Nilai-Nilai Positif Di Balik Anime Naruto

Diposting pada
Perkembangan Dan Nilai-Nilai Positif Di Balik Film Animasi Naruto

Awal kisah Naruto dimulai dari adanya peristiwa besar, yaitu adanya seekor monster rubah ekor sembilan (Kyubi) yang menyerang Konoha. Sedangkan Konoha sendiri adalah sebuah desa shinobi yang letaknya di negara Api. Dengan menyerangnya Kyubi pada desa tersebut, kekacauan dan kehancuran pun mulai dan yang pada akhirnya menjadikan adanya banyak korban berjatuhan. Kejadian ini pun akhirnya membuat salah satu dari mereka turun tangan dan berhasil melenyapkan keberadaan Kyubi dengan menyegel sebagian Chakra Kyubi. Sebagian cakranya disegel pada tubuhnya sendiri dan sebagian yang lain disegel pada tubuh Naruto. Yang berhasil menyegel rubah ekor sembilan itu tak lain adalah Yondaime Hokage (Hokage ke-4). Dia juga dikenal dengan nama Minato Namikaze, ayah dari Naruto. Proses penyegelan itu memang membutuhkan pengorbanan besar, dia harus menggunakan jurus yang mematikan, jurus dewa kematian. Dan resikonya pun sangat besar,  yaitu kematian Hokage ke-4 sendiri.

Animasi Naruto memang begitu terkenal. Selain kisahnya yang menarik dan banyak mengandung kisah yang menegangkan, kisah ini juga dibumbui nilai-nilai kehidupan yang baik. Nilai persahabatan, loyalitas dan semangat. Sehingga tak menjemukan dalam melihatnya. Asal ada tahu, animasi Naturo  itu aslinya diawali dari karya serial manga yang dikreasikan oleh Masashi Kishimoto. Kemudian serial ini diadaptasi ulang dan dikemas kembali menjadi serial Anime. Cerita animasi Manga Naruto terkadang banyak menyorot kisah tokoh utamanya, yang tak lain Naruto Uzumaki. Kisahnya yang menggambarkan dirinya yang  hiperaktif, namun juga periang dan terkadang ambisius. Usahanya untuk mewujudkan mimpinya menjadi ninja terkuat dan menyandang gelar Hokage benar-benar menjadikannya pantang menyerah dan terus berjuang. Meski awal belajarnya diwarnai dengan banyak perjuangan dan proses yang panjang.

Awal kalinya, Manga Naruto diterbitkan di Jepang pada tahun 1999 oleh Shueisha pada edisi ke-43 majalah Shonen Jump. Sedangkan di Indonesia sendiri, penerbit Elex Media Komputindo  yang mulai menerbitkan manga ini. Baru pada perkembangannya kemudian, Studio Pierrot dan Aniplex Serial berhasil menerbitkan anime Naruto. Jaringan TV Tokyo dan jaringan Televisi satelit khusus anime yang menyiarkan secara perdana di Jepang pada 3 Oktober 2002 dan bertahan hingga ini. Barangkali karena begitu diminati, di Indonesia mulai  15 Februari 2007, Naruto ditayangkan oleh TransTV, yang dilanjutkan GlobalTV.

Luar biasanya dari film animasi ini adalah sejak awal launchingnya, ribuan situs web penggemarnya bermunculan. Dengan macam-macam informasi yang berkaitan dengan informasi rinci Naruto, panduan dan bahkan forum internet yang membahas seluk beluk manga ini. Situs-situs ini ada yang terbit dengan versi inggris maupun Indonesia. Betapa hal ini menunjukkan bagaimana luar biasanya film animasi Naruto. Sebagaimana kami sebutkan sebelumnya,  di samping banyaknya kisah yang mewarnai animasi Naruto ini, ada banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan dari sana. Apa saja pelajaran yang bisa kita petik dari animasi ini. Beberapa di antaranya adalah ajaran dan nilai yang mengajarkan kita untuk menjaga kasih sayang yang tulus, berusaha untuk jujur dan yakin serta percaya pada diri sendiri. Nilai agar kita mau berjuang mempertahankan persahabatan dan perdamaian. Juga nilai yang menggambarkan rasa bangga akan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi. Nilai-nilai patriotisme yang kental dan nilai yang menggambarkan pentingnya kerja sama dengan tim, sikap saling menghargai dan menghormati, dan menolong sesama. Dan pula, ada nilai-nilai yang mengajarkan untuk mendahulukan kepentingan umum dalam hal kebenaran.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *