Inilah Cara Mempercepat Download di Android tanpa Aplikasi

Diposting pada

GooBiMedia.Com – Saat ini penggunaan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam hidup melihat tips mempercepat download internet sangat penting. Kemudahan dalam menghubungkan dunia hanya dalam satu genggaman smartphone dengan adanya internet. Bagi para pekerja yang selalu butuh akses internet agar tetap bisa online pasti bingung rasanya jika sudah tidak ada internet.

Mulai dari bidang pendidikan, hukum, militer dan lainnya apapun saat ini semuanya membutuhkan akses internet. Dengan adanya internet ini semua media pembelajaran akan semakin mudah dan interaktif. Sekarang hampir rata rata membutuhkan akses internet yang tidak hanya sebagai hiburan misalnya game atau video.

Baca Juga : Cara (Ubah) Convert Gambar jpg ke Word Agar bisa diedit

Namun ketika kita ingin memuat situs Youtube dimana situs ini membutuhkan akses internet yang cepat untuk dapat melihat streaming video dengan lancar. Apa jadinya jika internet yang kita pakai lambat dalam memuat situs Youtube tersebut.

Berikut ini beberapa cara untuk mempercepat data seluler anda : Tutorial ini cocok dan juga bisa digunakan pada seluruh smarthpone apapun merknya mulai dari VIVO, Samsung, Oppo, Huawei, Xiaomi, Advan, dan lain-lainnya.

Pada artikel ini akan membahas tentang :

Inilah Cara Mempercepat Download di Android tanpa Aplikasi

Cara mempercepat download di Android tanpa pakai aplikasi

1. Periksa Cache Android anda.

JIka anda mengalami kecepatan download yang menurun anda bisa menghapus cache yang ada pada aplikasi browser android anda. Seringkali, terjadinya kecepatan internet menurun di android adalah terlalu banyak cache yang tersimpan di memori cache android anda yang berasal dari hasil browsing dan download. Oleh karena itu pengguna harus menghapus cache pada android secara berkala agar memori cache memiliki banyak ruang bebas.

Anda bisa menghapus file cache ini pada browser chrome atau browser lainnya yang digunakan. Misalnya pada chrome ini terdapat fitur untuk menghapus data cache sekaligus history browsing dan cookie. Untuk menghapus cache nya sendiri cukup mudah tinggal anda buka menu di pojok kanan browser chrome android lalu klik setting dan pilih hapus data dan history.

Tinggal anda pilih bagian mana yang anda ingin hapus karena disini kaliang akan menghapus cache maka kita harus centang pada pilihan Cache selebihnya anda bisa tentukan sendiri. Cara lain untuk menghapus cache android untuk mempercepat download adalah dengan membuka menu pengaturan lalu buka menu aplikasi dan cari aplikasi browser chrome lalu pilih hapus cahce.

Cara ini bisa anda gunakan untuk berbagai macam browser lainnya selaing google chrome.

2. Copot Aplikasi yang tidak diperlukan.

Jika anda tidah tahu cara mempercepat download di android tanpa aplikasi anda bisa menghapus atau mencopot aplikasi aplikasi yang tidak berguna anda bisa analisis terlebih dahulu mana aplikasi yang benar benar tidak dibutuhkan. Setelah itu lakukan pencopotan aplikasi android.

Kehadiran aplikasi aplikasi yang berguna di android smartphone cenderung akan membuat menurunya kinerja ponsel dalam hal kecepatan downloadnya dan koneksi internet. Oleh karena itu anda perlu menghapus beberapa atau semua aplikasi yang tidak digunakan itu dari android kalian. Setelah melakukan cara ini anda sudah bisa membuat ruang bebas android lebih banyak dan selanjutnya anda bisa melakukan restart / membrsihkan cache dengan cara sebelumnya. Proses ini bisa membantu untuk mempercepat koneksi internet anda selanjutnya.

Untuk mencopot aplikasi tidak perlu anda bisa masuk menu pengaturan >> Menu aplikasi >> Pilih aplikasi dan lakukan copot pemasangan. Untuk lebih cepatnya seperti di HP VIVO anda bisa lakukan dengan cara tekan lama icon aplikasi lalu seret ke menu copot pemasangan yang ada di bagian atas.

3. Gunakan Internet Jam Malam.

Mempercepat proses download di android pada jam malam adalah solusi yang tepat dan efektif. Karena pada kondisi malam hari cukup baik untuk mendapatkan kecepatan download yang tinggi, dengan kondisi pengguna internet yang cukup sedikit penggunanya di malam hari anda bisa mendapatkan kecepatan download tinggi untuk mendownload file.

Tertuama pada jam 00.00 – 06.00 adalah jam jam terbaik untuk meningkatkan kecepatan download file silahkan anda gunakan waktu tersebut untuk mendownload sebuah file. Ketika jam malam tersebut semakin lewat siang kecepatan internet otomatis menurun melihat kondisi saat siang semakin banyak pengguna yang mengakses internet.

JIka anda pengguna data seluler dari simcard gunakan paket malam saran dari admin. Kenapa ? Paket malam rata rata dari semua provider memiliki harga yang cukup murah dibandingkan paket 24Jam walau begitu murah akses internetnya juga dibatasi bisa antara jam 00.00 – 06.00 atau bisa juga dari jam 00.00 – 09.00 semua tergantung pada pilihan paket malam yang disediakan oleh operator yang anda gunakan. Contoh operator / provider data seluler (telkomsel, tri, indosat, smartfren, axis dan lainya)

Baca Juga : Inilah Fungsi & Fitur Aplikasi Filmora GO + Cara Download

Bagaimana informasi diatas apakah membantu teman teman semua tentang Cara mempercepat download di android tanpa aplikasi ini. Cara atau tips tips diatas bisa anda jadi rujukan untuk meningkatkan kecepatan proses download tergantung pada koneksi apa yang anda gunakan dari data seluler atau dari Wifi semua tipsnya lengkat diatas.

Jangan lupa lihat artikel menarik seputar tutorial dan tips keren lainnya yang bisa anda coba secara langsung di ponsel android atau iphone anda cek seluruh artikelnya di GooBiMedia.Com terima kasih sudah berkunjung.

Apakah Anda ada pertanyaan ?

Atau mungkin ada poin yang saya lewatkan ?

Silahkan tuliskan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *