Hadirnya Teknologi Internet 5G Dan Seberapa Cepat?

Diposting pada
Hadirnya Teknologi  Internet 5G Di 2021 Dan Harapan Di Dalamnya

Berkembangnya teknologi semakin pesat. Kemudahan-kemudahan semakin dirasakan dengan adanya teknologi. Termasuk dalam teknologi smartphone beserta dengan sinyal yang disematkan di dalamnya. Dulu orang menggunakan hp yang kini telah berkembang pesat menjadi smartphone. Awalnya sinya hanya 2G, 3G dan sekarang 4G. Dan kini teknologi 4G ini akan di adaptasi kembali menjadi teknologi yang super canggih 5G. Teknologi yang satu ini diprediksi akan meluncur pada 2019. Diperkirakan permulaan teknologi ini akan dicoba di Negara-negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang. Dan di Indonesia sendiri, teknologi ini akan diaplikasikan penggunaannya secara lebih luas pada 2020.

Ericsson sebagai salah satu perusaahn komunikasi juga menyampaikan hasil dari survey  akan harapan-harapan dengan munculnya teknologi 5G pada Ericsson ConsumerLab Analytical Platfom 2017. Cukup menggambarkan bagaimana teknologi 5G ini akan memberikan pengaruh besar pada komunikasi. Tak bisa dipungkiri anggapan ini, sebab teknologi yang sekarang berkembang saja, 4G sudah sebegitu besar manfaatnya dalam komunikasi dan begitu mendukung aktifitas yang berhubungan dengan internet. Bagaimana halnya dengan 5G. tentu akan sangat bagus. Makanya, tak salah jika Ericsson pun mencoba bersiap dengan hadirnya teknologi ini.

Lalu seperti apa sih kecepatan teknologi 5G yang digadang-gadang ini?

Yang jelas berbeda dan akan benar-benar terasa dari hadirnya internet 5G adalah soal kecepatannya. Dan berdasarkan survey yang digelar Ericsson, 17% responden yang berkesempatan mengikuti survey ingin akan hadirnya teknologi 5G bisa memberikan kenyamanan dalam penggunaan internet dengan kecepatan yang mumpuni. Sebab, memang disadari atau tidak. Koneksi internet menjadi factor utama dalam semua aktifitas yang berkaitan langsung dengan internet dan online.  

Beberapa responden mengingkan kekuatan sinyal yang memadai dan bisa mereka gunakan dengan mudah bahkan dalam ruang sekalipun. Harapan ini masuk akal, memang kadang terjadi di teknologi yang masih mengusung 4G, ketika pengguna masuk ruangan mereka merasakan sinyal melemah. Meski sekarang ini, terbukti, teknologi 4G sudah mampu memudahkan pengguna dengan level kenyamanan yang cukup tinggi. Bahkan ketika smartphone 4G digunakan di daerah pegunungan, sinyal bisa cukup stabil.Meski terkadang sinyal itu terkadang naik dan turun, pada kisaran 3G atau 4G. Namun, ini cukup menjadi jawaban untuk masalahnya hilangnya sinyal saat di daerah yang sulit sinyal.

Kecepatan dari teknologi 5G ini sepertinya akan benar-benar dirasakan kecepatannya. Pasalnya menurut beberapa sumber, kecepatan teknologi 5G ini akan mampu seiringan dan sebanding dengan jaringan Wifi atau bahkan lebih. Tentunya ini akan sangat cepat dan jauh berbeda dengan teknologi sebelumnya, 3G atau bahkan 4G sekalipun.

Lalu apa harapan dari adanya 5G ini bagi pengguna smartphone saat ini? Haparan besar akan adanya teknologi 5G ini seharusnya bisa menjadi jalan dan solusi baru untuk bisa mendapatkan layanan internet yang benar-benar berkualitas. Bisa menjadi solusi dari bisnis dan usaha yang seringkali atau bahkan harus menggunakan internet dalam pelaksaannya. Dengan teknologi ini, generasi mudah harus bisa memanfaatkan kemudahan dan kecepatannya untuk menunjang belajar dan meningkatkan kualitas diri mereka. Ini tentu saja perlu mendapatkan perhatian khusus, sebab mau atau tidak, teknologi 5G ini akan menyentuh dunia game. Yang mana, game itu sendiri begitu lekat dan dekat dengan anak-anak. Kemudahan dan kenyamanan mereka dalam menggunakan game bisa akan sangat jauh mempengaruhi pola pikir anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *