Manfaat Cloud Bagi Perusahaan Di Tengah Wabah COVID-19

By | November 16, 2020

GooBiMedia.com – Pandemi covid-19 makin membuat was-was. Sebagai upaya memutus penyebaran virus COVID-19 yang kian masif, kini banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan WFH (work from home).

Hanya saja, tidak semua perusahaan mampu beradaptasi dengan cepat dengan kebijakan seperti ini. Oleh karena itu, teknologi cloud (cloud computing) sangat berguna dalam dalam menjalankan kebijakan seperti ini.

Kehadiran Cloud sangat berguna dalam banyak hal, mulai dari menyimpan hingga mengelola database karyawan seperti: nama terang, data kelahiran, nomor telepon, email hingga nama anggota famili yang dapat dihubungi. 

Untuk sistem WFH (work from home), teknologi yang demikian ini sangat berguna sebagai media komunikasi. Dengan teknologi ini, walau tidak ke kantor, para karyawan pun tetap bisa produktif bekerja.

Baca Juga: Langkah Tepat Menghindarkan Anak dari Kecanduan Gadget

Manfaat Aplikasi Cloud Yang Bisa Diperoleh Perusahaan Di Tengah Wabah COVID-19

Manfaat Cloud Bagi Perusahaan Di Tengah Wabah COVID-19

1. Mampu Menyimpan Banyak Data

Cloud computing (komputasi awan) merupakan sebuah teknologi yang proses operasinya menggunakan jaringan internet. Fungsi dari cloud ini yaitu untuk mengelola, menyimpan, serta memproses data. Berbeda dengan server lainnya, teknologi cloud ini mampu menyimpan data dalam jumlah banyak.

Keberadaan cloud computing ini sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan, khususnya dalam proses computing, diantaranya: networking, software server, arsip database, analisa serta inteligensi untuk membantu peningkatan bisnis. Dengan kata lain, cloud ini memudahkan para karyawan yang mengharuskannya work from home.

Dengan penerapan WFH (work from home) ini, pertemuan secara langsung pun tentunya berkurang. Bahkan, agenda pertemuan ditiadakan. Oleh karena itu, diperlukan teknologi yang mampu mendata informasi seluruh karyawan. Mulai dari nomor telepon hingga email yang dapat dihubungi agar komunikasi pun tetap berjalan lancar. 

Sebagai aplikasi HRIS berbasis cloud, tersedia juga fitur-fitur penyimpanan serta pengelolaan data yang komprehensif. Misalnya, fitur Employees. Fitur ini berisikan data seluruh karyawan perusahaan dari semua divisi.

Data tersebut pun diatur sesuai dengan abjad, setiap karyawan sudah dilengkapi dengan email, nomor telepon, ID pegawai dan divisi serta jabatan. Bukan hanya itu, dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan para karyawan bisa dihubungi melalui telepon, emai maupun WhatsApp.

Di fitur Employees juga tersedia bagian Not in Office Today yang berfungsi untuk mengetahui para karyawan yang izin sakit atau sedang mengambil cuti atau izin sakit, fitur ini berada di barisan bagian paling atas.

Dengan menggunakan Cloud, meminimalisir terjadinya miss komunikasi atau menunggu balasan yang lama dari para karyawan yang sedang cuti namun kamu tidak tahu.

2. Perusahaan Mudah Memberikan Penugasan

Permasalahan utama perusahaan saat menerapkan kebijakan WFH (work from home) yaitu menyangkut penugasan. Bagi perusahaan, tentunya ini sangat sulit jika mengaplikasikan sistem lama saat memberikan tuga kepada para karyawan. Alhasil para karyawan hanya santai-santai saja selama WFH, produktivitas karyawan pun menjadi terjun bebas.

Namun, hal tersebut bisa diminimalisir jika para perusahaan menggunakan teknologi cloud. Meski  perusahaan menerapkan kebijakan WFH atau bekerja dari rumah, produktivits para karyawan akan tetap berjalan seperti biasanya. Dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini, tentunya koordinasi tugas juga harus dijalankan dengan terstruktur. 

Jika kamu menggunakan teknologi cloud, karyawan bisa dengan mudah memperoleh berbagai penugasan yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Caranya juga cukup praktis, kamu bisa langsung mengakses fitur Task, lalu tugas pun akan langsung terkirim otomatis dari perusahaan ke karyawan. Jika tugas selesai, karyawan juga bisa kirim kembali tugas tersebut. Dengan begitu, proses kerja bisa lebih terkoordinasi dan terstruktur.

3. Membantu Perhitungan Payroll

Bekerja dari rumah atau WFH tidak memungkinkan para karyawan untuk absen ke kantor langsung  menggunakan fingerprint. Saat absensi tak terhitung, maka hal tersebut akan memengaruhi perhitungangan fee atau gaji karyawan di akhir bulan.

Nah, agar pembangian gaji atau fee tetap adil serta  karyawan juga tetap mudah mengajukan absensi, caranya dengan menggunakan teknologi cloud. Fitur absensi mobile yang ada dapat membantu para karyawan untuk absen secara online.

Karyawan bisa dengan mudah memasukkan absen secara langsung kapanpun dan dimanapun. Caranya cukup melalui fitur check-in dan juga check-out dari smartphone milikmu, karyawan sudah bisa beraktivitas nyaman tanpa perlu khawatir absensi hilang. 

Dengan list absensi yang terjamin ini, urusan payroll juga akan menjadi lebih mudah. Perusahaan juga tak akan kesusahan dalam mengurus penghitungan gaji atau fee, karena dengan adanya cloud computing, berbagai urusan administrasi yang berkaitan dengan database sudah tersimpan secara otomatis.

Penyimpanan serta pengelolaan database yang komprehensif ini akan lebih memudahkan divisi HR (Human Resources) dalam melakukan penghitungan gaji atau fee bulanan yang mana di dalamnya sudah dilengkapi gaji pokok, bonus, tunjangan kerja, transportasi, uang makan, BPJS hingga PPH (pemotongan Pajak Penghasilan 21).

Melalui fitur Payroll ini, proses penghitungan gaji juga bisa dilakukan dengan teliti dan cermat, karena sudah dilengkapi dengan berbagai rincian perhitungan transparan untuk para karyawan yang nantinya akan muncul pada slip gaji.

Disamping itu, slip gaji karyawan pun bisa diakses dengan menggunakan fitur My Payslip. Akses slip gaji karyawan per bulan bisa dilihat secara online melalui ponsel. Para Karyawan akan mengetahui berapa gaji pokok yang diterima.

Tekonologi ini sudah dilengkapi password serta akses fingerprint (iOS). Sehingga data gaji maupun slip gaji masing-masing karyawan pun terjamin aman.

Teknologi ini benar-benar memberikan keringanan untuk para perusahaan dan juga HR dalam proses penghitungan gaji para karyawan. Selain itu,  tekonologi ini juga membantu para karyawan agar terhindar dari problem penundaan pembayaran gaji bulanan.

4. Lebih Mudah Mengajukan Cuti

Satu lagi manfaat cloud di tengah pandemi covid-19 bagi para karyawan dan perushaan. Teknologi ini memudahkan para karyawan yang ingin mengajukan izin sakit atau cuti dari rumah.

Jadi, para karyawan tidak perlu datang langsung ke kantor untuk betemu divisi HR, karena selama WFH, izin sakit atau cuti bisa dilakukan menggunakan teknologi cloud.

Bagi para karyawan yang ingin mengambil cuti, teknologi ini juga memberikan kemudahan pada para karyawan dengan adanya fitur Time Off yang sudah dilengkapi dengan beragam jenis pengajuan, seperti annual leave, izin sakit, work from home, cuti menikah, ataupun melahirkan.

Selain itu, teknologi ini juga akan menginformasikan kepada para karyawan berapa hari waktu cuti yang masih tersisa, sehingga karyawan tak perlu menunggu info detailnya dari HR.

Baca Juga: Merubah Karakter Dengan Teknologi Audio Brainwave

Untuk pengajuan cuti serta jenis Time Off yang diberikan, karyawan tinggal memilih jenis cuti, memilih bulan serta tanggal cuti yang karyawan inginkan, setelah itu tinggal menunggu persetujuan dari HR yang akan bisa diketahui langsung dari teknologi cloud.

Pemotongan hari saat cuti ataupun saat sakit yang diambil karyawan akan langsung terintegrasi dengan payroll, kemudian akan didistribusikan pada akhir bulan. Begitu juga jumlah absensi yang masuk, sehingga proses perhitungan gaji bisa diproses secara tepat juga akurat.

Demikian informasi mengenai manfaat teknologi cloud bagi perusahaan di tengah wabah covid-19. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *