6 Aplikasi Pendeteksi Penyakit untuk Smartphone

Diposting pada

Aplikasi Pendeteksi Penyakit –  Berdasarkan sebuah catatan kesehatan, satu dari 18.000 anak diperkirakan memiliki risiko terkena tumor ganas. Oleh karena itu perlu dilakukan pendeteksian sejak dini pada anak agar para orangtua dapat melakukan tindakan pencegahan.

Cara termudah untuk mendeteksi penyakit pada anak yaitu para orangtua hendaknya mengunggah aplikasi bernama Cradle dalam smartphone.

Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Brayn Shaw yaitu seorang peneliti dari Universitas Baylor, Texas. Brayn ini juga merupakan seorang ayah dari anak bernama Noah, anaknya ini salah satu penderita penyakit tumor mata ganas.

Sebanarnya Noah  diketahui telah menderita Leukocoria atau pupih mata memutih sejak berumur 12 hari. Namun, orangtua Noah baru mengetahui setelah Noah berumur 3 bulan.

Karena tak ingin orangtua lain terlambat mendeteksi tumor pada anaknya, Brayn pun mulai melakukan penelitian dengan mengembangkan softwere yang dapat mendeteksi leekocoria yaitu dimana pupil mate memutih yang menjadi gejala awal tumor ganas pada mata.

Aplikasi yang kemudian diberi nama Cradle Computer Assisted Detector of Leukocoria ini diklaim mampu mendeteksi leukocoria dalam semua foto yang berada di dalam smartphone. Bukan hanya itu, Cradle juga mampu mendeteksi retinoblastoma dan beberapa penyakit mata lainnya.

Baca juga: Dear Pecandu Traveling, Ini 5 Aplikasi Traveling yang Wajib Kamu Tahu!

Berikut Ini Daftar Aplikasi Pendeteksi Penyakit

aplikasi pendeteksi penyakit
source idntimes

Selain aplikasi Cradle, ada beberapa aplikasi lainnya yang mampu mendeteksi berbagai penyakit yang bisa diunduh melalui smart phone, seperti penyakit Jantung, HIV, kanker kulit, dan lainnya. Apa saja aplikasi pendeteksi penyekait lainnya tersebut? Simak ulasannya berukit ini.

1. untuk Pendeteksi HIV dan Sifilis

aplikasi pendeteksi penyakit
source pricepony.com

Aplikasi pendeteksi penyakit yang perlu kamu tahu selain Cradle yaitu aplikasi smartphone Dongle.sesuai dengan namanya,  aplikasi ini menggabungkan antara smartphone dengan dongle kecil yang befungsi sebegai pengecek darah.

Tak main-main, aplikasi ini dapat mendiagnosis penyakit berat dan mematikan seperti HIV dan juga Sifillit. Dengan dongle yang dipasang di smartphone, kamu dapat menguji kadar antibodi dalam darah hanya dalam waktu 15 menit saja.

Selain mampu membaca hasil lebih cepat, aplikasi ini juga memiliki prosedur pemakaian yang sederhana sehingga siapa saja yang mengunduh aplikasi ini dapat dengan menggunakannya. Teknologi yang dikembangkan oleh Colombia Univesity ini dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone ataupun tablet lewat audio jack.

Penemuan ini tentu saja sangat berguna bagi negara-negara berkembang yang memiliki keterbatasan dalam laboratorium penelitian. Dengan adanya dongle ini diharapkan mampu mengurangi angka kematian akibat HIV hingga 10 kali lipat.

2. , Aplikasi Canggih Pendeteksi Kanker Kulit

aplikasi pendeteksi penyakit
source wolipop.com

Aplikasi telepon pintar berikutnya yang juga tak kalah keren adalah aplikasi doctor Mole yang diciptakan oleh Mark Shippen dari Australia. Dengan teknologi canggih di dalamnya, aplikasi ini dapat memeriksa ukuran, bentuk, warna dan pinggiran tahi lalat secara mendetail.

Seperti yang diketahui salah satu cara mendeteksi dini kanker kulit adalah dengan memerhatikan bentuk dan warna dari tahi lalat yang terdapat di tubuh.

Sama seperti Doctor Mole, aplikasi lain yang dapat mendeteksi kanker kulit adalah Skin Vision yang diklaim memiliki tingkat keakuratan hingga 83 persen. Setelah pengguna smartphone mengambil gambar tahi lalat, kedua aplikasi ini akan memperlihatkan grafik yang menunjukan tingkat risiko penyakit kanker kulit yang berdasarkan kode warna.

Selain grafik, aplikasi ini juga akan memberikan penjelasan tentang karakteristik tahi lalat dan potensi kanker kulit. Tak hanya itu, aplikasi ini juga akan memantau perubahan tahi lalat. Perubahan pada tahi lalat merupakan gejala umum melanoma ganas; salah satu dari 3 jenis kanker kulit berbahaya.

Jika ada kemungkinan terkena kanker kulit, maka aplikasi ini akan meminta kamu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit. Aplikasi Doctor Mole sendiri dapat diunduh dengan membayar sekitar Rp45.000.

Baca juga: Manfaat Cloud Bagi Perusahaan Di Tengah Wabah COVID-19

3. Alivecor; Aplikasi Pendeteksi Serangan Jantung dan Stroke

aplikasi pendeteksi penyakit
source digitalcardiology.net

Electrokardiogram atau EKG adalah sebuah tes medis yang berguna untuk mendeteksi kelainan jantung dengan cara mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan jantung. EKG sendiri dapat mendeteksi berbagai kondisi kesehatan seperti aritmia jantung, pembesaran jantung, peradangan jantung, dan juga penyakit jantung koroner.

Untuk melakukan EKG, biasanya kamu perlu mendatangi rumah sakit besar. Namun, kini kamu tidak perlu repot lagi karena penyedia alat monitor jantung Alivecor telah meluncurkan casiing smartphone yang berfungsi sebagai electrokardiogram atau EKG.

Cara kerjanya sendiri sangat mudah, dimana alat tersebut akan mendeteksi aktifitas jantung melalui jari setelah kamu menempelkan salah saru jari kamu pada casing ponsel pintar tersebut.

Imbos listrik yang ditimbulkan setelah jari menempel pada casing akan diubah menjadi sinyal ultrasound, yang kemudian dikirim ke microphone smartphone. EKG kemudian akan menganalisis jantung dan mengidentifikasi apakah pemilik jari tersebut berisiko terkena serangan jantung ataupun stroke.

Penyakit jantung sendiri adalah salah satu penyakit paling menakutkan karena bisa mengancam jiwa siapa saja. Biasanya banyak penderita penyakit jantung tidak menyadari gejala-gejala yang ditunjukan oleh penyakit jantung.

Maka tak heran penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer. Oleh karena itu, dengan adanya pendeteksian dini lewat smartphone, bisa menjadi langkah mudah untuk mengetahui sejak awal gejala penyakit jantung.

Baca juga: Dampak Negatif Gadget Smartphone Bagi Penggunanya

4. ApaSakitKu, Aplikasi Berbagai Penyakit

aplikasi pendeteksi penyakit
source jalantikus.com

Aplikasi yang juga bisa kamu gunakan untuk mendeteksi penyakit yaitu aplikasi ApaSakitKu. Aplikasi ini salah satu aplikasi kesehatan yang dikembangkan Smartindo Acces. ApaSakitKu atau biasanya disebut juga ASK ini menawarkan fitur kesehatan seperti mampu mendiagnosa penyakit sebelum kamu datang ke dokter.

Cara kerja aplikasi canggih satu ini yaitu dengan cara membaca gejala atau keluhan yang kamu rasakan. Kamu bisa mencari berbagai gejala atau keluhan yang ada di kolom pencarian penyakit. Setelah itu, aloraritma aplikasi tersebut akan memberi tahu penyakit yang kamu dertita.

Bukan hanya itu, aplikasi smartphone ini juga mempunyai fitur berupa konsultasi online gratis bersama dokter, ada juga artikel tentang kesehatan dan bahkan ada juga informasi klinik yang ada di sekitar kamu.

5. iCare Health Monitor, Aplikasi Mengukur Tekanan Darah

aplikasi pendeteksi penyakit
source idntimes.com

Aplikasi smart[hone berikutnya yang juga diklaim mampu mendeteksi penyakit yaitu iCare Health Monitor. Aplikasi yang tidak memiliki pilihan bahasa Indonesia ini memiliki fungsi yang mampu mendeteksi atau mengukut tekanan darah.

Selain mampu mengukut terkanan darah, aplikasi ini juga berguna untuk mendeteksi kesehatan jantung, mendeteksi kesehatan paru-paru, dan juga mendeteksi kesehatan mata.

Cara kerja aplikasi ini terbilang mudah yaitu dengan cara menggunakan fungsi LED pada kamera smartphone untuk melakukan perhitungan. Selain mampu mendeteksi penyakit, aplikasi ini juga berfungsi untuk melatih pendengaran  dan melatih fokus mata.

6. Health Calculator, Aplikasi untuk Mengukur Berat Badan Ideal

aplikasi pendeteksi penyakit
source jalantikus.com

Health Calculator juga salah satu aplikasi pendeteksi penyakit yang bisa kamu unduh di smartphonemu. Apalikasi ini berguna untuk mengetahui apakah kamu sehat atau tidak dengan cara mengkalkulasikan dari pribadi kamu.

Jadi, kamu bisa mengetahui apakah detak jantung kamu sehat atau tidak, apakah kamu memiliki berat badan yang ideal atau tidak, apakah tekanan darah kamu normal atau tidak, apakah konsumsi air kamu sudah cukup atau tidak, dan lain sebagainya.

Pengukuran yang dilakukan aplikasi ini berdasarkan tinggi badan, usia, berat badan serta data personal. Aplikasi ini benar-benar recommended untuk kamu unduh dismartphone kamu.

Nah, itulah beberapa aplikasi pendeteksi penyakit yang bisa kamu peroleh melalui smartphone. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *