Simak! 7 Solusi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Diposting pada

Solusi Menjaga Kesehatan Gigi – Tren kuliner di Indonesia kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Hampir setiap makana yang ramai diperbincangkan di media sosial biasanya akan diburu dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Seharusnya tidak semua makanan tidak dapat dikonsumsi secara terus menerus tanpa menganggu kesehatan terutama gigi dan mulut.

Baru-baru ini hasil dari sebuah studi menyimpulkan bahwa 89% responden mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang sering meraka konsumsi sehari-hari bisa berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Namun, sebagian besar dari mereka belum memiliki kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat. Sebenarnya kesehatan gigi dan mulut tidak hanya diperngaruhi dari cara menyikat gigi, tapi juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga: 5 Tips Merawat Kulit Kering Agar Lebih Sehat Dan Terawat

Berikut Ini Solusi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

solusi menjaga kesehatan gigi
source ansa.it

Nah, kira-kira makanan dan minuman seperti apa yang berpotensi berdampak negatif bagi kesehatan gigi dan mulut jika dikonsumsi secara berlebihan? Lalu, bagaimana juga solusi menjaga kesehatan gigi dan mulit? Berikut ini informasinya.

1. Meminimalisir Mengonsumsi Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi merupakan musuh utama bagi kesehatan gigi dan mulut. Saat gigi kita mengunyah dan memproses gula, bakteri dalam mulut akan memproduksi asam yang membuat lapisan gigi menjadi lunak dan menyebabkan gigi lebih mudah berlubang.

Selain itu, makanan yang mengandung gula seringkali lekat dan menyebabkan adanya sisa-sisa makanan atau plak di gigi yang tidak dibersihkan akan bertumpuk dan menjadi karang gigi. Plak sendiri merupakan kumpulan bakteri yang akan menghasilkan toksin yang akan menimbulkan inflamasi pada gusi.

Sedangkan minuman besoda justru lebih merusak lagi karena kandungannya bisa meningkatkan kadar keasaman. Kalaupun kamu menggemari ini cobalah untuk tidak menahannya dimulut sesaat sebelum menelan.

Karena dengan begitu kamu bisa memperpanjang lamanya kontak antara lamanya gigi dan minuman soda yang bisa meningkatkan angka resiko kerusakan gigi.

2. Meminimalisir Mengonsumsi Es dan Kopi

Masyarakt urban salah satu penggemar kopi, karena selain bisa mencegah kantuk, kopi juga menjadi sebagian dari gaya hidup. Berdasarkan hasil survei di kawasan Jabodetabek, sebesar 56% laki-laki dan 45% wanita lebih sering mengonsumsi kopi dan minuman bersoda dibandingkan minuman lainnya.

Padahal mengonsumsi kopi secara terus menerus bisa meningkatkan kadar asam pada mulut dan membuat gigi menjadi warna kuning. Jumlah kopi yang dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap resiko kerusakan gigi.

Selain kopi, mengonsumsi es batu secara terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Karena mengonsumsi es batu secara terus menerus akan merusak jaringan lunak di dalam gigi dan akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

Ditambah lagi minuman yang kini menjadi tren yang selalu berpadu dengan sirup dan kandungan yang manis. Hal-hal inilah yang membuat gigi menjadi lunak dan menyebabkan gigi rapuh sehingga mudah menyebabkan karang gigi.

3. Meminimalisir Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran yang Diasamkan

Buah-buahan dan sayur-sayuran memang baik dikonsumsi untuk kesehatan, namun belum tentu untuk acar karena setelah diasamkan buah dan sayuran tersebut mempunyai PH yang rendah atau bersifat asam. Dan asam inilah yang berdampak pada kerusakan gigi, khususnya lapisan terluar gigi dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sensitif.

Beberapa buah yang dianggap memiliki kadar asam tinggi antaranya; jeruk, apel, nanas dan strowbery. Mungkin kamu tidak akan merasakan apa-apa dalam jangka pendek, namun mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang diasamkan secara terus-menerus dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan kerusakan pada rongga mulut.

Baca juga: Tips Diet Sehat Tanpa Harus Menahan Lapar

solusi menjaga kesehatan gigi
source gema.id

4. Meminimalisir Mengonsumsi Empek-empek

Empek-empek memiliki penggemar dikalangan masyarakat Indonesia. Namun ternyata makanan khas Palembang ini bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan gigi. Namun, penyebabnya bukan terletak pada empek-empek, melainkan pada cuka atau bumbu cuka yang disajikan bersama empe-empek.

Cuka yang terbuat dari gula merah, cuka bawang putih, kecap, garam, cabai, udang kering atau ebi, tongcay atau sayuran kering dan sedikit penyedap rasa, memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga memiliki tingkat risiko terhadap kerusakan gigi.

5. Tidak Rokok

Solusi menjaga kesehatan gigi juga mulut yang dengan tidak merokok. Mulut yang langusng bersentuhan dengan rokok memang lebih banyak mendatangkan kerugian dari rokok yang kamu hisap.

Bagaimana tidak? Asap panas rokok berdampak pada menurunnya produksi ludah sehingga berdampak bau mulut, mulut jadi kering dan membuat mulut jadi tempat nyaman berkembangnya bakteri.

Disamping itu, rokok juga menjadikan warna bibir dan gusi berubah lebih gelap, berisiko kanker mulut, karies gigi jadi mudah terbentuk, mulut beraroma rokok, dan masih banyak lagi kerugian lainnya. Maka dari itu, disarankan untuk tidak merokok demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

6. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Solusi menjaga kesehatan gigi dan mulut berikutnya yaitu perbanyak mengonsumsi air putih. Siapa yang tidak suka makanan maupun minuman manis? Hampir semua orang tentu menyukainya. Namun, perlu kamu tahu bahwa makanan dan minuman manis bisa merusak gigi, lho.

Sebab makanan manis membuat bakteri menumpuk pada mulut lalu berubah jadi asam. Rasa asam ini akan membuat plak, dan plak ini yang menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut, diantaranya seperti: gigi berlubang, karies gigi dan bau mulut.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih. Mengonsumsi banyak air putih mampu membantu mengangkat sisa-sisa makanan di dalam mulut serta sela-sela gigi juga bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Bukan hanya itu, mengonsumsi air putih juga mampu membantu melarutkan zat asam yang diprosuksi oleh bakteri dari minuman dan makanan manis yang sudah kamu konsumsi.

7. Rajin Menyikat Gigi

Solusi menjaga kesehata gigi yang bisa kamu terapkan yaitu dengan rajin menyikat gigi. Sewaktu kecil, kamu pasti sering diminta ibu untuk menyikat gigi. Meski kamu sering malas  untuk melakukannya, tapi karena ibu yang menyuruh akhirnya kamu tetap melakukannya.

Sebenarnya apa yang ibu kamu suruh itu bukan tanpa alasan, karena ibu kamu tahu bahwa menyikat gigi membantu  dalam menjaga kesehatan gigi dan mulur. Dokter juga menganjurkan setidaknya menyikat gigi 2 kali dalam sehari baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Waktu terbaik untuk sikat gigi adalah saat bangun tidur di waktu pagi dan setelah makan saat malam hari. Dengan sikat gigi, gigi dan mulut kamu pun bisa terjaga dari berbagai penyakit, seperti: sakit gigi, bau mulut, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Gigi dan mulut memang mempunyai peran penting yaitu sebagai salah satu organ tubuh yang berguna untuk mengonsumsi makanan dan komunikasi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sangat penting.

Gigi dan mulut yang tidak dijaga kebersihannya berdampak kerusakan pada gigi, misalnya radang gusi. Bukan hanya, bahkan dampak bersikio penyakit jantung dan berbagai kesehatan lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk merawat dan menjaga gigi dan mulut sedini mungkin

Demikianlah informasi mengenai solusi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *