Tips Membuat Artikel Yang Menarik Seseorang Untuk Membacanya

By | September 1, 2019

Kamu pasti pernah menulis artikel setidaknya waktu masih duduk di bangku sekolah. Bagi sebagian orang, membuat artikel tidaklah semudah yanng dipikirkan. Namun nyatanya, kamu bisa membuat artikel dengan mudah jika mengetahui triknya. Karena sebenarnya, dalam menulis artikel tidaklah sesulit yang kamu bayangkan.

Hal itu tergantung juga pada jenis artikel yang kamu buat. Misalnya saja menulis artikel narasi, artikel eksposisi, artikel Persuasi, artikel Deskripsi, dan juga artikel argumentasi. Setiap jenis artikel tersebut, tentunya memiliki kesulitan tersendiri dalam penulisannya.  Sehingga diperlukan adanya keyword dalam pedoman penulisan.

Tutorial Membuat Artikel untuk Menarik Minat Pembaca

Dalam menulis artikel, kamu pastinya ingin membuat pembaca tertarik dengan tulisanmu. Serta isi yang terkandung di dalamnya bisa sampai ke pembaca. Sehingga kamu dituntut untuk bisa membuat artikel yang menarik serta unik. Lalu bagaimana cara nulis artikel yang keren bagi para pembacanya? Kamu bisa menyimak tutorial cara menulis artikel keren di bawah ini.

Tips Membuat Artikel Yang Menarik Seseorang Untuk Membacanya
  • Menentukan tema dari artikel yang akan kamu tulis. Kamu harus menentukan tema yang spesifik sehingga pembaca menjadi tertarik.
  • Jangan lupa untuk menetapkan tujuan kamu dalam menulis artikel Karena beberapa artikel memerlukan suatu tujuan yang diharapkan bisa didapatkan oleh pembacanya. Misalnya saja artikel yang berjenis deskripsi maupun narasi.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa mulai untuk merumuskan ide pokok maupun gagasan. Kamu bisa mencari gagasan dengan merumuskannya ke dalam beberapa pertanyaan.
  • Mengembangkan tema melalui adanya ide gagasan yang telah kamu buat di setiap paragraf. Dengan dibuatnya ide pokok akan membantu kamu dalam pengembangan poin. Namun setiap artikel tentunya memiliki penempatan ide pokok yang berbeda, bisa di setiap paragraf ataupun di beberapa bagian seperti awal dan akhir paragraf.
  • Dan yang juga tak kalah pentingnya yakni membuat kesimpulan atas tulisan yang telah kamu buat. Membuat kesimpulan bisa kamu kerjakan dengan sangat mudah. Kamu hanya tinggal merangkum isi dari tiap poin penting yang telah buat. Tentunya, kesimpulan bisa kamu buat jika selama proses penulisan artikel kamu telah menulis secara berurutan dan dengan alur yang tepat, mulai dari pembuka, isi, serta penutup artikel.
  • Dalam menulis artikel , kamu bisa mempersingkat jumlah baris disetiap paragraf. Karena pembaca akan cepat merasa bosan membaca tulisan dengan tampilan yang terlihat penuh. Apalagi saat ini target pembaca tak hanya membaca melalui  PC atau laptop, namun juga melalui HP smartphone.

Tutorial penulisan di atas merupakan langkah membuat tulisan secara umum. Untuk spesifik cara menulis artikel , kamu bisa mulia mempelajari masing masing jenis artikel. Karena tiap artikel memiliki cara penulisan yang berbeda beda, terlebih dengan tujuan serta penempatan ide pokok yang berbeda pula.

Selain itu, perlu kamu perhatikan bahwa dalam menulis artikel , haruslah dilandasi tujuan untuk menghibur maupun memberikan edukasi buat para pembacanya. Dengan begitu, kamu tidak akan asal asalan dalam membuat konten yang bisa merugikan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *