Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Telah Kecanduan Gadget

By | December 3, 2020
Ciri Seseorang Telah Kecanduan Gadget

GooBiMedia.com – Kehadiran gadget yang semakin mengikuti tren jaman, kini banyak digunakan untuk sarana aktivitas sehari hari. Apalagi gadget telah bertransformasi menjadi smartphone atau ponsel pintar. Namun ternyata, kehadiran gadget juga memiliki resiko serta bahaya jika ngga diimbangi dengan pemakaian secara bijak.

Terkadang pemakaian ponsel tidak sesuai tempat dan waktu. Seperti ketika masih berada di kantor pada jam kerja, saat berkumpul dengan keluarga dan teman, ataupun di tempat umum ataupun jalanan. Selain itu juga bisa menyebabkan kejanduan Gadget yang mambuat penggunanya tak bisa jauh jauh dari ponsel.

Baca Juga: Langkah Tepat Menghindarkan Anak dari Kecanduan Gadget

Ciri Seseorang Telah Kecanduan Gadget

Ciri Seseorang Telah Kecanduan Gadget

Melihat banyak orang tak bisa lepas dari genggaman gadget, tentunya kamu harus lebih waspada pada keluarga atau teman kamu yang dirasa kecanduan gadget. Kamu bisa mengenali ciri ciri seseorang kecanduan bermain gadget dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

  • Seseorang yang mengalami kecanduan gadget, akan merasa ngga nyaman jika harus jauh jauh dengan gadget. Apalagi jika harus meninggalkan ponsel meski hanya sebentar. Bahkan bagi seorang yang mengidap nomophobia, mereka akan seallu cemas jika harus beraktivitas tanpa menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan mereka telah mengalami kecanduan yang parah.
  • Aktivitasbermain gadget, ternyata juga bisa mengganggu aktivitas kehidupan, seperti saatdi meja makan, waktu belajar, hingga waktu berkumpul bareng keluarga. Dalamkegiatan serta moment ersebut, fokus mereka lebih tertuju pada gadget.
  • Selalumenggunakan gadget sebelum tidur. Padahal ketika menjelang tidur, akan lebihbaik jika kamu menghindarkan diri dalam memakai gadget. Pasalnya, gadget bisamempengaruhi kualitas tidur serta membuat kamu susah memulai tidur.
  • Lebih merasaasik dengan gadget ketimbang berinteraksi dengan orang orang terdekat. Karenaternyata, gadget bisa mendekatkan orang dengan jarak yang jauh, sertamenjauhkan orang yang di depan mata. Bahkan ketika sedang berinteraksi, merakangga segan segan untuk memprioritaskan aktivitas bermain gadget.
  • Terlalu banyak mengahabiskan waktu dengan gadget juga menjadi salah satu ciri seseorang telah kecanduan gadget. Mereka biasanya melakukan aktivitas bermain game online, memainkan sosial media, dan aktivitas pada ponsel lainnya.
  • Mengesampingkan aktivitas lain demi bermain gadget. Para pengguna yang telah mengalami kecanduan gadget, mereka biasanya mengesampingkan aktivitas serta kewajibannya. Seperti sekolah, melakukan kegiatan di rumah, mengerjakan deadline pekerjaan, dan sebagainya.
  • Kecanduan dalam menggunakan gadget, ternyata juga mempengaruhi emosi penggunanya. Seperti dengan munculnya rasa bosan, frustasi, serta stres ketika tidak bisa melepaskan keinginannnya untuk bermain ponsel. Biasanya anak yang kecanduan gadget, akan marah ketika tidak diberikan ijn untuk mein game online, ataupun hal lainnya.
  • Ciri lainyang biasanya bisa dikenali oleh pecandu gadget yakni anti sosial. Ketikaseseorang telah asik dengan gadget atau ponsel, mereka akan enggan untukbersosialisasi dengan teman maupun tetangga sekitar.
  • Susah dalam melakukan komunikasi dengan  orang lain. Hal ini karena mereka terlalu lama menghabiskan waktu bermain game ataupun sosial media. Sehingga mereka akan mengalami kesulitan dalam interaksi di dunia nyata, karena terbiasa asik komunikasi melalui dunia maya.

Baca Juga: Nilai Edukatif Yang Terdapat Pada Film Kungfu Panda

Kamu perlu mengenali ciri ciri di atas dan mewaspadai jika mencurigai teman ataupun keluarga kamu menjadi kecanduan gadget. Karena selain menyebabkan kecanduan, ternyata ponsel juga beresiko menurunkan tingkat kesehatan fisik serta kejiwaan seseorang. Untuk itu, kau juga perlu membatasi aktivitas kamu dalam menggunakan ponsel.

Author: GooBiMedia

GooBiMedia adalah sebuah portal informasi yang mencangkup semua aspek dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *