Tips Menulis Buku Dalam Waktu 30 Hari – Bagian #1

Diposting pada

Tips menulis buku kali ini akan menyajikan lebih detil dan spesifik, kita bisa membuat sebuah buku hanya dalam waktu 30 hari. Pada intinya, tips menulis buku dalam 30 hari ini bisa kita terapkan dan benar-benar bisa kita aplikasi-kan, hanya saja yang diperlukan adalah Konsisten. Jika kita konsisten untuk mengikuti tips yang kita tulis di sini, maka menulis buku dalam 30 hari adalah sebuah kenyataan. Yang diperlukan adalah konsisten. Konsisten untuk selalu menerapkan tips-tips ini dan mengikutinya.

Apakah tips ini benar-benar ampuh untuk bisa menulis buku dalam 30 hari? Jawabannya tergantung masing-masing dari kita. Secara Teoritis, tips ini bisa kita terapkan. Namun masing-masing dari kita memiliki hambatan-hambatan yang sebenarnya tidak bisa diprediksi. Namun masing-masing dari kita memiliki fleksibilitas dan kebijaksanaan pribadi, sehingga masing-masing tahu bagaimana menyesuaikan teori dan tips menulis buku dalam 30 hari ini pelaksana dengan baik bagi masing-masing pribadi tersebut. Tentu saja, keadaan satu dengan yang lainnya tidak akan sama. Yang menyamakan adalah konsisten. Konsisten untuk terus menulis dan menghasilkan buku dalam waktu 30 hari.

Bagaimana tips menulis buku dalam tempo 30 hari bagian 1

Pertama harus menentukan jenis buku

Tips yang pertama, adalah kita harus menentukan jenis buku yang apa yang akan kita tulis. Kita tidak akan bisa menulis jika buku yang kita tulis belum jelas bentuk dan formatnya.

Sebuah Keniscayaan, seorang pemahat atau pembuat patung pasti memiliki blueprint dari pahatan atau patung yang ingin dia buat. Blueprint inilah yang kemudian dibentuk menjadi karya yang bagus.

Menulis pun demikian, seorang penulis harus mampu menentukan buku apa yang ingin dia tulis. Apakah itu novel, apakah itu cerpen, apakah itu antologi puisi, ataukah karya tulis lainnya.

Kedua menentukan jumlah halaman

Tips yang kedua, berapa halaman yang inging dia tulis. Apakah 100 halaman, 200 halaman, ataukah 300 halaman lebih? Jumlah halaman yang sudah kita tentukan, kita akan membaginya 30 hari. Karena target kita adalah 30 hari. Sehingga misalnya saat kita memilih 300 halaman, kemudian dibagi 30 hari, maka masing-masing hari tugas kita adalah menuliskan 10 halaman. Karena 10 halaman dikalikan 30 hari adalah 300. Pertanyaannya, Apakah kita sanggup menulis 10 halaman dalam waktu sehari? Jika jawabannya tidak, anda bisa mengurangi jumlahnya. Dan menentukan seberapa pun anda mampu, karena ini adalah target yang disesuaikan dengan kemampuan kita.

Ketiga menuliskan daftar isi buku

Tips yang ketiga, menuliskan daftar isi buku yang ingin kita buat. Mengapa daftar isi? Daftar isi adalah runtutan isi sebuah buku, yang nantinya akan tergambar dengan jelas mulai bab pertama hingga bab terakhir. Dan ketika anda sudah menuliskannya, anda akan mendapatkan gambaran jelas buku akan Anda tulis itu seperti apa. Sebuah blueprint yang menjadi autopilot saat Anda menulis. Inilah tujuan saat kita memiliki daftar isi buku. Jadi sekarang, gambarkan dengan jelas daftar isi buku yang ingin anda tulis. Sedetail mungkin, bahkan sebabnya jika anda perlu menuliskannya. Ini akan sangat membantu anda dalam kegiatan menulis berikutnya. Ada tinggal fokus untuk mencari materi, fokus menulis tanpa perlu berfikir ulang setelah ini menulis apa dan apa.

Oke, tips kali ini akan di lanjutkan pada artikel  berikutnya, Tips Menulis Buku Dalam 30 Hari Bagian #2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *