Cara Ubah (Konversi) PDF Ke Word Agar Bisa Di Edit

By | Januari 16, 2021

GooBiMedia – Pernahkan anda di beri tugas guru atau dosen mengetik ulang text yang ada di PDF dan di pindahkan ke Word? Pasti akan memerlukan waktu yang lama jika anda menggunakan cara manual, dengan mengetik nya secara langsung.

Di sini Admin akan memberikan solusi secara lebih instan untuk Mengubah file PDF menjadi sebuah file DOC Word tanpa menggunakan aplikasi maupun softwere. Ini juga bisa dilakukan di HP maupun PC/Laptop.

Oke mari kita mulai tutorial nya, Admin juga menberi gambar supaya anda lebih mudah memahami tuturial cara mengubah PDF menjadi Word.

Baca Juga: Cara Ubah JPG Ke Word

Convert PDF Ke DOC (Word) Tanpa Menggunakan Aplikasi / Softwere

Cara ini menggunakan sebuah website yang bernama Free Online OCR, website ini juga bisa digunakan unutk mengubah file gambar seperti JPG, BMP, TIFF, GIF ke Word ataupun Excel. Oke di sini kita langsung saja mulai tutorial nya cara Convert PDF ke DOC (Word) agar bisa di edit.

  1. Siapkan File PDF yang akan kita ubah menjadi DOC (Word) nantinya, Contoh di bawah ini, Admin sudah menyiapkan file PDF.
  1. Setelah itu anda masuk ke ke website Free Online OCR melalui link berikut ini onlineocr.net , jika sudah di buka maka akan muncul tampilan seperti berikut ini,
  1. Ini adalah panduan setting Online OCR nya untuk melakukan convert file PDF ke Word, ikuti langkah-langkah nya di bawah ini.

Step ke 1, anda klik tombol “Select File” untuk memilih file PDF yang akan di convert.

Step ke 2,Setelah itu pilih bahasa, jika file pada PDF anda menggunakan bahasa Indonesia, anda pilih “INDONESIAN”.

Step ke 3, setelah selesai di setting semua, kalian klik tombol “Convert” untuk memulai proses mengubah file PDF ke Word

  1. Setelah selesai di proses maka akan muncul tombol “Download Output File” kemudian klik untuk memulai mengunduh file yang sudah menjadi DOC (Word) tersebut.
  1. Di bawah ini adalah penampakan file yang sudah terubah menjadi file DOCX Word lalu buka file tersebut dengan Microsoft Word anda.
  1. Jika file tadi tidak bisa di buka dan mucul peringatan seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah mecopy paste secara manual text yang ada di website Online OCR tadi.
  1. Mula-mula kembali ke website tadi, perthatikan di bawah tombol download, terdapat text dari file PDF tadi yang bisa di Salin/Copy. Langsung saja salin semua text tersebut. Contoh seperti gambar di bawah ini.
  1. Setelah menyalin semua text tadi, buka Microsoft Word kalain lalu Paste kan text tadi ke MS Word, tinggal kalain save dan File yang tadinya PDF sudah berubah menjadi Word. Jadi nanti tampilan nya akan seperti gambar di bawah ini.
  1. Bagaimana mudah bukan cara untuk mengubah file PDF menjadi DOC (Word) tanpa aplikasi apapun juga bisa di lakukan di HP dan Laptop tanpa menginstall aplikasi ataupun softwere manapun.

Baca Juga: Cara Ubah JPG Ke Dokumen PDF

Cara ini sudah Admin coba dan hasilnya sangat memuaskan, dibanding dengan website-website Converter lainya, Free Online OCR adalah website yang sangat bisa di andalkan untuk Mengonversi PDF ke Word anda juga bisa convert gambar menjadi sebuah text juga dengan website tersebut.

Oke itu saja arikel tentang Cara Ubah (Convert) PDF Ke Word Agar Bisa Di Edit Tanpa Aplikasi atau Softwere, kurang lebih nya admin minta maaf. Jika anda mengalami kesulitan atau masalah anda bisa langsung menghubungi kami lewat komentar. Jangan lewatkan artikel tentang kumpulan tutorial bermanfaat hanya di website GooBiMedia.com Sekian dan terima kasih salam sukses.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *