Pesona Objek Wisata Wakatobi Yang Sungguh Mengagumkan

By | November 18, 2020

GooBiMedia.com – Wakatobi – Liburan dan menjelajahi destinasi wisata yang menawarkan pesona alam indah nan menyegarkan bisa jadi salah satu solusi ampuh untuk menyurutkan penat dan stress.

Kamu mungkin sering diserang rasa penat karena setiap harinya kerap melaukan kegiatan yang selalu sama. Belum lagi dengan deadline pekerjaan yang terus menghantui setiap waktu sehingga menambah kadar penat dan stres. Stamina terkuras, tubuh pun drop.

Disaat kamu sedang dilanda penat dan stres, sebenarnya kamu tidak perlu mengonsumi obat penenang dari dokter, karena kamu cukup menggunakan obat alami yaitu dengan istirahat sejenak lalu berlibut.

Ya, berlibur. Melepaskan sejanak beban pekerjaan, menikmati pemandangan alam yang menyegarkan, melihat suasana baru yang penuh dengan aura menenangkan. Hal tersebut dipercaya ampuh untuk mengembalikan mood menjadi baik.

Sebuah penelitan juga menyampaikan bahwa liburan mampu meredakan tekanan-tekanan yang membuat stres. Sedangkan stres adalah pangkal dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, semparkanlah waktu untuk berlibur.

Jika kamu sedang butuh destinasi berlibur dengan pemandangan alam menyegarkan dan suasana yang nyaman untuk merelaksasikan badan dan pikiran, Wakatobi bisa menjadi pilihan terbaik untuk destinasi liburan.

Baca Juga: 6 Wisata Di Garut Yang Sungguh Fotogenik

Hal-hal Memukau yang Bisa Kamu Jumpai di Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan destinasi liburan yang ada di kawasan Sulawesi Tenggara. Salah satu Taman Nasional terbesar tanah air dengan luas mencapai 1,390.000 Hal ini menawarkan pesona bawah laut yang begitu epik.

Bergam biota laut bisa kamu jumpai di Taman Nasional Wakatobi. Tempat ini juga dimanfaatkan sebagai pusat untuk penilitian bawah laut internasional

Karena keindahan bawah lautnya yang masih sangat alami dan juga karakter air yang bening dan jernih, kawasan ini juga  kerap dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk snorkeling maupun diving.

Berada di Taman Nasional Wakatobi, kamu akan dimanjakan oleh gugusan terumbu karang disepanjang garis pantai. Pada sejumlah titik, akan ditemukan juga gua bawah laut yang menjadi hunia terumbu karang.

Selain terumbu karang, Wakatobi juga dikenal dengan biota lautnya yang begitu beragam nan menawan yang siap memanjakan para pengunjung. Setidak ada ratusan spesies ikan hias yang lucu bisa dijumpai disini. Bukan hanya itu, ada juga juga penyu hingga burung laut di kawasan ini.

Penduduk Wakatobi sendiri sebagian besar adalah Suku Bajau. Suku ini dikenal sebagai manusia perahu yang berada di wilayah Asia Tenggara. Suku ini sudah berlayar dengan cara tradisional ke  seluruh penjuru Pulau Sulawesi, Kepulauan Sulu, Johor,  dan Singapura.

Perlu kamu ketahui, nama “Wakatobi” ini diambil dari gabungan nama-nama pulau yang terdapat di kawasan tersebut, yakni Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, serta Binongko.

Betapa indah dan epiknya Taman Nasional Wakatobi ini. Karena keindahan dan keepikannya ini, Wakatobi pun dinobatkan sebagai salah satu destinasi yang masuk dalam daftar 10 New Bali oleh Kemenpar (Kementrian Pariwisata).

Buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di objek wisata Wakatobi, berikut ini hal-hal menarik yang tak boleh terlewatkan. Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Pulau Wangi-wangi

Pulau Wangi-wangi Wakatobi
Foto: Google Maps/Hüseyin DOĞAN

Hal-hal menarik di Wakatobi yang tidak boleh sampai terlewatkan yaitu pesona Pulau Wangi-wangi. Pulau ini merupakan gerbang masuk kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Di pulau Wangi-wangi ini, setidaknya ada 9 mata air bersumber dari gua yang bisa kamu jumpai disini. Mata air yang paling populer yaitu mata air Kontamale.

Selain dianugrahi mata air yang melimpah, disni juga terdapat mercusuar sisa peninggalan Belanda yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Adapun penginggalan sejarah lainnya yaitu: Benteng Mandati Tonga, Keraton Liya, Benteng Liya, dan Benteng Togo Molen.

Pulau ini juga menawarkan spot underwater yang memukau yang rekomended untuk para pecinta snorkeling maupun diving. Jika kamu tak membawa alat menyelam, disini sudah tersedia fasilitas untuk menyelam.

2. Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa Wakatobi
Foto: Google Maps/Andrika Permatasari

Hal-hal memukau berikutnya yang juga tak boleh sampai terlewatkan saat berkunjug ke Wakatobi yaitu Pulau Kaledupa. Lokasinya berada di seletan Pulau Wangi-wangi, dan di utara pulau Tomia serta di barat Pulau Hoga.

Pulau ini dikenal dengan kekayaan mangrovenya yang masih sangat alami dan keindahan baharinya yang begitu eksotis dengan beragam biota lautnya yang sangat melimpah. Karena pesona bawah lautnya, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk diving maupun snorkeling.

Ada deretan pantai dengan pesona bawah laut yang begitu ciamik, diantaranya yakni; pantai Hoga, Pantai Taduno, Pantai Sombano, dan Pantai Peropa.

Selain menawarkan pesona bawah lautnya, Pulau Kaledupa juga dikenal dengan tradisi dan budayanya yang hingga kini masih terjaga. Pulau Kaledupa juga terdapat bangunan sejarah yaitu benteng Ollo atau benteng Togo.

3. Pulau Tomia

Pulau Tomia Wakatobi
Foto: Google Maps/D Rio

Pulau Tomia merupakan salah satu destinasi wisata yang juga kunjungi di Wakatobi. Kawasan ini menjadi surganya untuk para pecinta laut dan pecandu senja.

Ya, sama seperti dua pulau sebelumnya, pulau Tomia ini juga menawarkan pesona bawah laut yang begitu indah. Pulau ini memiliki koleksi terumbu karang yang melimpah dan terawat. Karakter air di tempat ini sangat jernih. Maka, tak heran bila pulau ini juga sangat cocok untuk spot snorkeling maupun diving

Bukan hanya menawarkan pesona bawah laut, pulau ini juga menawarkan pesona daratan yang begitu instagenik. Mulai dari bebukitannya, lembahnya dan juga savananya yang terhampar luas menambah daya tarik tempat ini. Disini juga terdapat situs sejarah berupa Benteng Patuha.

Saat sore hari, tempat ini akan begitu tampak romantis dengan sunset dan langit mengemasnya yang terpancar ke seluruh sudut pulau Tomia. Duduk di tepi pantai sembari menikmati sore salah satu bius ampuh untuk meluruhkan stres.

4. Pulau Binongko

Pulau Binongko Wakatobi
Foto: Google Maps/anthon derato

Tempat menarik yang harus kamu kunjungi juga di Taman Nasional Wakatobi yaitu Pulau Binongko. Pulau yang juga dikenal dengan nama Kepulauan Tukan Besi ini berada di ujung selatan Wakatobi.

Pulau ini juga menawarkan pemandagan yang begitu menawan. Mulai dari jajaran tebingnya yang menglilingi pulau, hamparan pasir putihnya yang terhampar luas, spot underwaternya yang ciamik dan kawasan hutan mangrovenya yang menambah keeksotisan pulau ini.

Bagi para pecinta snorkeling maupun diving, pulau ini jangan sampai kamu lewatkan. Aneka macam biota laut dengan karakter air yang jernih akan menjadi pemandangan segar selama kamu berada di pulau ini.

Tempat ini juga salau satu tempat yang menyajikan pesona sunset yang menawan, tepatnya di kawasan Pantai One Melangka. Pantai ini merupakan pantai dengan pasir putih terpanjang di kawasan pulau Binongko.

Uniknya lagi, disini juga terdapat tarian khas yang bernama Tari Balumpa yang mana penarinya adalah penduduk setempat. Tarian ini biasanya disajikn saat ada acara besar yang diselenggarakan di Wakatobi. Tarian ini pun secara khusus disajikan untuk para pengunjung yang datang ke Wakatobi.

Baca Juga: 6 Wisata di Bogor yang Harus Kamu Kunjungi

Taman Nasional Wakatobi menawarkan keindahan yang sayang banget untuk dilewatkan. Yuk mari agendakan liburan ke Taman Nasional Wakatobi bersama partner trip terbaik kamu. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *