Ternyata Gadget Memiliki Dampak Negatif Bagi Penggunanya

By | September 17, 2019

Perkembangan teknologi saat ini juga memiliki dampak negatif gadget pada perkembangan gadget smartphone. Kamu pastinya mengalami perubahan tersebut. Jika dulu sel hanya sebatas memberikan fitur untuk SMS maupun telepon, ini kamu bisa menikmati berbagai fitur layanan penggunaan internet. Seperti pada penggunaan untuk sosial media, game online, dan beragam aplikasi lainnya.

Ternyata Gadget Memiliki Dampak Negatif Bagi Penggunanya

Bahkan kini kita tidak bisa menganggap bahwa gadget adalah barang mewah. Tidak hanya orang dewasa yang telah memiliki alat ini namun anak kecil pun kini sudah memiliki smartphone khusus mereka. Apalagi harga smartphone yang kian murah juga menjadi siapapun bisa menikmati layanan canggihnya. Tak terkecuali untuk masyarakat di kelas menengah ke bawah.

Dampak Negatif Penggunaan Gadget yang Dinilai Cukup Berbahaya Bagi Penggunanya

Kini smartphone juga menjadi sarana yang cukup penting dalam menunjang kemudahan pada aktivitas sehari hari. Namun faktanya dibalik berbagai manfaat serta kemudahan yang diperoleh, smartphone juga memiliki beragam dampak negatif gadget bagi para user. Misalnya seperti dampak dampak yang mengganggu fisik maupun psikis seperti di bawah ini.

Otak bisa menjadi malas berpikir

Karena memiliki dampak yang bisa memudahkan segala aktivitas, tentunya hal ini akan menurunkan kinerja otak penggunanya. Bahkan parahnya pada penggunaan yang sudah over hal ini bisa menyebabkan otak menjadi rusak. Pada penggunaannya seperti aplikasi kalkulator, pemasangan jam alarm, dan sebagainya.

Penglihatan Terganggu

Terganggunya penglihatan akibat dampak negatif gadget di dunia medis biasa dikenal dengan CVS ataupun computer Vision syndrome. Sindrom tersebut biasa diakibatkan terlalu seringnya mata terpapar oleh sinar pada layar.

Resiko terpapar radiasi ponsel

Sudah bukan hal asing lagi, jika ponsel bisa memberikan radiasi terlebih lagi pada anak kecil. Apa lagi radiasi yang memancar bisa saja mengganggu dan juga berbahaya bagi kesehatan serta perkembangan sistem saraf.

Berakibat pada kecanduan

Permasalahan ini tentunya akan cukup mengganggu. Apalagi banyak dari fitur fitur smartphone yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan. Misalnya saja dalam hobi memainkan game online. Kecanduan akibat dampak negatif gadget sendiri pun ternyata cukup beragam, seperti menjadi anti sosial, depresi, gmpang emosi, prestasi yang menurun, dll.

Keterlambatan dalam memahami pelajaran

Karena terlalu seringnya memakai ponsel, otak akan bekerja lebih lambat. Hal ini dikarenakan otak telah terbiasa untuk dimanja dengan pemakaian smartphone.

Adanya resiko pada penyalahgunaan smartphone

Resiko dan dampak negatif gadget ini biasa terjadi pada usia anak anak maupun remaja. Masa masa tersebut mereka belum mengerti dan memiliki pikiran yang masih labil. Sehingga diperlukan pengawasan dari orang tua agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Susah lepas dari gadget

Biasanya efek ini terjadi ketika seseorang telah terbiasa memakai gadget di segala aktivitas. Meski ngga sepenuhnya menjadi kecanduan, namun mereka akan merasa ngga percaya diri ataupun kurang merasa nyaman tanpa adanya gadget.

Menjadi anti sosial

Pengguna smartphone pastinya disuguhi oleh berbagai tawaran menarik pada fitur yang ditawarkan. Hal ini pastinya akan membuat siapapun betah buat berlama lama menatap layar gadget. Akibatnya mereka akan lebih memilih untuk bermain bareng gadget ketimbang bersosialisasi.

Bisa menjauhkan orang terdekat

Nyatanya selain mendekatkan yang jauh, dampak negatif gadget juga bisa menjauhkan yang dekat. Seperti halnya ketika sedang berkumpul bareng keluarga maupun temen temen. Sebagian bisa saja lebih memilih untuk ikut berbaur. Namun terkadang beberapa orang, terlihat lebih asik dengan gadget mereka dan mengesampingkan momen momen berkumpul tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *