Banyak Memakan Kuota! 8 Aplikasi Penghabis Kuota Internet

By | November 20, 2020

GooBiMedia.comAplikasi Penghabis Kuota –  Seiring berkembangnya zaman, telepon genggam bertransformasi semakin canggih menjadi smartphone. Apapun yang dicari dapat begitu mudahnya diakses hanya dengan jentikan jari pada smartphone.

Dari mulai berita sehari-hari hingga berbelanja bisa dilakukan dari tempat sekarang kamu berada. Namun, smartphone menjadi tidak berguna untuk mengakses data atau informasi tanpa adanya internet.

Jika saat ini kamu sedang mengakses twitter, instagram, atau Youtube, tahukan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut sangat menyedot kuota. Apalagi jika kita terlalu asik berselancar di dunia maya. Secara tidak sadar kuota habis begitu cepat.

Baca Juga: 5 Aplikasi Musik Di Android Terbaik Yang Bisa Digunakan Saat Offline

Berikut Ini Daftar Aplikasi Bikin Boros Kuota Internet

Berikut Ini Daftar Aplikasi Bikin Boros Kuota Internet

Lalu, kira-kira aplikasi apa saja yang menjadi faktor utama penghabis kuota? Berikut ini Goobi Media rangkum dalam beberapa aplikasi penghabis kuota yang perlu kamu tahu.

1. Youtube

Sebagai aplikasi pemutar video, Youtube menjadi aplikasi yang paling besar dalam menghabiskan kuota internet. Hal ini sangat masuk akal, karena youtube merupakan aplikasi berbasis video sehingga membutuhkan data besar untuk dapat menikmatinya.

Lalu, bagaimana cara kita berhemat saat mengakses Youtube menggunakan jaringan seluler? Tipsnya yaitu cobalah menonton video dengan resolusi terendah atau dengan menyalakan fitur Play HD on Wifi Only.

Caranya tekan titik 3 yang ada di pojok kanan atas Youtube dan masuk ke setting, selanjutnya nyalakan play HD on wifi only. Maka resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet tak akan bisa diputar menggunakan koneksi seluler.

2. Facebook

Selanjutnya aplikasi Facebook menjadi salah satu aplikasi pengabis kuota terbesar. Jika rutin mengecek Facebook setiap beberapa menit sekali, sudah dipastikan kuota seluler akan tersedot dengan cepat.

Hal ini terjadi karena Facebook tidak hanya berisikan pesan text saja, tetapi ada juga foto dan video. Dua hal inilah yang membutuhkan banyak kuota internet.

Salah satu cara berhemat kuota internet saat mengakses Facebook yaitu dengan mematikan fitur auto play video. Dengan mematikan fitur ini, video di timeline tidak akan terputar secara otomatis.

Atau dapat pula mengatur agar video hanya berjalan saat smartphone kita terhubung ke jaringan wifi. Tips ini cukup mampu menghemat kuota seluler.

3. Twitter

Sama seperti Facebook, di Indonesia nyaris semua smartphone memiliki aplikasi twitter. Walaupun kicauan-kicauan yang ditampilkan pada timeline memang pendek, tetapi di twitter kita bisa berbagai video.

Seperti Facebook, Twitter juga memiliki fitur auto play video. Jika kita membiarkan video berputar, maka kuota internet kita akan tersedot banyak. Untuk meminimalisir uang habis untuk membeli kuota internet, ada baiknya kita matikan fitur tersebut.

Caranya, pilih menu setting, setelah itu pilih bagian Video autoplay dan atur agar autoplay hanya berfungi saat terhubung ke Wif atau matikan saja fitur tersebut. Jika ingin lebih hemat lagi dapat juga diatur tidak menampilkan gambar atau foto.

4. Instagram

Instagram menjadi aplikasi berbagi foto dan video paling terpopuler. Aplikasi ini telah memiliki lebih dari 400 jt pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Lewat instagram pula transaksi jual beli dilakukan dengan mudah. Namun, terkadang tanpa disadari karena terlena mengunggah dan melihat-lihat foto di instagram, kuota jadi cepat habis.

Berbeda dengan Facebook dan Twitter, fitur autoplay belum dapat dimatikan. Namun, tak perlu bersedih, ada cara lainnya yang dapat dilakukan agar tetap bisa berhemat kuota di instagram yakni dengan mengatur penggunaan data.

Kita dapat masuk ke menu pengaturan, pilih tab bertuliskan ‘penghemat data’ di bagian bawah dan nyalakan opsi ‘wifi saja”. Dengan demikian aplikasi secara otomatis akan menghemat kuota internet yang digunakan saat kita berada di jaringan wifi.

5. Whatsapp

Salah satu aplikasi penghabis kutoa berikutnya yaitu Whatsapp. Nah, Whastapp ini merupakan aplikasi pesan terpopuler dengan presentase 55,6% dari seluruh negara di dunia.

Selain mengirim pesan, melalui whatsapp kita juga dapat berkirim foto, video, audio, telepon melelui whatsapp, video call, bahkan yang terbaru video call grup melalui whatsapp.

Namun, semakin banyaknya fitur, maka kuota internet pun menjadi cepat habis. Untuk mensiasatinya cobalah matikan fitur auto download yang ada ada whatsapp.

Caranya, buka menu setting, kemudian pilih chat setting, klik media auto download, terkahir pilih no media when using mobile data. Dengan begitu kuota menjadi lebih hemat karena hanya mendownload yang diinginkan saja.

6. Snapchat

Jika saat ini kamu sedang gemar bermain snapchat untuk membagikan foto-foto atau moment kepada teman-teman, apakah kegemaran kamu dengan snapchat akan berubah setelah tahu kalau aplikasi ini ternyata salah satu aplikasi penghabis kuota terbersar?

Tenang, karena untungnya saat ini aplikasi snapchat ini kini sudah memiliki fitur ‘travel mode’ yakni fitur yang akan mengatur agar foto dan video dari akun teman kita hanya akan terunduh saat kita ingin melihatnya.

Dengan mengaktikan fitur ini, setidaknya kamu sudah bisa menghemat 2 GB dalam kurun waktu 1 bulan. Untuk mengaktifkannya, coba kamu buka aplikasi aplikasi snapchat, lalu tarik ke bawah di halaman homescrean.

Lalu, tap icon gear agar menu setting terbuka yang ada di bagian pojok kanan atas. Kemudian, scroll ke bagian bawah hingga kamu ketemu opsi ‘additional service’, setelah itu pilih ‘manage’. Selanjutnya pilih ‘travel mode’, tap hingga warnanya berubah agar fitur tersebut aktif.

7. Spotify

Aplikasi berikutnya yang juga menjadi salah satu aplikasi yang digemari banyak orang dan juga jadi salah satu aplikasi penghabis kuota terbesar yaitu Spotify.

Lewat aplikasi ini kita dapat menikmati streaming musik kesukaan kita. Tetapi berita menyedihkannya yakni aplikasi ini menyedot kuota yang cukup besar.

Bayangkan berapa data yang terpakai saat kita mendengarkan bebeapa lagu. Dan jika ingin tetap mendengarkan secara online coba aturlah setting-annya.

Caranya, masuk menu pengaturan pada spotify lalu pilih steps streaming quality. Cukup atur pada kualitas normal saja (normal quality) agar kuota yang terpakai tidak tersedot banyak.

7. Skype

Bagi pasangan yang berhubungan jarak jauh, Skype mungkin bisa menjadi salah satu aplikasi terfavorit. Dengan aplikasi ini, seseorang yang jauh pun dapat terasa dekat dengan fitur video call.

Tetapi nyatanya Skype yang kini dimiliki oleh perusahaan Microsoft ini membuat kuota data seluler bisa cepat habis karena setidaknya membutuhkan 2 hingga 3 MB per menit saat menggunakan fitur video call.

Untuk mencegah borosnya pemakaian kuota agar atau agar kuota tidak cepat habis, sebaiknya memanfaatkan wifi saat mengaktifkan Skype.

8. Netflix

Untuk melebur kejenuhan saat sedang ada waktu luang, biasanya kita menghabiskan waktu dengan menonton film lewat Netflix baik menggunakan PC maupun Laptop yang mana memakan kuota internet.

Netflix salah satu aplikasi penghabis kuota yang besar juga. Untuk menyiasatinya, kamu menonton film via Netflix menggunakan smartphone. Sebab, dalam smartphone terdapat fitur menghemat kuota.

Caranya, kamu buka aplikasi Netflix, lalu ketik tombok 3 baris yang berada di kiri atas. Setelah itu scroll ke bagian bawah, kemudian pilih ‘setting’ dan klik ‘penggunaan data seluler’. Lalu, matikan set otomatis, kemudian pilih kualitas streaming (sedang atau rendah) saat menggunakan data seluler.

Dengan mengantifkan fitur ini, kamu cukup hanya memakan kuota 1 GB saja untuk menonton film selama 4 jam. Hemat bukan?

Baca Juga: 5 Aplikasi Traveling yang Wajib Kamu Tahu!

Nah, itulah daftar aplikasi penghabis kuota yang perlu kamu tahu agar kamu bisa lebih hemat dalam menggunakan data seluler. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *