Langkah Tepat Menghindarkan Anak dari Kecanduan Gadget

By | Oktober 1, 2019

Pernahkah kamu mengalami hari-hari di mana kamu tidak bisa lepas dari aktivitas memakai gadget? Hampir sebagian besar aktivitas Masyarakat, kini bergantung pada gadget. Mereka tak lupa untuk membawa gadget di segala kegiatan, dan juga kapan pun. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada aspek kehidupan masyarakat.

Bahkan Kini kita sudah nggak heran lagi jika anak anak sudah terbiasa untuk menggunakan Gadget. Orang tua menganggap bahwa pemberian gadget pada anak bisa membuat mereka lebih pandai serta dijauhkan dari hal buruk pergaulan maupun lingkungan.

Tentunya hal itu akan menyebabkan kecanduan jika tidak segera diatasi. Bahkan pada beberapa kasus, anak sebelum genap berusia 1 tahun pun sudah diberikan gadget agar tidak rewel. Terkadang anak-anak terkadang para remaja hingga orang dewasa juga mulai ikut ikutan menjadi kecanduan. Seahingga ada baiknya jika segera menghindarkan anak dari kecanduan gadget

Langkah tepat yang perlu kamu ambil dalam menghindarkan anak dari kecanduan gadget

Kecanduan gadget yang berlebihan, tentunya akan memberikan dampak buruk bagi psikologi maupun fisiologis. Terlebih lagi jika anak menjadi kecanduan, akan sangat sulit untuk melepaskan ketergantungan tersebut. Untuk itu alangkah baiknya jika kamu mengetahui caramenghindarkan anak dari kecanduan gadget. Dengan begitu kamu bisa mewaspadai serta mengantisipasi, dalam pembatasan pemakaian gadget.

  1. Memberikan batasan waktu pada anak dalam bermain gadget
    Kamu tidak boleh membiarkan anak untuk terlalu berlama lama dalam memainkan teknologi tersebut. Meski terlihat sepele, namun cara ini cukup efektif untuk mencegah anak dari kecanduan akibat terlalu seringnya beraktivitas menggunakan gadget. Jika anak marah, kamu lebih baik membiarkannya dan jangan berikan kembali gadget tersebut.
  2. Memberikan mainan alternatif sebagai pengalih perhatian
    Untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadget, kamu bisa memberikan mainan alternatif lain yang bisa mengalihkan perhatian anak pada gadget. Jika anak masih merasa bosan, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk menemaninya bermain.
  3. Meluangkan waktu bermain dengan anak
    Terkadang anak memilih bermain gadget, karena merasa kurang diperhatikan atau kurangnya waktu yang kamu berikan. Sehingga akan lebih baik jika kamu meluangkan waktu untuk bermain dengannya ataupun melakukan liburan saat kamu libur kerja.
  4. Tak perlu melarang anak untuk bermain di luar rumah
    Bagi sebagian orang tua membiarkan si kecil untuk bermain diluar adalah hal yang harus diwaspadai. Mereka melindungi anak dari pengaruh buruk lingkungan luar maupun pergaulan. Meski tak salah namun orang tua ada baiknya juga membiarkan anak bermain di luaran dengan teman sebayanya.
  5. Menyembuh kan waktu anak dengan memberinya kegiatan
    Jika anak memiliki kegiatan, mereka akan terhindar dari rasa bosan serta kecenderungan untuk bermain ponsel. Selain itu Anda juga akan berlatih untuk bertanggungjawab misalnya dengan memberinya tugas untuk membantu orang tua, belajar, serta tugas tugas lainnya.
  6. Kamu harus menjadi contoh yang baik buat anak
    Jangan menyalahkan anak terlalu sering bermain gadget, jika kamu sendiri belum bisa menjadi contoh. Jika kamu ingin menghindarkan anak dari kecanduan gadget, sudah selayaknya kamu juga menghindari memegang gadget saat di depan anak.
  7. Kamu harus bersikap tegas
    Dalam melarang anak bermain gadget tentunya kamu harus bersikap tegas. Buatlah peraturan tentang batasan bermain gadget dan biasakan anak untuk menaati dan menerapkannya.Namun kamu juga harus memberinya dukungan seperti dengan memberikan mianan alternatif maupun menemaninya bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *