7 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Instagramble

Diposting pada

Tempat Wisata di Blitar – Kabupaten Blitar yang menjadi tempat bersemayamnya Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia sekaligus Sang Tokoh Proklamator kita, terletak sekitar 167 km sebelah barat daya Kota Surabaya dan 80 km sebelah barat Kota Malang.

Selain dikenal sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, ternyata Blitar juga mempunyai potensi alam yang cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Malang untuk Meluruhkan Penat dan Stress

Daftar Tempat Wisata di Blitar

tempat wisata di blitar
source KSMTour

Tempat Wisata Blitar memang mengangumkan. Nah, pingin tahu lebih lanjut? Yuk, jelajahi keindahan 7 tempat wisata di Blitar yang hits dan instagramable berikut ini. Simak ya!

1. Setelah Perjalanan Jauh dari Luar Kota, Yuk Langsung Aja ke Obyek Wisata Rambut Monte

tempat wisata di blitar
source tribunnews.com

Lokasinya berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Dari pusat kotanya, kamu bisa menempuhnya dengan jarak ±30 km saja, atau setara dengan 40 menit perjalanan.

Wisata Rambut Monte ini merupakan wisata alam yang di dalamnya terdapat sebuah telaga, candi, petilasan, atau tempat untuk bermeditasi yang memiliki background berupa perkebunan teh dan sawah milik warga setempat.

Setelah sampai dilokasi, untuk masuk ke dalam area wisata ini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3000,00 (orang dewasa) dan Rp. 2000,00 (anak-anak).

Sedangkan untuk biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00. Semua tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu kalau ada momen-momen tertentu, misalnya saja pada saat musim liburan, atau ada kesenian dan hiburan di lokasi ini.

Ohya, masih ada satu lokasi kece yang nggak jauh dari Obyek Wisata Rambut Monte, nih. Namanya Sumber Dandang. Sumber mata air ini masih sekompleks dengan Obyek Wisata Rambut Monte. Lokasinya masih sepi karena baru dibuka untuk umum.

Untuk tiket masuknya pun sudah sepaket dengan Rambut Monte. Nah, istimewanya, di lokasi ini kamu bisa menikmati pemandangan sumber mata air dengan berkeliling menggunakan perahu bebek. Hayooo, gimana?

2. Menikmati Pemandangan Alam di Kebun Teh Sirah Kencong

tempat wisata di blitar
source pergipergi.id

Lokasinya terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Akses jalan untuk menuju ke lokasi ini masih buruk, belum beraspal, dan keadaan jalannya cukup menanjak. Kalau dari pusat Kota Blitar, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu sekitar 90 menit perjalanan.

Nah, karena akses jalannya buruk dan menanjak, maka kami sarankan agar kamu memastikan dulu kondisi kendaraanmu. Selain itu, pakailah kendaraan standard, jangan diceper, karena bisa nanggrok. Oke, Gaes?

Istimewanya, untuk masuk ke lokasi ini, kamu tidak diwajibkan untuk membayar biaya retribusi. Kamu hanya akan ditarik biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraanmu. Kalau kamu pakai kendaraan roda dua, maka biaya yang harus kamu keluarkan sebesar Rp. 3000,00.

Sedangkan mobil harganya Rp. 5000,00. Selain bisa menikmati panorama perkebunan teh yang begitu sejuk, kamu juga bisa mampir ke beberapa lokasi wisata lainnya yang meliputi: Candi, Air Terjun, dan Goa. Lengkap, kan?

Baca juga: Wisata Kuliner Malam Jogja Terhits Di Malioboro Ramah Dan Murah

3. Yuk, Mainan Air di Kedung Malangnya Blitar

tempat wisata di blitar
source fsadam.wordpress.com

Nggak usah bingung, guys. Namanya emang Kedung Malang, kok. Tapi lokasinya berada di Kota Blitar, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Nah, baru-baru ini Obyek Wisata Kedung Malang punya nama baru yang lebih beken Sob, yakni Air Terjun Tirto Galuh. Di sini kamu bisa mendapatkan pemandangan yang tiada duanya hanya dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00.

Kalau kamu dari Kota Blitar, kamu bisa lewat Kademangan menuju perempatan Gawang. Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati Monumen Trisula. Lanjutkan perjalananmu hingga menemukan sebuah pertigaan. Di situ sudah ada petunjuknnya.

Nah, dari pertigaan tersebut, jarak yang harus kamu termpuh ±500 meter saja. Sesampainya di lokasi parkir, kamu masih harus melakukan treking dengan jarak ±600 meter. Setelah itu, nikmatilah pesona air terjun ini. Dijamin kamu bakalan ngiler dan terpukau, deh.

4. Goa Luweng, Goa yang Ada Grojokannya

tempat wisata di blitar
source KSMTour

Lokasi Obyek Wisata ini terletak di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Atau searah dengan Obyek Wisata Kedung Malang di atas. Nah, kalau kamu mau ke Kedung Malang, maka sempatkanlah untuk mampir ke sini juga, ya.

Tempat wisata di Blitar ini memiliki keistimewaan berupa goa yang dialiri sebuah sungai dan air terjun yang terdapat di badan goanya. Nah, dari tempat parkir kendaraan, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai lokasi ini.

Biaya parkirnya dibandrol dengan harga Rp. 3000,00/ motor, dan Rp 6000,00/ mobil. Setelah melakukan treking yang tidak begitu jauh itu, kamu bisa langsung menikmati panorama goa yang unik dan tiada duanya.

Baca juga: 5 Wisata di Semarang dengan View Mendamaikan

5. Nikmati Romantisnya Tirai-Tirai Air di Lawean Kawisari

tempat wisata di blitar
source D’travellersblitar

Destinasi kita selanjutnya adalah Air Terjun Lawean Kawisari. Terletak di Dusun Parang, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Namun, buat kamu yang ingin menggunakan roda empat, pastikan kalau kamu udah cukup mahir mengendarai mobil, karena aksesnya jalannya cukup sempit.

Nah, di sepanjang perjalanan itu, kamu akan disuguhi pemandangan kebun kopi dan cengkeh yang bisa membuat matamu enggan terpejam. Pokoknya pemandangannya apik banget, deh.

Nah, sesampainya di lokasi, kamu harus memarkirkan kendaraanmu di sisi jalan. Tidak ada fasilitas parkir yang bisa kamu pakai, karena memang area ini belum dibuka sebagai obyek wisata.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu masih harus menempuh perjalanan; melewati jalan setapak yang tidak terlalu jauh. Kira-kira 200 meter saja.

Dan setelah itu kamu akan menemukan air terjun dengan beberapa aliran yang mengalir sela-sela di bebatuan dan tanaman rambat. Selain tempatnya yang relatif teduh, hawa dingin juga akan terasa ketika mendekati air terjun ini.

6. Pengin Basah-Basahan? Yuk, Cobain Air Terjun Njumeg

tempat wisata di blitar
source m.timesindonesia

Air Terjun Njumeg terletak di Dusun Ringinsari, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa berupa air terjun yang  cukup tinggi dan kolam air yang berada di bawahnya.

Perlu kamu ketahui bahwa kolam air yang berada di bawah air terjun ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Jadi, kamu harus berhati-hati. Pakailah pelampung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tapi, kalau kamu ragu, lebih baik kamu mainan air di pinggi saja. biar lebih aman.

Nah, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 7000,00/ orang. Adapun biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00. Tergantung kendaraan apa yang kamu pakai. So, tetap jaga kawasan ini agar tetap lestari ya, Gaes.

7.Tak Kalah Rupawan, Pantai Keben Ini Juga Punya Pesona Tersendiri

tempat wisata di blitar
source .wisatalengkap.com

Lokasinya terletak di Dusun Banyu Urip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Dari pusat Kota Blitar, jaraknya kurang lebih 30 km ke arah tenggara.

Pantai ini masih sepi dan jarang sekali pengunjung yang datang ke tempat ini. untuk tiket masuknya masih gratis, karena belum ada yang mengelola.

Istimewanya, Tempat wisatsa di Blitar yang satu ini memiliki bentuk seperti cincin yang disekat oleh dua buah karang besar. Karang besar itu menjadikan ombak yang melewatinya relatif lebih kecil, sehingga pantai ini cukup aman untuk digunakan berenang.

Selain itu, di dekat pantai ini juga terdapat sumber air yang biasa digunakan mandi oleh para petani. Dan uniknya, airnya begitu jernih dan rasanya tawar

Oke deh, itulah 7 tempat wisata di Blitar yang hits dan instagramable. Emang sih, sebenernya masih ada banyak lokasi-lokasi kece lainnya, buat yang ingin menambahkan tempat wisata lainnya di Blitar yuk masukan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *