Ikan Koi Hidup Di Air Apa? Kolam Ideal Untuk Memelihara Koi – Tips Bagi Pemula

By | Desember 24, 2020

GooBiMedia – Ikan Koi merupakan jenis ikan mas dan memiliki corak tubuh yang sangat indah. Biasanya ikan koi ini banyak orang yang memelihara untuk tujuan dipandang keindahannya dan di percaya dapat membawa keberuntungan untuk orang yang memelihara ikan koi tersebut.

Memelihara ikan koi bukan hal yang mudah untuk pemula, jika anda ingin memelihara ikan koi anda harus tau dulu hal-hal dasar untuk perawatan ikan koi ini dan salah satu yang terpenting adalah kolam dan jenis air yang cocok untuk habitat ikan koi.

Di artikel ini kita akan membahas tips untuk memilih kolam dan jenis air untuk ikan koi. Langsung saja menuju ke pembahasan utamanya di bawah ini.

Baca Juga: Legenda Ikan Koi Berubah Menjadi Naga Dari Negeri Cina Dan Jepang

Memilih Jenis Air Dan Kolam Untuk Ikan Koi Beserta Perawatanya

Ada beberapa dasar yang harus di perhatikan untuk memelihara ikan koi ini dan di sini Admin akan membahas secara detail tentang aspek Air yang tepat untuk ikan koi hidup dan Kolam yang ideal untuk memelihara ikan koi.

Jenis Air Yang Perlu Kamu Tahu Untuk Kesehatan Ikan Koi

Hal yang harus di perhatikan untuk Air nya sendiri adalah air tawah dan harus Bebas dari Zat Kimia Beracun, Temperatur suhu ideal untuk ikan koi, Tingkat pH, Oksigen Terlarut.

  • Air harus jauh dari zat-zat kimia yang beracun, sebelum memberi air ke kolam lebih baik menggunakan kondisioner Air komersial atau bisa juga menggunakan Water Conditioner, gunanya adalah untuk menetralisir senyawa beracun. membantu menjernihkan air, menstabilkan pH air, dan menjaga kualitas air dalam kondisi optimal.
  • Temperatur air untuk ikan koi harus sangat di jaga untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan koi. Rekomendasi Suhu air yang ideal disarankan antara 18 sampai 30 derajat Celcius. Dan pastikan letak kolam anda harus di teduh dan tidak terpampang langsung sinar matahari.
  • Tingkat pH pada air atau keasaman air. Ini harus sangat di jaga untuk ikan koi tidak mudah stres. Kadar tingkat pH yang di rekomendasikan adah 7,9. Saran Admin gunakanlah Water Conditoner untuk menjaga keasaman air.
  • Oksigen terlarut, bagi ikan koi oksigen adalah hal yang penting walaupun hidup ikan koi di air, ia juga membutuhkan oksigen seperti mahluk hidup lainya. Anda bisa mengakali nya meletakan bayak tumbuhan di sebelah kolam ikan koi tersebut.

Tips Membuat Kolam Ikan Koi Yang Tepat (Material, Ukuran Dan Kedalaman)

Memilih kolam ikan adalah hal yang paling penting untuk memelihara ikan koi untuk kedepannya. Jika anda membuat kolam yang tepat, sehingga ikan koi dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

  • Memilih Material sebenarnya anda bisa menggunakan material apapun untuk membuat kolam. Namun jika anda ingin menghailkan kolam yang bagus pilihlah material-material yang berkualitas juga.
  • Menentukan ukuran luas kolam.Ukuran yang biasa bisa sampai 1 sampai 1,5 meter dan harus menampung 1100 – 5600 liter. Saran Admin ukuran kolam yang lebih besar lebih bagus perlu diketahui bahwa kolam ikan koi yang terlalu kecil akan mengganggu pertumbuhan ikan koi tersebut.
  • Kedalaman kolam untuk ikan koi yang paling standar adalah 50 cm.

Baca Juga: Ada Apa Di Segitiga Bermuda? Misteri Segitiga Bermuda

Oke seperti itu saja aritkel tentang Memilih Jenis Air Dan Kolam Untuk Ikan Koi Beserta Perawatanya. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Artikel ini di tunjukan untuk pemula yang ingin berkecimpung di dunia pemeliharaan ikan koi. Semoga hal yang di capai terlaksanakan tanpa halangan.

Jika ada salah kata atau salah informasi. Admin mohon maaf sebesar-besarnya. Admin undur diri sampai ketemu lagi di artikel berikut nya salam sukses.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *