan berlibur dan mengunjungi tempat-tempat bernuansa alam segar mampu memberikan energi yang positif.

Bicara soal wisata alam, Indonesia kaya sekali akan wisata alamnya. Dari Sabang hingga Merauke, bisa kamu jumpai deretan objek wisata alam yang sungguh indah dan menggoda mata. Nah, salah satu objek wisata alam yang bisa kamu masukan ke dalam daftar liburan kamu yaitu Tempat wisata Tawangmangu.

Baca juga: Catat! Ini 5 Wisata di Cibubur yang Super Awesome

Rekomendasi Wisata di Tawangmangu yang Begitu Syahdu

wisata di tawangmangu
source hipwee

Tawangmangu sendiri merupakan salah satu kota yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Berada sekitar 40 kilo meter dari kota Solo, tempat ini sering disebut sebagai objek wisata yang ada di kawasan Solo, meski sebenarnya berada di kawasan Karanganyar.

Berada di Lereng Gunung Lawu, Tawangmangu ini menawarkan pemandangan alam segar yang sungguh memanjakan mata, pun udaranya sangat sejuk. Tidak heran banyak wisatawan yang memilih Tawangmangu sebagai destinasi liburan saat akhir pekan atau saat musim liburan.

So, buat kamu yang memang sedang butuh destinasi wisata atau tempat liburan yang menyuguhkan pemandangan alam segar ala pegunungan, Tempat wisata Tawangmangu bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang tepat.

Ada objek wisata alam apa saja yang bisa kamu temukan di Tawangmangu? Beikut ini Goobi Media rangkum dalam rekomendasi wisata di Tawangmangu dengan view yang begitu syahuud. Simak berikut ini ulasannya.

1. Lawu Park 2

wisata di tawangmangu
foto dari @thelawupark

Wisata di Tawangmangu yang menawarkan pemandangan alam ala pegunungan yang sungguh memanjakan mata yaitu Lawu Park 2. Saat berlibut ke Solo, pastikan untuk mampir ke kawasan Karanganyar dan menyambangi obej wisata Lawu Park 2 ini.

Berada disini, kamu akan dimanjakan oleh harmonisasi eksotis antara pesona alam hijau, kemegahan gunung Lawu, udara yang sejuk dan berbagai spot foto instagenik. Dsiini juga tersedia beragam aneka kuliner. Buat para pecinta selfie maupun fotografi alam, pastikan Lawu Park 2 tidak lepas dari bidikan kamera kamu.

Lawu Park 2 berada di sekitar sekitar 7 kilo meter dari air terjun Tawangmangu, tepatnya di Dusun Bulakrejo, Desa Gondosuli Kidul, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jika ingin memasuki objek wisata ini, kamu dikenai biaya retribusi Rp 20K per orang.  Objek wisata ini beroperasi dari jam setengan 8 pagi hingga jam 10 malam.

2. Air Terjun Gerojogan Sewu

wisata di tawangmangu
foto dari @louisfernaldy

Siapa sih yang tidak tahu wisata Air Terjun Grojogan Sewu atau yang juga dikenal dengan air terjun Tawangmangu? Hampir semua orang pasti tahu icon wisata di Tawangmangu ini. Memiliki ketinggian sekitar 80 mdpl, air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk mencapai titik air terjun, kamu harus melewati anak tangga yang konon katanya berjumlah 1000 anak tangga. Selama melawati anak tangga, kamu akan dimanjakan oleh gemuruh suara air terjun, pemandangan alam hijau, dan sejumlah kera-kera jinak.

Ada mitos unik yang beredar di kawasan air terjun ini. Konon katanya, jika berkunjung kesini bersama pasangan, hubungan kalian nantinya tidak akan bertahan lama. Namun, itu sekedar mitos, jangan terlalu dibawa perasaan ya. Jika ingin berkunjung kesini cukup nikmati saja pemandangan alamnya yang begitu memesona.

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan air terjun Grojogan Sewu, kamu bisa langsung menuju ke Desa Sepanjang, Kec. Tawangmanu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Kalau dari kota Solo, waktu yang kamu tempuh untuk sampai lokasi air terjun sekitar 1 jam perjalanan.

Tiket masuk air terjun ini relatif terjangkau yaitu Rp15K per orang. Jika kamu ingin bermain wahana flying fox, kamu dikenai lagi biaya tambahan Rp11K per orang. Jam operasional air terjun Grojogan Sewu dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

3. Air Terjun Pringgodani

wisata di tawangmangu
foto dari @tentangkaranganyar

Air tejun lainnya di Tawangmangu yang juga rekomended untuk kamu kunjungi yaitu Air Terjun Pringgodani. Air terjun 2 tingkat ni juga menyajikan pemadangan air terjun dengan landscape pemandangan alam yang begitu indah nan menawan juga udara yang segar.

Air terjun yang berada di lereng gunung Lawu ini, menurut penduduk setempat air terjun ini pernah menjadi petilasan Eyang Kacaneara. Itulah mengapa air terjun ini sangat disakralkan oleh penduduk setempat. Disini juga tersedia 7 mata air yang juga dianggap sakral.

Buat kamu yang ingin menikmati kemegahan air terjun Pringgodani dan hal-hal menarik yang ada di dalamnya, kamu bisa langsung meluncur ke Desa Blumbung, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya sekitar 4 kilo meter dari kawasan Tawangmangu.

4. Bukit Sekipan

wisata di tawangmangu
foto dari @bukitsekipan

Wwisata Tawangmangu berikutnya yang juga sangat rekomended untuk kamu sambangi saat akhir pekan atau musim liburan yaitu Bukit Sekipan. Objek wisata ini menawarkan pemandangan bebukitan hijau, sejumlah wahana menarik dan sejumlah spot foto selfie kekinian nan instagenik.

Sejumlah fasilitas menarik yang bisa kamu temukan di Bukit Sekipan, seperti:Kora-kora, mini coster, bombom car, kiddy boat, super rally, kursi terbang, monorail, komidi putar, kereta mini, kincir-kincir, taman lampion, kampung halloween, dan spot camping.

Selain itu, ada juga replika Presiden R1, polo air, mandi bola, Mini Zoo, outboond, waterboom, miniatur dunia, 3D Art, Goa Hantu, photobooth tematik, carossel, studio film 8 dimensi, gembok cinta, 90 spot selfie dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain spot foto dan wahana, disini juga tersedia penginapan yang harganya beragam. Adapun penginapan-penginapan tersebut seperti: Wisma Small Room, Cottage Jepang, Villa, Titanic Room, Tipe Connecting Room, dan Tipe Pavilliun Room.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Sekipan, tiket masuknya mungkin memang sedikit mahal. Namun, dengan fasilitas yang diberikan harga tiket tersebut lumayan wajar. Untuk tiket masuknya terbagi menjadi beberapa paket, seperti berikut ini:

Harga Tiket Masuk Reguler

Untuk paket tiket masuk reguler dikenai harga Rp50K per orang. Harga tiket tersebut sudah meliputi masuk wahana kampung 3D, mini zoo, miniaur dunia, kapal titanic, polo air, kampung halloween, waterboom, mandi bola, bebek air, dan goa hantu.

Harga Tiket Terusan

Paket tiket terusan ini dikenai harga Rp100K per orang. Harga tiket tersebut sudah meliputi masuk semua wahana (tiket biasa), kereta mini, monorail, kiddy boat, super rally,  kora-kora, carossel, dan kincir-kincir. Jika kamu hanya ingin masuk beberapa wahana saja, kamu bisa beli tiket per satuan tanpa tiket terusan.

Tiket Outboond

Jika ingin mencoba wahana outboond, kamu harus membayar tiket masuk ke kawasan bumi perkemahan terlebih dahulu yaitu Rp7.500 orang.  Sementara tiket untuk paket outboonnya yaitu Rp150.000 per orang, sudah termasuk tiker masuk wisata Rp50.000, 15 permainan outboond, serta makan pagi dan siang

Itulah beberapa paket  tiket masuk di Bukit Sekipan. Adapun biaya tiket lainnya yang perlu kamu tahu seperti: tiket camping Rp7.500 per orang dan per malam, sewa aula Rp 50.000 per malam dan sewa blok Rp 150.000

Nah, itulah rekomendasi 4 wisata di Tawangmangu dengan view yang begitu syahdu dan rekomended untuk kamu kunjungi bersama orang-orang tercinta. Yuk segera angkat ranselmu dan mari liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *