Cara Membuat Foto Gelap Menjadi Lebih Terang Di Android

By | Januari 21, 2021

GooBiMedia – Pernahkah kalian melakukan foto di malam hari dan mendapati hasil foto kalian terlihat gelap karena kurangnya cahaya? Hal itu tentunya akan membuat anda jengkel, terlebih lagi jika hasil foto kalian sebenarnya bagus dan hanya minus karena gelap. Dan parahnya adalah ketika bagian yang gelap berada di area wajah atau di objek foto.

Namun kamu nggak perlu khawatir. Pasalnya dengan perkembangan teknologi, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Apalagi dengan banyaknya aplikasi yang bisa kamu pakai hanya dengan menggunakan ponsel Android.

Oke di kesempatan kali ini Admin akan membahas cara untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang dengan aplikasi Android.

Baca Juga: Mengecilkan (Kompres) Ukuran (Size) Foto Atau Gambar Sampai 90%

Membuat Foto Gelap Menjadi Lebih Terang Menggunakan Aplikasi Picsay Di Android

Dalam mengedit foto untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi kali ini Admin akan membuat tutorial simpel dan mudah untuk di praktekan. Di sini Admin menggunakan Aplikasi Edit foto PicSay Photo Editor yang memiliki ukuran file 2 MB saja. Tapi jangan remehkan aplikasi ini, soalnya aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang tidak kalah lengkap dengan edit foto lainya.

Oke mari kita langsung saja menuju tutorial nya, di sini admin menyertakan gambar langkah-langkahnya supaya anda dapat dengan mudah mempraktekannya. Silahkan di simak.

  1. Mula-mula anda download dan install dulu aplikasi PicSay Photo Editor di Google Play Store atau juga bisa melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shinycore.picsayfree
  1. Setelah itu buka apliksi PicSay Photo Editor yang sudah di download dan di install tadi. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih tombil “Get a Picture” untuk memilih foto yang akan di edit nantinya.
  1. Di sini Admin sudah memilih foto yang akan di edit, disini foto memiliki cahaya yang minim sekali (gelap) jadi akan Admin edit foto ini menjadi lebih terang. Oke di bawah foto ada beberap opsi, kilik “Effect” untuk menambahkan efek pada foto tersebut.
  1. Jika sudah maka akan muncul tampilan menu Effect disini ada banyak yang bisa kalian edit. Namun kita akan fokus ke cara edit foto untuk membuat Foto gelap menjadi lebih terang. Lalu perhatikan tanda panah yang sudah admin beri nomor di samping nya. Di situ ada pilihan Exposure (1), Temperature (2), Saturation (3), dan Brightness (4). Anda akan mengedit semua opsi itu 1-4 secara berututan. Pertama pilih opsi Exposure dulu.
  1. Setelah klik “Exposure” maka akan mucul tampilan seperti berikut ini. Anda tinggal sesuaikan pengaturan nya sesuai dengan keinginan anda. Disini Admin memilih pengaturan Exposure +0,84.
  1. Setelah itu masuk ke bagian menu “Temperature” anda pilih sesuai keinginan anda. Dan Admin menyarankan pada bagian opsi Temperature ini jangan lebih dari +50, karena akan membuat warna foto berubah. Disini Admin memilih opsti standar yaitu Temperature +36.
  1. Masuk kebagian menu “Saturation”. Jika anda ingin menambahkan efek color full pada foto anda. Admin merekomendasikan untuk ke pengaturan Saturation +100. Tapi berhubung Admin tidak terlalu suka melebih-lebihkan warna, Admin pilih pengaturan ke +38 saja.
  1. Sekarang yang terakhir adalah menu “Brightness”, di sini pilihan nya ada dua yaitu menggunakan nya dan tidak menggunakannya sama sekali, tergantung dari foto yang anda edit. Namun berhubung foto yang di edit Admin memerlukan efek dari Brightness ini, Admin memilih pengaturan ke Brightness +16. Admin sarankan jangan melebihi +50 karena itu akan membuat detail dari foto anda berkurang.
  1. Oke sekarang sudah jadi fotonya. Tinggal anda Export foto tersebut dengan cara klik tombol “Export” yang berada di bawah kanan. Contoh tanda panah seperti gambar di bawah ini.
  1. Maka akan mucul beberpa pilihan untuk menyimpan foto tersebut. Jika anda ingin menyimpannya di penyimpanan telpon anda, anda tinggal pilih opsi “Save picture to album”. Ada beberapa pilihan jika anda ingin meupload nya langsung di sosial media seperti Facebook, Instagram, bahkan WhatsApp juga bisa.
  1. Oke setelah proses Export selesai. Foto akan otomatis masuk ke penyimpanan atau galeri anda. Dan gambar di bawah ini adalah hasil perbandingan, sebelum dan sesudah foto tersebut di edit menggunakan aplikasi PicSay Photo Editor di Android.
Hasil Perbandingan Sebelum dan Sesudah Foto Di Edit

Bagaimana hasil nya? sangat berbeda bukan? Di sini kita bisa melihat foto yang sebelum di edit foto tersebut gelap namun sesudah di edit foto tersebut tampak lebih terang dan lebih jelas detail nya.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Keren

Cara di atas pastinya cukup mudah untuk anda pelajari dan praktekkan. Kalian nggak perlu harus cara mengedit melalui komputer atau laptop. Karena aplikasi PicSay Photo Editor ini tersedia untuk perangkat Smartphone Android anda.

Oke itu saja yang bisa admin sampaikan mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika mengalami kendala saat mempraktekkan artikel ini atau sekedar bertanya, anda bisa langsung tulis di kolom komentar. Jika ada waktu Admin akan membalas komentar anda. Sekian dari Admin nantikan artikel tutorial edit foto lainnya hanya di website GooBiMedia.com Salam Sukses.

Author: Smart Admin

Sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Pengalaman orang lain adalah kunci utama dalam melakukan sebuah hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *