Cara Meningkatkan Kemampuan Mengingat Segala Sesuatu

Diposting pada
Tips Meningkatan Kemampuan Mengingat Segala Sesuatu

Mengingat – Ada beberapa orang di sekitar kita dengan kemampuan menghafalnya yang luar biasa. Ada yang memiliki kemampuan menghafal nomor, kejadian, wajah dan namanya, kartu dan lainnya. Namun, ngomong-ngomong, menurut Anda, seberapa banyak Anda dapat meningkatkan kemampuan mengingat Anda? Dan ketika anda sudah mengetahuinya, mungkin jawabannya akan mengejutkan Anda.

Dalam otak manusia, setidaknya ada tiga pon (sekitar 1,4 kilogram) mengandung 100 miliar sel otak yang mampu membentuk jaringan koneksi yang begitu luas. Menurutn pakarnya, Karen DeBord, PhD, ada cukup sel otak yang bisa digunakan untuk mempelajari dan mengerti apa saja. Dengan jumlah sebanyak ini, aktifitas mengingat dan menghafal seharusnya tak lagi menjadi masalah. Dan ternyata ada beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan daya ingat kita. Dan berikut adalah tips meningkatan kemampuan mengingat segala sesuatu;

Tips Meningkatan Kemampuan Mengingat

Pertama, Latihlah Otot Pikiran Anda Sesering Mungkin

Jika sebelumnya, Anda pernah mendengar bahwa pikiran Anda seperti halnya otot. Jika otot tidak digunakan, maka ia akan cenderung melemah. Sama halnya seperti otak. Beberapa aktifitas bisa Anda coba gunakan untuk terus melatih otot pikiran Anda supaya berkembang terus. Membuatnya terbiasa berpikir dan mengingat. Ada beberapa kegiatan yang sepertinya baik, namun sebetulnya justru membuat otak kita lemah, dan ini tidak kita sadari, mengandalkan daftar belanja untuk belanjaan Anda, buku telepon untuk nomor telepon Anda, buku harian untuk janji Anda, alarm di ponsel Anda untuk mengingatkan Anda ketika janji Anda, dan lainnya.

Kedua, Makanlah Makanan Yang Cukup Dan Memiliki Kandungan Baik Untuk Otak

Otak itu sama halnya dengan tubuh kita. Membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk mengembangkan dan memenuhi nutrisinya sehingga bisa bekerja dengan baik semua selnya.Terpenuhinya nutrisi ini akan juga berpengaruh pada kinerja sel otak itu sendiri. Maka ada beberapa kasus, mereka yang sedikit pelupa dikasis beberapa nutrisi otak dengan komposisi dan dosis tertentu. Kemampuan ingatannya pun mulai membaik.

Ketiga, Niatkanlah Untuk Mengingat

Akan sangat sulit mengingat sesuai yang tidak diingatkan untuk mengingatnya. Sesuatu yang dianggap penting untuk diingat, akan sangat mudah dikembalikan. Sebaliknya, jika anda tidak mencoba meniatkan untuk mengingatnya, otak akan menganggapnya kurang penting dan dengan sendirinya akan mudah terlupakan. Ini disebakan otak tidak menandai hal itu penting dan pokok. Makanya, biasanya anda akan dengan sendirinya mudah mengingat sesuatu yang anda anggap besar dan penting. Sebaliknya hal yang kecil dan remeh akan cenderung terlupakan dan sulit diingat. Jadi, mulai sekarang niatkan untuk mengingat sesuai yang ingin anda niat.

Keempat, Kurangi Stress Dan Cara Berpikir Yang Kurang Positif

Menghafal membutuhkan motivasi yang kuat dan kondisi pikiran yang jernih. Sehingga mengurangi stress adalah keharusan. Kondisikan pikiran secara lebih positif. Ada dua macam stres yang ada dalam dunia kesehatan, stres yang memliki efek kurang baik bagi kesehatan dan stres yang justru menjadikan kita semakin sehat. Stres yang menjadikan kita justru semakin sehat juga semakin pintar adalah stress yang dibentuk dari pola memaksakan diri, khususnya melalui semangat dan motivasi. Stres dengan model semacam ini akan menyebabkan hormon adrenalin terpompa lebih kuat dan menjadikan kemampuan yang kita miliki teraktualisasi dan akan keluar semuanya.

Demikianlah tips meningkatan kemampuan mengingat segala sesuatu yang bisa Anda coba terapkan dan rasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *