Tips Serta Manfaat Jogging Di Pagi / Sore Hari Bagi Pemula

By | Januari 5, 2021

GooBiMedia.com – Jogging adalah lari-lari kecil / lari ringan dengan langkah santai dan dilakukan dalam jarak jauh. Jogging di lakukan dengan cara berjalan cepat dengan kecepatan sedang (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat) dan dilakukan dengan jarak tempuh yang jauh agar waktu di lalui lama.

Jogging dapat memberikan efek positif bagi pikiran anda. Tentunya itu akan berdampak mengurangi stress yang menumpuk dan menumbuhkan kepercayaan diri bagi anda. Maka dari itu ayo kita sama-sama melakukan Jogging untuk dapat merasakan manfaat-manfaat positifnya.

Tujuan Jogging adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik seseorang dan keberlangsunggan daya tahan tubuh serta masih banyak lagi manfaat jogging yang akan di bahas dalam artikel kali ini. Mari kita simak di bawah ini.

Baca Juga: Tips Diet Sehat Tanpa Harus Menahan Lapar – GooBiMedia

Tips Untuk Anda (Pemula) Yang Ingin Memulai Jogging Setiap Hari

Berikut ini adalah beberapa tips malakukan Jogging yang benar yang bisa anda terapkan untuk nantinya.

Pakailah Sepatu Lari Dan Pakaian Yang Nyaman

Menggunkan sepetu lari adalah yang sangat di anjurkan untuk Jogging di karenakan guna sepatu tersebut adalah untuk melindungi tulang kaki dari dorongan serta gesekan pada saat anda Jogging supaya kaki anda tidak luka atau lecet.

Pemilihan pakaian yang nyaman juga sangat berpengaruh pada saat anda sedang melakukan Jogging di pagi hari. Serta anda juga harus mencocokan pakaian dari suhu di pagi hari. Pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat adalah outfit yang di rekomendasikan Admin untuk anda yang ingin memulai Jogging.

Tentukan Lokasi, Waktu, Dan Ukur Kecepatan Langkah

Menentukan rute lokasi adalah hal yang penting jika anda pemula di sarankan untuk mencari rute yang tidak terlalu jauh serta nyaman untuk anda, contohnya seperti di taman, lapangan olahraga, kompeks perumahan. Hindari rute yang agaknya tidak licin dan track yang tidak rata. Pastikan rute lokasi yang anda pilih aman untuk anda berlari.

Waktu yang paling cocok untuk melalukan sebuah kegiatan Jogging adalah di pagi dan sore hari. Di karenakan sinar matahari yang tidak terlalu panas pada jam jam tersebut.

Ukur kecepatan langkah untuk menentukan kemajuan saat sedang melakukan Jogging. Anda akan mengetahui progress anda saat anda sedang Jogging. Anda bisa mengetahui nya dengan menggunakan aplikasi smartphone yang bernama adidas Running, anda bisa mendownload nya di Google Play Store atau di App Store.

Persiapkan Tubuh Dengan Pemanasan Dan Rilekskan Badan

Jika anda pemula dan tubuh anda belum bisa menyesuaikan diri untuk Jogging agaknya anda perlu pemanasan untuk mempersiapkan otot-otot supayan menghindari resiko cidera saat anda sedang melakukan Jogging.

Melonggarkan badan, tangan, kaki, bahu, leher agar lebih rileks. Supaya menjaga kekuatan dalam tubuh anda agar tetap stabil dan fit.

Jogging Santai, Atur Napas, dan Jangan Membungkuk

Jika anda sudah siap memulai untuk Jogging perlu anda perhatikan 3 hal dasar ini saat anda ingin melalukan jogging.

  • Pertama lakukan jogging dengan santai dan pelan jika anda terlalu memaksakan tubuh dan kekuatan anda sendri itu akan melukai diri sendiri.
  • Kedua mengatur nafas saat sedang jogging adalah hal yang sangat penting supaya anda tidak mudah lelah.
  • Ketiga saat sedang jogging jangan membungkuk, ini adalah kesalahan yang biasanya pemula lakukan. Membungkuk pada saat jogging akan mudah lelah dan dapat menyebabkan tulang belakang terjadi kerusakan.

Itulah beberapa tips Jogging untuk pemula yang bisa anda terpakan untuk melalukan Jogging pertama anda. Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda melalukan Jogging dengan rutin.

Baca Juga: Tutorial Membuat Menu Harian Sehat Untuk Program Diet Anda – GooBiMedia

Beragam Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat-manfaat berikut ini bisa anda dapatkan jika anda melakukan jogging dengan runtin dan giat setiap harinya.

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Menurunkan berat badan.
  • Dapat menyebabkan tekanan darah tetap stabil.
  • Mencegah penyakit jatung, diabetes, dan storke.
  • Meredakan stress dan mengurangi depersi.
  • Tidur akan lebih nyenyak
  • Mengurangi kolesterol dan menjada kadar gula darah.

Oke itu saja manfaat yang bisa anda dapatkan saat anda melalukan Jogging dengan teratur. Faktanya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang akan anda dapatkan. Namun Admin hanya menyebutkan beberapa saja karena terkendala waktu.

Terimakasih sudah membaca sampai di bagian akhir mudah-mudahan Tips Serta Manfaat Jogging Di Pagi / Sore Hari Bagi Pemula bermanfaat bagi kita semua. Jangan lewatkan artikel tentang kesehatan tubuh yang perlu anda dalami untuk hidup sehat, hanya di website GooBiMedia.com Salam Sukses.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *