Mengecilkan (Kompres) Ukuran (Size) Foto Atau Gambar Sampai 90%

By | Desember 8, 2020
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Atau Gambar Sampai 90% (Beserta Gambar)

GooBiMedia – Gambar atau Foto merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bersosial media. Gambar dan Foto juga penting untuk kebutuhan multimedia, contoh berfoto, editing foto, vector, desain grafis, dan lain sebagainya.

Namun pernah tidak anda menjumpai gambar atau foto yang memiliki ukuran (Size) yang sangat besar bisa sampai 2-8 Mb untuk satu foto. Itu sangat besar sekali untuk satu jenis foto, biasanya satu foto itu memilik ukuran normal antart 128Kb sampai 1 Mb paling besar.

Jika anda memiliki foto yang ukurannya di atas 2-8 Mb itu akan menjadi sebuah kendala salah satunya adalah jika anda ingin meupload nya di seocial media, platform sosmed itu akan menolak foto yang anda miliki karena ukurannya di atas rata-rata. Namun tenang saja kali ini GooBiMedia akan memberikan solusi tentang masalah itu.

Baca Juga: Menghapus Background Foto Di Android Secara Otomatis (Beserta Gambar)

Mengecilkan/Kompres Ukuran Foto atau Gambar (JPG,JPEG,PNG) Sampai 90% Dari Ukuran Aslinya, Tanpa Mengurangi Kualitasnya.

Di sini admin akan memberikan 2 metode untuk mengecilkan size foto atau gambar. Cara pertama adalah dengan menggunakan Softwere Caesium dan cara kedua menggunakan Website www.img2go.com. Oke mari kita mulai tutorialnya, di sini admin memberikan panduan gambar supaya anda lebih mengerti proses langkah-langkah nantinya.

Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium

Cara ini adalah cara yang paling Admin rekomendasikan, karena hasil dari foto yang di kecil kan itu 80% sampai 90% tanpa mengurangi kualitas foto dan gambar tersebut. Cara ini hanya bisa di gunakan di PC/Laptop.

  1. Pertama Download dan Install softwere Caesium, download dengan link berikut ini Download Caesium Direct.
  1. Setelah selesai menginstall nya, buka Softwere Caesium anda, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.
Mengecilkan Ukuran Size Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium 1
  1. Setelah pilih gambar yang akan di kecilkan dengan cara, pilih menu “File” lalu akan muncul beberapa pilihan, kemudian pilih “Add Pictures” untuk memilih gambar di file explorer kalian. Lebih lengkap nya silahkan lihat panduan di bawah ini.
Mengecilkan Ukuran Size Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium 2
  1. Setelah selesai memilih foto atau gambar tadi, file foto akan mucul di tengah kotak di sini terdapat informasi Size (Ukuran), Resoultion (Resolusi), dan sebagianya. Lalu anda ke Output Folder pilih direktori mana tempat menyimpan hasil foto yang sudah di kecilkan nantinya. Lebih jelasnya anda ikuti panduan di bawah ini, sudah admin beri tanda panah untuk memudahkan anda.
Mengecilkan Ukuran Size Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium 3
  1. Sesudah selesai mesetting langsung klik tombol “Compress” otomatis softwere Caesium akan memproses foto atau gamabar milik anda. Jika sukses mencompress akan mucul tampilan jendela seperti gambar di bawah ini. Ratio persentase compress yang kita lakukan tadi mendapat 92%.
Mengecilkan Ukuran Size Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium 4
  1. Ini adalah hasil seleum dan sesudah di kecilkan menggunakan Softwere Caesium. Hasil nya sangat terlihat sekali sebelum nya foto memiliki ukuran size 2,11 Mb setelah foto di compress menggunakan Softwere Caesium Foto menjadi 180 Kb. Wow sangat Fantastis sekali.
Mengecilkan Ukuran Size Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium 5

Bagaimana mudah bukan Cara Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium. Ini adalah cara yang paling ampuh dan sangat terasa hasil nya. Baiklah kita langsung masuk ke metode ke dua.

Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com

Cara kedua ini sangat simpel yaitu dengan menggunakan website secara online, namun hasil nya sangat kurang memuaskan ketimbang cara yang pertama tadi. Namun tidak apa jika kalian tidak memiliki PC/Laptop cara ini bisa sangat cocok digunakan di HP Android dan IPhone. Oke langsung saja ke tutorialnya.

  1. Pertama buka websit IMG2GO dengan link berikut ini https://www.img2go.com/id/kompres-gambar. Sesudah itu maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com 1
  1. Setelah itu tekan tombol “Pilih File” lalu pilih file foto atau gambar mana yang akan anda akan di Kompres size nya.
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com 2
  1. Setelah memilih file foto atau gambar, website akan mengupload file tersebut. Setelah selesai mengupload. Klik tombol “Mulai” berwarna hijau di kiri bawah, untuk memproses foto tersebut.
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com 3
  1. Di bawah ini adalah proses Mengkonversi file foto atau gambar yang anda masukan tadi, harap tunggu sebentar.
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com 4
  1. Setelah selesai Mengkonversi. File tadi akan berubah ukurannya di sini file yang tadinya 2,11 Mb berubah ukurannya menjadi 681 Kb, mendapat rasio 68,51%. Setelah itu download file foto atau gambar tadi dengan cara klik tombol “Download” berwarna hijau. Seperti tanda panah di bawah ini.
Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com 5

Bagaimana mudah bukan Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Website IMG2GO.com, walaupun hasil nya kurang yaitu 68% dan cara yang pertama mendapat 92% ini menjadi alternatif jika anda tidak memiliki PC atau Laptop di rumah. Anda bisa menggunakan nya di HP kalian dengan mudah.

Baca Juga: Cara Ubah (Convert) JPG Ke Word Agar Bisa Di Edit

Admin lebih merekomendasikan menggunakan metode yang pertama yaitu Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Dan Gambar Menggunakan Softwere Caesium, karena di rasa hasil nya lebih memuaskan dan ada beberapa fitur lengkap yang bisa di pakai. Namun itu semua kembali ke diri anda masing-masing lebih memilih menggunakan yang mana.

Oke itu saja artikel tentang Cara Mengecilkan Ukuran (Size) Foto Atau Gambar Sampai 90% mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya Admin mohon maaf. Selamat berjumpa lagi di artikel berikutnya. Salam sukses bagi kita semua.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *