Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama

Diposting pada

Baterai adalah salah satu hadware yang paling penting untuk digunakan sebagai daya pada hp, tanpa baterai teman teman tidak bisa mengendalikan hp. Baterai sendiri memiliki berbagai macam daya atau kekuatan pada masing masing hp tergantung kebutuhan, semakin cangih hp tsb semakin besar pula daya baterai yang di hasilkan.

Memiliki daya baterai yang tinggi adalah salah satu keinginan bagi setiap penguna hp agar dapat mengunakan hp lebih lama lagi tanpa beberapa kali melakukan pengisian daya. Untuk hp android tentunya akan menghabisan baterai lebih cepar karena kegunaan hp android untuk banyak sekali tidak hanya untuk sms dan telfone tapi digunakan untuk akses internet.

Terlalu sering akses internet mengakibatkan daya baterai dapat berkurang apalagi dengan akses internet dengan memutar video seperti nonton video tidak hanya baterai berkurang namun kuota internet kamu dapat berkurang. Banyak sekali hal hal yang dapat mengakibatkan baterai kamu cepat habis, solusi yang tepat adalah gimana caranya merawat baterai namun tetap digunakan seperti biasa.

Semakin lama, semakin berumur tua baterai tersebut. Semakin tua semakin lemah pula daya baterai dan biasanya teman teman harus menganti baterai tsb karena sering habisa dan sering kali low baterai dengan waktu tidak normal. Contoh aja kamu baru isi daya dan udah full nih namun beberapa menit kemudian kamu harus isi daya lagi karena habis.

Baca Juga: Beberapa Alasan Kenapa HP Samsung Mahal Harganya

Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama

Coba mulai dari sekarang kamu merawat baterai hp dengan baik dan benar agar tahan lama, untuk mendapatkan daya baterai yang tahan lama kamu dapat merawatnya dengan beberapa cara berikut ini dan usahakan untuk kamu terapkan secara rutin dan konsisten agar hasilnya pun sangatlah maksimal, berikut ini adalah carannya.

Hindari Mode Getar

Mode getar adalah salah satu fiktur yang dimana fungsinya untuk memberikan pemberitahuan tanpa mengeluarkan suara namun dengan bergetar. Tau gak sih? Lebih borosan mana antara bergetar atau mengeluarkan suara? Ya, benar sekali lebih borosan bergetar karena bergetar mengeluarkan energi yang dimana digunakan untuk mengetarkan hp hal ini sangat menguras daya baterai.

Lebih baik kamu mengunakan mode diam, selain lebih irit kamu juga tidak akan tergangu dengan notifikasi sms dari operator seluler. Namun dengan mode diam ada kekuranganya yaitu kamu dapat ketingalan pemberitahuan jika ada pemberitahuan dari keluarga maupun atasan kerja kamu, solusi paling tapat yaitu dengan mengunakan mode berbunyi walau mengagu tapi lebih irit baterai dan aman.

Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Hindari pengunaan semartphone dengan berlebihan, apalagi sampai sununya panas. Hal ini sangat berpengaruh sekali pada daya hp kamu. Gunakanlah hp dengan secukupnya dan diamkan di tempat yang sejuk jika baterai atau hp kamu mempunyai suhu panas biasanya dengan terjadinya eror pada software hp yang kamu jalankan.

Dengan mengunakan smartphone dengan tidak berlebihan selain dapat lebih irit baterai juga dapat meningkatkan umur baterai apalagi jika baterai lebih irit dan tahan lama juga akan berpengaruh pada umur smartphone tersebut.

Untuk mengurangi pengunaan hp agar tidak over kamu dapat mengurangi kegiatan kamu di hp seperti beberapa jam data internet kamu matikan hal ini selain untuk memberikan istirahat pada hp juga meberikan sebuah kesemapatan pada hp kamu untuk beristirahat dan memperbaiki hp kamu agar lebih baik lagi

Hindari Panas Matahari

Dengan menghindari panas matahari yang terlalu lama dapat mengurangi resiko kerusakan pada baterai dan juga mengurangi kerusakan fatal yang akan di alami oleh hp itu sendiri. Jika hp terlalu lama terkena panas dapat mengakibatkan hadware pada hp mengalami kerusakan walau kerusakan ringan tapi kamu lakukan dengan sering akan mengakibatkan kerusakan besar.

Cobalah untuk merawat baterai dari hal kecil, mulai dengan gunakan hp di tempat sejuk seperti bawah pohon maupun dalam rumah selain dapat mengurangi kerusakan juga dapat menambah umur baterai kamu agar lebih tahan lama. Kamu dapat mengunakan di atas sinar matahari langsung namun jangan sampai lebih dari 1-2 menit karena semakin lama kamu mengunakan di atas matahari hp akan terasa panas dan nantinya akan mengalami hal yang tidak kamu inginkan.

Menjaga Sikus Pengecasan HP

Dengan menjaga sikus pengecasan pada hp kamu dapat memberikan sebuah kesempatan pada hp kamu untuk mengisi daya dengan optimal dan cepat, namun jika kamu mengecas tanpa mempunyai stopkontak khusus kamu akan berbagai daya listrik dengan hp lain hal ini dapat memperlambat listrik masuk mengisi daya baterai dan juga membuat proses isi daya yang begitu lama.

Alangkah baiknya kamu mengunakan sebuah stopkontak khusus yang hanya digunakan untuk pengisi daya hp kamu saja tanpa adanya pembagian daya untuk device lainya. Namun jika terpaksa mengunakan beberangen dengan hp teman teman hal yang harus kamu lakukan menganti peletakan dekat dengan kabel, hal ini secara logika listik akan masuk pertama kali ke hp teman teman sebelum merambat ke hp teman teman kamu.

Aktifkan Battery Saver

Selain untuk digunakan sebagai mengurangi pemborosan baterai, fiktur ini juga dapat memperpanjang umur baterai kamu loh. Memang terlihat sepele dan banyak orang yang belum tau dan mengangap fiktur ini tidak penting, sebenarnya fiktur ini digunakan untuk antisipasi agar daya baterai yang di keluarkan untuk kebutuhan kamu semakin kecil hal ini agar baterai dapat digunakan dengan lama tanpa pengisian daya terus menerus.

Selain dapat memberikan berbagai manfaat fiktur ini juga dapat mengatur suhu baterai loh, dengan mengaktifkan baterai ini fiktur ini akan mengontrol suhu baterai agar optimal dan tidak terlalu over, hal ini selain menguntungkan kamu juga menguntungkan smartphone kamu karena semakin lama umur baterai semakin lama pula umur hp android kamu.

Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

Suka mengunakan aplikasi gratis? Aplikasi gratis yang tersedia di playstore banyak sekali yang mengandung iklan yang berlebihan bahkan dapat mengurangi performa hp teman teman. Selain mengurangi daya baterai iklan juga dapat mengurangi kuota kamu loh, dengan adanya iklan video kamu di tuntut untuk memutarkan video pada hp kamu walau durasinya kecil namun jika diputar terus menerus dapat mengurangi jumlah kuota teman teman.

Untuk solusi dari masalah ini yaitu dengan membeli aplikasi dengan versi barbayar, aplikasi berbayar selain tidak menampilkan iklan yang berlebihan juga akan memberikan berbagai fiktur yang tidak akan kamu dapatkan di versi gratis, dengan membayar sekali kamu akan merasakan berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan. Dengan membayar kamu sudah melakukan hal kecil untuk merawat hp android agar semakin nyaman digunakan dan memiliki umur panjang.

Bijak Menggunakan Lokasi

Bijaklah untuk mengatur lokasi, jika tidak kamu gunakan lebih baik kamu matikan saja fiktur ini. Terkadang nih fiktur ini nyala sendiri tanpa kita ketahui loh bahkan kita tidak sadar kalau sudah berjalan beberapa jam. Memang fiktur ini sangat bermanfaat namun kalau tidak kamu gunakan kenapa tidak kamu matikan saja? Selain dapat hemat baterai juga dapat kamu manfaatkan untuk hal keamanan.

Apa hubunganya nonaktifkan lokasi dengan kemamanan? Kamu pasti tidak mau dong tiba tiba di lacak oleh oknum yang tidak bertangung jawab? Hal inilah hikmah selain hemat baterai kamu juga kemungkinan kecil tidak dapat di lacak oleh lokasi. Cobalah untuk cek beberapa jam untuk sesekali menonaktifkan fiktur ini, selain bermanfaat bagi daya baterai juga dapat bermanfaat bagi privasi teman teman.

Sekian artikel yang saya berikan mudah mudahan bermanfaat, teruslah berbagai dengan membantu share artikel ini di sosial media untuk membantu banyak orang yang terkena masalah, trimakasih.

Penelusuran yang terkait:

  • cara merawat baterai kamera
  • cara merawat baterai kamera dslr
  • cara merawat baterai kamera mirrorless
  • cara merawat baterai kamera agar tahan lama
  • cara perawatan baterai kamera
  • cara perawatan baterai kamera dslr
  • bagaimana cara merawat baterai kamera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *