9 Trik Kamera Smartphone untuk Hasil Foto yang Memukau

Diposting pada

Saat ini pertimbangan seseorang untuk membeli ponsel tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi, tetapi juga sebagai media hiburan dan media untuk tampil eksis. Salah satu spesifikasi paling mencuri perhatian adalah kamera.

Kapanpun dimana pun, kita bisa merekam memori melalui foto dan video menggunakan kamera ponsel dalam semua postingan di media sosial. Mengirimnya ke seseorang atau keluarga melalui aplikasi chating.

Namun, masih banyak yang belum tahu, jika banyak hal menakjubkan lainnya yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Ini Lho Trik Kamera Smartphone untuk Hasil Foto yang Memukau

trik kamera smartphone

Penasaran? Berikut ini Goobi Media rangkum dalam 9 Trik Kamera Smartphone untuk Hasil Foto yang Memukau. Simak ya!

1. Menggunakan kacamata sebagai filter lensa

trik kamera smartphone
source bpguide

Jika kita ingin mengambil gambar, namun sebagian gambar memiliki banyak sinar matahari sementara sebagian lainnya lebih sedikit, maka kamu bisa menggunakan kacamata gradient.

Caranya,  letakan kacamata di depan lensa kamera smartphone untuk melakukan filter warna gambar. Dan, kita akan menemukan gambar dengan komposisi warna yang sangat indah. Trik ini dibagikan oleh salah  seorang fotografer dunia.

2. Mengambil Gambar dengan Efek Retro

trik kamera smartphone
source money

Apa kira-kira yang bisa kita lakukan dengan secuil kertas karton atau kardus bekas dan sebuah jarum atau paku kecil tanpa perlu menggunakan aplikasi dengan dua item sederhana ini? Dengan dua item ini, kita bisa mengambil gambar dengan efek retro, lho.

Caranya mudah, cukup lubangi kertas karton atau kardus dengan jarum atau paku. Setelah itu, letakan kertas karton atau kardus yang sudah dilubangi tersebut di depan kamera smartphone kamu.

Setelah itu, ambil gambar. Kemudian, kamu akan memperoleh gambar dengan efek retro yang begitu memukau layaknya menggunakan kamera tua.

3. Mendapat Hasil Foto 3 Dimensi

trik kamera smartphone
source kompastekno

Selanjutnya yaitu mendapat hasil foto 3 dimensi. Caranya, kamu cukup membuat bingkai berwarna putih dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Letakan bingkai tersebut pada objek, lalu foto gambar tersebut dengan kamera smarphone kesayangan kamu. Dijamin, hasil yang diperoleh begitu ciamik dan benar-benar seperti foto 3 dimensi. Coba saja.

4. Mengambil Foto atau Video Objek Bergerak

trik kamera smartphone
source nextren.grid.id

Apakah kamu pernah mengalami saat kamu tengah berpose lalu di foto dan ternyata hasil fotonya blur?  Eiittt, jangan menyalahkan smartphonenya dulu ya. Sebab, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan hasil foto kamera ponsel kamu menjadi blur atau buram.

Yang membuat blur biasanya karena objek fotonya bergerak atau tangan yang tidak stabil saat mengambil gambar sehingga menjadi gagal fokus terhadap objek yang dituju. Penyabab lainnya yaitu lensanya yang kotor.

Selain memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa teknologi canggih di kamera ponsel yang sangat membantu agar foto tidak blur atau video tetap stabil saat merekam.

Caranya, pilihlah ponsel dengan teknologi Phase detection auto focus. teknologi ini membantu pengguna untuk lebih memfokuskan gambar yang ingin di foto.

Teknologi optical image stabilization dan electronic image stabilization sangat membantu dalam menganalisa dan mencegah pergerakan tangan kamu agar foto tidak blur serta membantu agar video tetap stabil dari guncangan yang mungkin terjadi.

5. Mengambil Foto dalam Kondisi Kurang Cahaya

trik kamera smartphone
source arenalte.com

Apakah kamu berpikir jika menggunakan kamera smartphone kamu tidak bisa mengambil foto dalam kondisi kurang cahaya? Jawabannya tentu saja tidak. Caranya, kamu bisa menggunakan teknologi low light mode atau mode cahaya rendah yang membuat hasil foto 4 kali lebih terang dari kondisi aslinya.

Kini, sudah ada banyak smartphone yang telah memiliki sensitifitas cahaya hingga 400 persen sehingga dalam keadaan kurang cahaya sekalipun kamera smartphone masih tetap bisa menangkap cahaya dengan jelas.

6. Merekam Video dengan Kualitas 4K

trik kamera smartphone
source blog.tribunjualbeli.com

Sebagaian besar  smartphone sudah memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas video full HD dengan hasil yang sangat bagus. Kini muncul teknologi baru yang mana kamera ponsel sudah ada yang mampu merekam video dengan kualitas 4K yakni video dengan resolusi 4096 x 2160 pixel.

Ini artinya, smartphone tersebut memiliki kemampuan merekam video yang kualitasnya hampir sama dengan kamera DSLR atau kamera profesional. Menakjubkan, bukan?

7. Mengambil Foto Bintang di Langit

trik kamera smartphone
source idntimes

Nah, trik kamera smartphone untuk hasil foto yang memukau berikutnya yaitu mengambil foto bintang di langit. Percayakah kamu bahwa dengan hanya menggunakan kamera ponsel kamu bisa mengambil foto bintang di langit?

Jadi, kini sudah ada jenis smartphone yang dapat mengambil foto long exposure hingga 32 detik. Kamera smartphone ini mampu mengambil foto bintang di langit atau mengambil foto jalanan penuh cahaya pada malam hari.

seorang fotografer profesional berbagai ilmu cara mengambil foto bintang di langit hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Caranya seperti berikut ini: Masuklan dalam fitur kamera manual, lalu atur settingnya. Save manual focus atau tingkat ke rana maksimum hingga 32 detik. Dengan begitu, rana kamera akan terbuka selama 32 detik untuk menangkap cahaya.

Lalu, atur ISO maksimum hingga 3200, white colour 4000k, dan kontras paling rendah untuk menangkap bayangan sebanyak mungkin. Setelah itu, kamu bisa mulai mencoba foto bintang di langit.

Untuk memperolah hasil yang maksimal dan stabil, kamu bisa menggunakan tripot. Sebisa mungkin untuk menghindari gerakan, karena gerakan bisa membuat hasilnya jadi blur.

8. Mengambil Foto dalam Air

trik kamera smartphone
source phinemo

Foto underwater atau foto di dalam air kini jadi salah satu hal yang sering dilakukan banyak orang, khususnya para pecinta fotogarafi. Selain mampu memperolah hasil yang anti mainstream, foto underwater juga memberikan sensasi seru dan menguji adrenalin.

Buat kamu yang juga sedang tertarik dengan jenis foto underwater, kamu bisa kok walau hanya menggunakan kamera smartphone. Kamu hanya perlu memperlajari teknik yang tepat, dijamin foto underwater yang kamu peroleh pasti menakjubkan.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan foto underwater yaitu: pastikan sudah bisa berenang, kenali dulu kondisi bawah air, pastikan menggunakan smartphone yang anti air atau casing smartphone yang anti air, dan ambil foto sebanyak-banyaknya. Dari hasil jepretan tersebut, pilihlah foto yang hasilnya paling maksimal.

9. Mengambil Foto Matahari Tenggelam

trik kamera smarphone
source cnnindonesia

Mengabadikan moment matahari tenggelam atau sunset memang menjadi kebahagian tersendiri, terlebih bagi para pecinta fotografi. Untuk bisa mengambil foto moment matahari tenggelam sebanarnya tidak perlu menggunakan kamera profesional.

Ya, buat kamu yang ingin mengabadikan keindahan sunset, kamu bisa menggunakan smartphone. Hasil yang diperoleh pun bisa maksimal layaknya menggunakan kamera profesional.

Nah, jika ingin memperoleh hasil yang maksimal saat mengambil foto matahari tenggelam, kamu bisa menggunakan mode pro dalam smartphone kamu.

Selain itu, gunakan juga fitur  telepoto atau wide angle, kamu juga bisa memanfaatkan golden hour, dan foto siluet . Pastiakan kamu foto sebanyak-banyak, lalu pilih hasil yang paling memukau.

Nah, itulah 9 Trik Kamera Smartphone untuk Hasil Foto yang Memukau. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca semuanya. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *