Cek Kecepatan Loading Website Dari Server Indonesia (Website Speed Test)

By | Januari 1, 2021

GooBiMedia.com – Kecepatan website sangat di pertaruhkan untuk kualiatas website tersebut. Jika website memiliki waktu akses yang sangat cepet, itu akan menjadi nilai plus untuk website tersebut. Visitor juga akan betah mengunjungi website anda.

Jika anda memiliki target visitor dari indonesia. Maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan menyewa server dengan jarak terdekat dengan targetmu agar visitor dapat lebih cepat mengakses website tersebut. Anda perlu tau juga berapa lama waktu loading website anda jika di kunjungi oleh visitor dari Indonesia.

Oke di artikel kali ini Admin akan membahas Bagaimana sih Cara cek kecepatan loading website dari server indonesia. Oke mari kita menuju ke pembahasannya.

Baca Juga: 7 Blog Dengan Penghasilan Fantastis Yang Layak Kita Contoh Dan Jadikannya Inspirasi

Test Speed Website Dari Server Indonesia

Metode yang bisa anda lakukan untuk test kecepatan web dari server Indonesia adalah dengan menggunakan sebuah situs yang bernama webpagetest.org. Website ini memungkinkan untuk mengecek kecepatan website dari berbagai wilayah dari belahan dunia mulai dari America, Eropa, Afrika, Australia, Asia dan salah satunya indonesia juga termasuk di dalam daftar Asia. Lebih jelasnya anda bisa cek gambar berikut ini. Untuk melihat lokasi setver yang di sediakan oleh situs webpagetest.org.

Terus bagaimana sih langkah-langkah untuk menguji website kita? Cara nya cukup mudah anda tinggal buka website webpagetest.org kemudian tinggal anda masukan alamat website anda lalu pilih lokasi testing, kemudian pilih browser mana yang ingin anda pilih. Setelah selesai, tinggal anda klik tombol “Start Test” maka proses testing akan di mulai.

Disini Admin akan mencoba testing website GooBiMedia.com sebagai contoh dan memilih lokasi Jakarta, Indonesia lalu tak lupa juga memilih browser yaitu Chrome untuk pengetesan nantinya.

Setelah selesai proses testing maka hasilnya akan muncul secara otomatis dan Gambar di bawah ini adalah contoh hasil kecepatan website GooBiMedia.com yang sudah di cek tadi melalui situs webpagetest.org. Disana ada banyak sekali opsi hasil yang bisa anda analisis untuk perbaikan website anda pada masa mendatang. Seperti Security, Cache, Image, CDN dan masih banyak lagi.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa anda coba sendiri di situs webpagetest.org. Website ini tidak kalah juga dengan website testing seperti GTmetrix, Page Speed Insights dari Google. Setiap tool website ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga: Tutorial Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Artikel Yang Berkualitas

Dan catatan untuk anda semua yang membaca artikel ini. Admin menyampaikan bahwasanya kecepatan web itu opsional saja yang paling penting dari sebuah website adalah konten/artikel (Content is king), jangan sibuk mengurus kecepatan website dan berlomba-lomba untuk melakukan cara yang membuat anda kehabisan waktu untuk menambah konten aritkel di website anda.

Oke itulah Turtorial Blogging singkat dari Smart Admin, kurang lebih nya Admin minta maaf. Jika ada pertanyaan atau kendala, anda bisa langsung tuliskan di kolom komentar, Jika ada waktu Admin langsung akan menjawab komentar anda. Jangan lewatkan artikel menarik di website GooBiMedia.com Salam Sukses.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *