Tips Mencari Dan Mengetahui Supplier Dengan Yang Terbaik Kriteria Terbaik

Diposting pada

Jika anda seorang dropshipper maka wajib bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa supplier tersebut bisa dipercaya dan bisa membuat bisnis dropship Kita maju. Ini karena, supplier menjadi sumber barang sekaligus jualan yang ingin kita kerjakan di toko online atau marketplace. Jika mereka Ternyata bukan Supplier yang bisa dipercaya tentunya ini bisa akan berdampak buruk pada bisnis dropship kita, kepercayaan pelanggan pun menjadi berkurang sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh misalnya, suatu saat kita mendapatkan pesanan kaos dari pelanggan. Kemudian kita pun meneruskannya kepada supplier yang kita percaya tentunya, jika supplier yang kita percaya tidak menuliskan nama kita sebagai pengirim, justru menuliskan nama toko mereka, tentu ini akan menjadi masalah yang serius antara kita dengan pelanggan. Bagaimana bisa seorang penjual menuliskan nama yang berbeda dengan nama toko yang melayani. Kasus semacam ini seringkali terjadi supplier yang di ambilnya bukankah supplier yang bisa dipercaya.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Bagi Anda Yang Ingin Memulainya

Tips Mencari Dan Mengetahui Supplier Dengan Yang Terbaik Kriteria Terbaik

Lebih parahnya lagi, kasus yang sering terjadi juga adalah barang yang dikirimkan barang yang dipesan berbeda. Baik dari sisi harga di sisi barangnya. Dan ini pun akan memicu masalah antara penjual dan pembeli, sedangkan posisi kita sebagai seorang dropshipper yang bisa dibilang tidak selalu ready barangnya, benar-benar akan menjadi masalah serius yang harus segera diselesaikan. Maka dari itu, perlu dan sangat penting kita mengetahui tips-tips mencari supplier dengan kriteria terbaik. Tentunya ini demi menjamin kaulitas pelayanan dan menjaga kepercayaan pelanggan kita.

Ciri yang pertama yang harus diketahui adalah mereka pasti mencantumkan nama dan nomor HP yang jelas.

Ini menjadi indikator yang paling mudah untuk diketahui seorang dropshipper. Toko-toko yang bertanggung jawab biasanya mencantumkan nama toko mereka dan juga nomor HP yang mudah dihubungi. Jika anda mendapatkan nomor yang mungkin berbeda satu satu dengan yang lainnya bahkan mungkin non aktif atau sering gonta-ganti enggak bisa dibilang kredibilitas dari supplier ini perlu dipertanyakan. Kecuali mereka mungkin menggantinya dalam durasi waktu yang wajar dan bisa dimengerti alasannya.

Ciri berikutnya adalah menerima return barang.

Adalah hal yang wajar dan mungkin sekali seorang toko suatu saat mengirimkan barang kemudian mengalami kerusakan di dalam perjalanan atau pengirimannya. Jika kemudian supplier suatu saat mengirimkan barang namun mereka dalam kondisi apapun tidak menerima retur barang, ada kemungkinan mereka ada unsur penipuan. Sebab, bagaimanapun kondisinya jika memang mereka bertanggung jawab tentu saja mereka akan menerima retur barang jika barang tersebut memang benar-benar rusak dalam perjalanan. Dari sini kita mengerti, bila supplier itu benar-benar bertanggung jawab harga pasti akan menerima retur barang.

Ciri yang ketiga player dengan kriteria terbaik adalah mereka fast respon.

Jika anda berbelanja ke Tokopedia ataupun shopee, tentu anda akan menemukan notifikasi dari Tokopedia sendiri apabila toko ternyata kurang aktif tokonya. Misal mereka tidak login selama kurang lebih 3 hari, 1 minggu atau bahkan satu bulan. Keaktifan mereka login ini menandakan bahwa toko ini ada tanda-tanda mereka kurang aktif atau sedang lesu tokonya, sehingga sangat padat apabila kemudian Tokopedia maupun shopee tidak menganjurkan Anda membeli di toko-toko tersebut karena kekurangannya mereka. Bahkan beberapa fitur yang mereka sediakan menunjukkan adanya interaksi dengan pelanggan, juga dengan kemampuan membalas chat mereka, ini menunjukkan betapa keaktifan mereka juga kredibilitas mereka. Apabila Anda menemukan supplier dengan indikator fast respon yang tinggi, maka anda layak untuk mempertimbangkan dan menjadikannya sebagai supplier anda.

Indikator lain, supplier yang bertanggungjawab dan merupakan terbaik ada berani memberikan garansi produk.

Jika kedapatan produk-produk yang mereka kirimkan mengalami kerusakan, tidak sesuai pesanan, error pengaplikasian, dan lainnya, ayam layer yang bertanggung jawab pasti akan memberikan garansi produk. Bisa dengan menggantinya atau memberi servis khusus untuk barang-barang semacam itu. Atau bahkan di antara mereka ada yang berani memberikan garansi uang kembali jika produk yang mereka buat adalah produk abal-abal atau tidak memiliki kualitas baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *