6 Wisata di Garut yang Sungguh Fotogenik

Diposting pada

Wisata di Garut –¬† Tibanya akhir pekan ataupun libur hari besar membuat orang-orang bersemanga menyambangi objek wisata. Melakukan liburan bersama orang-orang terdekat: keluarga, teman, pasangan, gebetan, maupun rekan kerja.

Yups, liburan memang jadi moment yang selalu dinanti-nanti banyak orang, khususnya bagi orang-orang yang hari-harinya dipenuhi dengan pekerjaan ataupun tugas kampus. Liburan jadi seolah pelarian dari rutininas membosankan.

Tidak hanya sebagai pelebur rutinitas yang membosankan, liburan juga akan memberikan energi positif untuk kesehatan mental maupun fisik. Ada penelitian yang menuturkan bahwa liburan mampu memberikan efek bahagia karena meningkatnya zat endorfin.

Biasanya orang yang memiliki perasaan bahagia akan lebih bersemangat melakukan aktifitas, semengat bekerja atau mengerjakan tugas kampus misalnya. Sehingga pekerjaan atau tugas-tugas pun bisa dikerjakan dengan maksimal.

So, jika ada waktu luang, cobalah untuk liburan dengan mendatangi tempat-tempat yang mempunyai pemandangan menyegarkan. Atau setidaknya, pergi ke tempat baru dan bertemu orang baru.

Nah, jika kamu memang sedang butuh liburan, salah satu tempat wisata yang bisa kamu sambangi yaitu Garut. Yups, Garut bisa jadi destinasi wisata alternatif buat kamu butuh untuk menyegarkan pikiran.

Baca juga: Hits Banget, Ini 5 Wisata di Bogor yang Harus Kamu Kunjungi!

Daftar Wisata di Garut yang Sungguh Fotogenik

wisata di garut
source tripadvisor

Garut merupakan Kabupaten di kawasan Jawa Barat. Kota yang populer dengan kuliner dodolnya ini memiliki beragam objek wisata ciamik yang sayang bila dilewatkan.

Karakter geografis Garut ini bisa dikatakan unik. Sebab, sebagian wilayah Garut berada di kawasan dataran tinggi, dan sebagiannya lagi ada di kawasan dataran rendah.

Bukan hanya itu, udara di Garut ini juga terbilang sangat sejuk, dipadu dengan pemandangan alam hijau yang sangat menyegarkan. Sehingga cocok jika ingin dijadikan tempat untuk relaksasi.

Meski objek wisata Garut mungkin tidak sepopuler Bandung maupun Bogor, namun Garut juga menyimpan deretan wisata ‘hidden paradise’ yang wajib masuk daftar traveling kamu, seperti: Pantai Sayang Heulang, Gunung Papandayan, Kampung Sampiren, Situ Bagendit, dan wisata lainnya.

So, buat kamu masih galau cari destinasi liburan, Garut bisa jadi pilihan tapat. Nah, di bawah ini daftar wisata di Garut yang bisa kamu sambangi selain Pantai Sayang Heulang, Gunung Papandayan, Kampung Sampiren, dan Situ Bagendit. Simak!

1. Kawah Telaga Bodas

wisata di garut
source backpackerjakarta

Wisata di Garut yang rekomen untuk kamu kunjungi yakni Kawah Telaga Bodas. Tempat wisata ini bisa dikatakan hampir mirip Kawah Putih Ciwidey yang mana di puncaknya ada danau berwarna putih.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Kawah Telaga Bodas diantaranya: kolam renang (katanya mengandung belerang), spot selfie, kamar mandi atau WC, ruang ganti, tempat beribadah, gazebo, area parkir, penginapan, dan lain sebagainya.

Kawah Telaga Bodas ini ada di Jl. Talaga Bodas, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk kamu yang ingin berkunjung biaya retribusinya dikenakan 10ribu per orang. Jam operasionalnya dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

2. Lembah Karacak

wisata di garut
source nativeindonesia

Karacak Valley atau disebut juga dengan Lembah Karacak ini merupakan tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Karacak. Karacak Valley menyajikan pemadangan yang ciamik antara pegunungan, deretan pohon pinus, dan bebukitan.

Tempat wisata ini juga jadi salah satu spot terbaik menikmati sore dan proses terbenamnya matahari dari ketinggian. Bukan hanya itu, tempat ini juga salah satu spot terbaik untuk camping.

Beberapa fasilitas disini diantaranya:camping ground, spot foto instagramable, treck downhill, hammocking, tempat beribadah, kamar mandi atau wc, gazebo, warung, tempat parkir dan lain sebagainya.

Lembah Karacak berada di Jalan Karacak Valley, Desa Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Buat kamu yang ingin berkunjung biaya retribusinya 10K per orang dewasa dan 5K per  anak-anak. Sementara parkirnya 3K per motor dan 5k per mobil.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Instagramble

3. Leuwi Jurig

wisata di garut
source okezone

Wisata di Garut yang menyajikan pemandangan alam segar nan asri yang bisa kamu kunjungi yaitu Leuwi Jurig. Berada di tempat ini kamu akan dijamu pemandangan alam serta sungai alami berwarna kebiruan.

Leuwi Jurig yang bisa dikatakan Grand Canyonnya Garut ini rekomen untuk kamu kunjungi. Disini juga tersedia spot foto instagramable yang cocok untuk para pencadu selfie.

Leuwi Jurig ada di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Buat kamu yang ingin berkunjung sejauh ini belum ada biaya retribusi alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir 3Kper motor dan 10K per mobil.

4. Drajat Pass

 wisata di garut
source okezone

Darajat Pass ini sudah ada sekitar tahun 2010. Sejak awal dibuka, tempat wisata ini pun langsung dipenuhi banyak wisatawan, terutama saat weekend ataupun libur hari besar. Objek wisata ini rekomended untuk kamu yang memang butuh relaksasi dengan bermain air.

Fasilitas yang ada disini, diantaranya: waterboom, area outbound, hotspring water, flying fox, tempat kuliner,penginpan, tempat beribadah, kamar mandi atau wc, ruang ganti,gazebo, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Drajat Pass ada di kawasan kaki gunung Papandayan, tepatnya berada di Desa Padawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Buat kamu yang ingin berkunjung dikenakan biaya retribusi 25K per anak-anak dan 30K per orang dewasa.

5. Awit Sinar Alam Drajat

 wisata di garut
source idntimes

Wisata Garut berikutnya yang juga rekomended di sambangi yakni Awit Sinar Alam Darajat. Objek wisata ini mengusung konsep wisata air panas dengan landscape alam hijau. Bukan hanya itu, disini juga ada sejumlah wahana yang seru dan mengasikan.

Fasilitas yang ada disini antara lain waterboom, kolam renang air panas, penginapan, tempat kuliner, taman, outdor activity, kamar mandi atau wc, tempat beribadah, gazebo, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Awit Sinar Alam Drajat ini berdekatan dengan Puncak Jaya Drajat, tepatnya berada di Desa Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Buat kamu yang ingin berkunjung dikenakan biaya retribusi 25K per anak-anak 30k per orang dewasa. Untuk weekend biaya retribusinya tambah 5K per anak-anak serta per orang dewasa.

6. Gunung Guntur

wisata di garut
source tripadvisor

Gunung Guntur ini salah satu Gunung api aktif yang ada di kawasan Jawa Barat. Gunung ini menawarkan pesona pemandangan yang mengagumkan. Banyak pendaki atau wisatawan yang mengunjungi gunung ini untuk menikmati pesona sekitar dari atas puncak gunung ini.

Gunung ini juga memiliki banyak hal menarik diantaranya yakni: mempunya dua kaldera, memiliki sabana yang sangat memesona, memiliki empat puncak, memiliki pemandangan sunrise memikat, dan ada banyak lagi hal menarik lainnya.

Gunung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 2.249 mdpl ini ada di kawasan Tarogong Keler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Buat yang ingin berkunjung ke Gunung Guntur akan dikenakan biaya retribusi 3K per motor dan 5K per mobil.

Itulah informasi daftar 6 wisata di Garut yang menyajikan pemandangan sungguh memukau yang rekomended untuk disambangi. Buat yang sedang butuh banget liburan atau relaksasi, Garut bisa jadi destinasi wisata alternatif untuk masuk dalam list liburan kamu.

Selamat liburan bersama orang-orang tersayang dan tetaplah jaga kebersihan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *