Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran Size Video Menjadi 90% Dari Aslinya

By | Desember 8, 2020
Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran Size Video Menjadi 90% Dari Aslinya

GooBiMedia – Apakah anda pernah merekam video dan ternyata ukuran hasil video tersebut sangat besar? Itu akan menjadi masalah jika anda ingin mengupload nya di Youtube, Instagram akan memakan kuota yang sangat besar juga nantinya.

Tapi tidak masalah karena di artikel kali ini Admin akan membagikan, Bagaimana sih cara untuk memperkecil ukuran suatu video tanpa mengurangi kualitas dari Video tersebut. Contoh size video sebelum di kompres yaitu 8 GB setelah di kompres jadi 900 MB. Wow persentase nya sampai 90%.

Oke tanpa basi-basi mari kita langsung saja menuju tutorial Cara Memperkecil Ukuran Video Menjadi 90% Dari Aslinya. Di sini admin menyertakan gambar di tutorial nya supaya anda mudah untuk mengikutinya.

Baca Juga: Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Atau Gambar Sampai 90% (Beserta Gambar)

Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Cara ini menggunakan sebuah softwere komputer yang bernama HandBrake. Sofwere ini memungkinkan untuk memperkecil ukuran sebuah video sampai 90% dari unkuran aslinya tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut. Oke mati kita simak tutorial nya.

  1. Pertama anda harus download dan install softwere HandBrake, anda bisa mendownload nya melalui link berikut ini HandBrake Direct Download. Ini adalah HandBrake versi 1.3.3 karena versi ini sudah sangat optimal untuk menkompres video dan hasilnya juga memuaskan.
  2. Setelah mendownload nya kemudian install HandBrake di Komputer atau Laptop anda, lalu buka maka akan mucul tampilan seperti gambar di bawah ini. Di sini ada dua pilihan yaitu pertama “Folder (Batch Scan)” adalah opsi untuk memilih video lebih dari satu pada sebuah folder. Dan yang kedua “File” memilih satu video untuk di kompres. Di sini admin memilih “File” karena video yang ingin admin kompres berjumlah satu saja.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 1
  1. Lalu pilih video yang akan di kompres, disini admin sudah menyiapkan satu video yang berukuran 8,51GB, ini adalah video yang akan di kompres melalui softwere HandBrake.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 2
  1. Setelah selesai memilih video yang akan di di kecilkan ukurannya, maka akan mucul tampilan berikut. Disini perhatikan menu Preset yang sudah admin beri tanda panah dibawah ini.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 3
  1. Klik menu “Preset” lalu pilih “General” lalu pilih resolusi sesuai kebutuhan anda. Disini admin merekomendasikan pilih resolusi di antara “Very Fast 480p30 atau Very Fast 720p30”. Pada gambar di bawah ini admin memilih resolusi Very Fast 720p30.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 4
  1. Setelah semua sudah di setting perhatikan tanda panah di bawah ini. Anda harus memperhatikan settingan anda mulai dari Resolusi, Tempat file video yang akan di simpan dan lain sebagainya. Sesudah selesai setting, pilih “Start Encode” untuk memulai proses Kompres video.

Anda juga bisa mengubah Dimensions, Filters, Audio, Subtitles pada video yang ada pilih tadi. Tapi admin merekomendasikan settingan sesuai yang admin beri tadi. Supaya video dapat terkompres secara optimal dan tanpa ada kesalahan.

Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 5
  1. Maka akan mucul tampilan proses Encoding, tunggu sampai selesai. Berapa lama proses nya tergantung dari file yang anda masukan tadi semakin besar file video, semakin lama juga proses Encoding nya.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 6
  1. Baiklah ini adalah perbandingan hasil sebelum dan sesudah di kompres menggunakan softwere HandBrake tadi. Di sini kita bisa lihat perubahan yang signifikan pada video tadi, yang mulanya ukuran 8,51GB setelah di kompres menjadi 982MB.
Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video 7

Oke itulah tutorial tentang Cara Memperkecil Ukuran File Video di Laptop PC Tanpa Mengurangi Kualitas Video. Ini adalah cara paling ampuh di bandingkan dengan metode-metode aplikasi/softwere lainya. Karena admin sudah mencobanya sendiri dan sudah memakainya selama bertahun-tahun untuk memperkecil ukuran size Video.

Baca Juga: [Tanpa Aplikasi] Ubah (Convert) PDF Ke Word Agar Bisa Di Edit

Jika anda mengalami kendala saat mempraktekan cara ini, langsung saja tulis kendala anda di kolom komentar, jika ada waktu Admin akan langsung membalas komentar anda.

Sampai di sini dulu artikel tentang Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran Size Video Menjadi 90% Dari Aslinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya admin minta maaf. Nantikan artikel menarik lainya hanya di GooBiMedia.com salam sukses.

Paling Banyak Di Cari:

cara mengecilkan ukuran video di laptop, convert video ukuran besar, kompres ukuran video, kompres ukuran video di pc, cara mengecilkan ukuran video untuk youtube, cara mengecilkan ukuran video dengan video converter, Kompres video dengan HandBrake.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *