Tutorial Lengkap Membuat Toko Online Untuk Jualan Anda

Diposting pada

Sering mendapati banyak web pelapak online saat membuka situs hasil pencarian?

Kamu ingin mencoba untuk berbisnis melalui toko online?

Penasaran bagaimana cara membuat toko online dengan mudah dan ngga ribet buat pemula?

Tutorial Lengkap Membuat Toko Online Untuk Jualan Anda

Membuat toko online tidaklah seribet yang kamu kira. Apalagi kini di internet banyak tips serta panduan dalam membuat toko online. Kamu bisa memilih cara mana yang kamu rasa mudah dan bisa kamu pelajari. Padahal dalam membuat toko online, hanya ada 2 hal yang kamu perlukan, yakni domain dan hosting.

Namun terkadang, beberapa website tersebut ngga menjelaskan secara rinci tutorial pembuatan toko online. Apalagi buat kamu ynag masih awan dalam website dan bahasa pemrograman, tentunya akan sedikit sulit untuk membuatnya. Tapi bukan berarti kesulitan tersebut ngga bisa buat kamu oelajari. Maka dari itu, kamu bisa mempelajari dan mempraktekkan tutorial berikut ini.

Tutorial membuat toko online

Berikut adalah tutorial selengkapnya yang bisa kamu praktekkan buat lapak jualanmu

Langkah pertama

Kamu perlu memesan hosting dan domain buat website toko online kamu. Langkah ini perlu buat dilakukan jika kamu belum memilikinya. Dalam tutorial berikut ini juga akan dibahas secara singkat cara melakukan pemesanan hosting. Yang perlu kamu lakukan adalah,

1. Menginstall wordPress buat toko online mu.

2. Menginstal plug in woo commerce untuk kelengkapan fitur websitemu. Caranya yakni dengan menekan tombol Plugins > Add New > Activate

Langkah kedua

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan dalam membuat toko online adalah melakukan install theme. Kamu harus memilih tema yang memang sengaja didesain untuk toko online. Apalagi saat ini juga banyak tema dan templete yang tersedia secara gratis di internet. Dengan mengubah tampilan tersebut, tentunya tampilan website kamu akan lebih keren dan ngga membosankan buat pengunjung website kamu.

Langkah ketiga

Dalam membuat toko online kamu juga harus men setting isi dari websitemu. Karena bertujuan untuk berjualan, kamu perlu melakukan memberikan deskripsi website yang telah kamu buat. Caranya dengan mengubah deskripsi pada menu Setting> General. Kamu hanya tinggal mengikuti arahan, pada bagian Site Title untuk nama online shop kamu, sedang menu Tagline  untuk mendeskripsikan toko kamu. Setelahnya, kamu hanya perlu menyimpan perubahan tersebut dengan klik pada tombol Save.

Langkah keempat

Men setting toko online yang telah kamu buat merupakan langkah penting agar customer tertarik mengunjungi lapakmu. Langkah yang harus kamu lakukan yakni memasukkan produk jualanmu pada toko online yang baru saja dibuat. Pengaturan bisa kamu buka melalui woo commerce. Dalam pengaturan woo commerce, kamu bisa mencantumkan secara lengkap mengenai alamat toko, jenis barang yang dijual, jenis mata uang, metode pembayaran, hingga besarnya tarif untuk ongkos kirim.

Nah, dalam menambahkan produk jualan di lapak tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan nama dan deskripsi produk, kategori produk, harga, kode barang, berta serta ukuran barang. Dan yang paling penting untuk kamu masukkan adalah foto atau gambar produk. Karena dengan menyertakan foto, consumen akan mengetahui gambar dari produk kamu apakah sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah kelima

Langkah membuat toko online yang cukup penting dan ngga boleh buat kamu lewatkan adalah mengembangkan toko online yang telah kamu buat. Jangan lupa juga sertakan halaman pemesanan, nomor kontak, atau cara pemesanan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *