Command Prompt perintah atau sering di sebut CMD adalah antar muka Windows yang sangat mendasar. CMD adalah sebuah softwere berbasis text untuk menginput perintah-perintah di Windows. Perintah command prompt ini bisa di pergunakan untuk Windows 7, 8, 10, dan 11 untuk mengakses fitur-fitur yang lebih mendalam pada sebuh sistem operasi.

Di artikel kali ini kami akan menyajikan berbagai perintah penting yang harus diketahui setiap pengguna Windows.

Perintah Command Prompt (CMD) Windows yang Harus Anda Ketahui

1. fc

File Compare – Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengidentifikasi perbedaan text antara dua file. Ini sangat berguna bagi penulis maupun mahasiswa yang ingin membandingkan atau menyortir dua file sekaligus. Cukup ketik fc pada CMD kemudian ketik direktori file 1 dan file 2.

Anda juga dapat memperluas perintah dengan cara mengetik /b yaitu membandingkan keluaran biner, /c mengabaikan text ‘tersebut’ dalam perbandingan, /l membandingkan text ASCII.

2. ipconfig

Ipconfig – Perintah ini di gunakan untuk memunculkan alamat IP pada komputer yang sedang di gunakan. Entah itu komputer yang terhubung di router atau jaringan lokal.

Ada bebrapa ekstensi ipconfig yang bisa kalian gunakan seperti ipconfig /release lalu di ikuti oleh ipconfig /renew command ini berguna untuk memaksa PC Windows meminta alamat IP baru.Anda juga dapat menggunakan ipconfig /flushdns untuk memperbaharui DNS di komputer anda. Perintah ipconfig sangat bagus untuk memecahkan masalah yang terjadi pada jaringan windows yang sering terjadi.

3. netstat

Status Net – Memasukan perintah netstat -an akan menampilkan daftar port yang sedang aktif dan alamat IP terkait. Perintah ini juga akan memberi tahu anda status berbagai port.

Ini adalah perintah yang sangat berguna untuk memecahkan masalah pada perangkat yang terhubung ke PC, lalu juga bisa mengidetifikasi ancaman koneksi yang berbahaya pada jaringan anda.

4. ping

Ping – Mengetahui koneksi terhubung atau tidak pada sebuah perangkat jaraingan.

Mengetik ping dan di ikuti alamat ip atau domain web akan mengirimkan serangakain paket data untuk menguji IP dan Domain tersebut bisa atau tidaknya di akses.

5. pathping

PathPing – Ini merupakan perintah CMD ping yang sudah canggih berguna jika ada lebih dari satu router antara komputer dan perangkat yang sedang di uji coba. Dengan menggunakan perintah pathping saja anda bisa menggunakannya.

6. powercfg

Powercfg – Perintah untuk mengelola dan melacak sumber daya / baterai komputer anda. Anda dapat menggunakan perintah powercfg hibernate on dan powercfg hibernate off untuk mesetting hibernasi di komputer. Ada juga perintah powercfg /a untuk melihat status hemat daya yang tersedia di komputer anda.

Satu lagi perintah yang bisa anda gunakan untuk menstabilkan komputer anda dari kondisi sleep dengan mengetikan perintah powercfg /lastwake.

7. shutdown

Shutdown – Dari nama nya kita tahu perintah ini berfungsi untuk mematikan komputer.

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mematikan dan anda juga bisa mendapatakan opsi yang lebih dari fitur shutdown ini. Dengan mengetikan perintah shutdown /r /o akan menampilkan menu Advanced Start Options, di mana anda dapat mengakses Safe Mode dan utilitas pemulihan Windows. Ini berguna jika anda ingin me-restart komputer untuk tujuan pemecahan masalah (safe mode).

8. systeminfo

Informasi Sistem – Perintah syeteminfo dapat memberi gambaran umum rincian tentang komputer anda. Daftar tersebut menyankut sistem operasi dan perangkat keras. Lalu juga ada info tanggal penginstalan Windows, waktu boot terakhir, versi bios, total RAM yang tersedia, kartu jaringan dan masih banyak lagi.

Canggih nya dengan menggunakan perintah systeminfo /s diikuti host komputer di dalam jarinagan lokal, anda dapat mengetahui informasi komputer tersebut dari jarak jauh.

9. sfc

Pemerikasaan File Sistem – Pemindaian dan perbaikan otomatis pada file sistem Windows, dengan cukup menasukan perintah sfc /scannow anda dapat menemukan file yang rusak atau hilang dan akan otomatis menggantinya. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang error pada Windows.

10. taskkill

Mematikan Program – Proses program akan muncul jika perintah tasklist di ketikan. Lalu anda dapat menghentikan program secara paksa menggunakan taskkill -im diikuti dengan nama tugas yang muncul di tasklist.

Itu saja beberapa Perintah Command Prompt (CMD) Windows. Jika ada tambahan nanti akan kami masukan lagi perintah-perintah yang lainnya.

Artikel ini dapat memberi gambaran tentang fitur yang tersembunyi di dalam baris perintah Windows yang lebih mendalam dan patut di pelajari untuk pengguna Windows.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here