Tutorial Membuat CV yang Keren untuk Melamar Pekerjaan

By | September 9, 2019

Apakah kamu sedang berencana untuk mencari pekerjaan ataupun ingin pindah dari pekerjaan lama? Terkadang hal ini cukup membingungkan. Apalagi ketika kamu merasa ragu, apakah dapat diterima atau tidak dalam melakukan lamaran pekerjaan. Karena saat ini banyak persaingan dalam melamar kerja. Bahkan terkadang kamu harus rela untuk bersaing dengan para fresh graduate.

Tutorial Membuat CV yang Keren untuk Melamar Pekerjaan

Namun kamu nggak perlu khawatir, pasalnya banyak hal yang bisa membuatmu menjadi calon pekerja yang diprioritaskan. Misalnya saja dengan membuat CV yang menarik. Tentu saja HRD akan lebih mempertimbangkan dibanding calon lain yang memiliki tampilan yang biasa. Memang penampilan nggak menjamin isi. Namun setidaknya dengan membuat CV yang terkesan tidak membosankan, akan membuat HRD menjadi tertarik dan penasaran dengan isi serta kamu

Selain itu jangan lupa untuk melampirkan daftar riwayat hidup dalam CV kamu. Tentunya hal ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besar standar kualitas kamu untuk perusahaan.

Cara Membuat CV yang Menarik Minat HRD

Banyaknya pesaing yang sama-sama ingin melamar pekerjaan, bisa saja membuat kamu gagal sebelum masuk ke tahapan interview. Untuk itu kamu perlu membuat CV yang menarik agar kamu bisa melewati proses penyaringan calon pekerja di tahap awal. Meski bukan alasan utama untuk diterima, setidaknya CV yang bagus bisa membuat kamu terihat antusias dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Meski kamu memiliki pengalaman yang banyak, namun jika CV yang kamu masukkan terlihat biasa dan terkesan monoton, tentu HRD akan mempertimbangkan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan. Dalam membuat CV yang menarik kamu bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.

Melakukan job research pada bidang yang dilamar

Langkah ini sangat diperlukan dalam membuat lamaran pekerjaan. Kamu bisa memasukkan sedikit pengetahuan ataupun posisi yang akan kamu ambil pada lamaran pekerjaan. Dengan begitu HRD akan lebih melirik kamu karena telah mengenal perusahaan serta posisi yang akan kamu ambil. Jangan sampai ketika melamar pekerjaan sama sekali tidak mengetahui jenis perusahaan atau bahkan posisi inginkan.

Mengetahui dan memasukkan isi CV secara umum

Bagi para fresh graduate hal ini masih baru, sehingga Terkadang mereka asal dalam membuat CV bahkan surat lamaran. Padahal CV juga menentukan bisa atau tidaknya kamu untuk lanjut ke tahap seleksi selanjutnya. Dalam membuat CV yang menarik baik perhatikan kelengkapan isi sebagai berikut,

  • Data diri pelamar
  • Foto formal terbaru
  • Pendidikan yang ditempuh, mulai dari jurusan hingga tahun pendidikan
  • Personality ataupun karakter singkat diri kamu
  • Jenis ketrampilan yang kamu miliki
  • Training atau pelatihan yang pernah kamu ikuti selama 2 hingga 3 tahun terakhir
  • Penghargaan yang pernah kamu dapatkan
  • Hobi yang kamu minati
  • Pengalaman kerja yang pernah dijalani, sertakan juga sertifikat kerja
  • Komunitas ataupun klub yang pernah diikuti

Membuat CV yang menarik serta tidak membosankan untuk HRD

Karena ketika kamu melampirkan CV yang membosankan pastinya akan langsung dicoret untuk masuk ke tahap interview. Sehingga kamu perlu memperhatikan tampilan CV agar lolos pada tahap seleksi awal. Selain itu buatlah CV agar enak dibaca serta tidak terlalu ramai dalam desainnya. Selalu perhatikan tampilan layout nya agar tampak rapi, namun terkesan minimalis dan ngga polos.

Dalam membuat CV, kamu bisa memakai template CV di internet. Apalagi saat ini telah tersedia berbagai template gratis ynag bisa kamu download. Pastinya hal itu akan memudahkan kamu dalam membuat CV yang menarik. Kamu bisa memilih berbgaai tampilan CV sesuai dengan keinginanmu dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *