Tutorial Membuat Foto Gelap Menjadi Lebih Terang

Diposting pada

Pernahkah kalian melakukan foto di malam hari dan mendapati hasil foto kalian terlihat gelap karena kurangnya cahaya? Hal itu tentunya akan membuat kalian jengkel, terlebih lagi jika hasil foto kalian sebenarnya bagus dan hanya minus karena gelap. Dan parahnya adalah ketika bagian yang gelap berada di area wajah atau di objek foto.

Namun kamu nggak perlu khawatir. Pasalnya dengan perkembangan teknologi, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Apalagi dengan banyaknya aplikasi yang bisa kamu pakai hanya dengan menggunakan ponsel Android. Beberapa aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan seperti Picsay, PicsArt, Picasa, Snapseed, VSCO Cam dan berbagai aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang.

Baca Juga: Tips Membeli Kamera Mirrorless Bekas

Tutorial Membuat Foto Gelap Menjadi Lebih Terang

Tutorial di bawah ini bisa kamu terapkan untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang

Mendapatkan hasil foto yang gelap nyatanya bisa membuat jengkel. Apalagi jika kamu ingin mengeditnya dan ternyata kamu kesulitan untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang. Untuk itu kamu bisa menerapkan tips-tips di bawah ini, yang cukup simpel dan tentunya mudah untuk kamu praktekkan. Kamu ngga perlu cemas harus menggunakan cara yang rumit hanya untuk edit foto. Misalnya dengan penggunaan double layer, ataupun adanya plugin plugin tambahan. Selin itu, kamu juga ngga perlu memakai beragam tools seperti tool tool di toolbox pada aplikasi edit fotomemakai komputer atau laptop.

Dalam mengedit foto untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan.Kamu bisa memakai berbagai itu ataupun fitur fitur yang terdapat di menu bar.  Namun kamu bisa melakukan pencerahan sesuai keinginan, kadang foto yang kamu ambil tidak bisa maksimal karena cahaya yang didapat terlalu minim sehingga pengaruh pada kualitas foto. Selain itu kamu juga harus menyesuaikan editan dengan cahaya. Pasalnya jika foto terlalu gelap, dan kamu memaksa untuk mencerahkannya hasil editan juga akan terlihat kurang sesuai. Hal itu karena pencahayaan jadi tidak seimbang.

Langkah yang perlu diterapkan

Untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang, kamu bisa mempraktekkan cara cara berikut ini.

  1. Kamu bisa memakai aplikasi Photoshop, atau jika belum memilikinya kamu bisa unduh di Play Store.
  2. Nah, langkah pertama yang kamu lakukan yakni membuka program edit foto Photoshop.
  3. Selanjutnya pilihlah tampilan pada menu image, Adjustment, lalu klik pada Level.
  4. Klik Preview kemudian perhatikanlah adanya tiga titik untuk pilihan yang bisa kamu atur Levelnya. Kamu ngga perlu geser kesemua titik tersebut.
  5. Kamu bisa memilih settingan dalam membuat foto gelap menjadi lebih terang. Yakni dengan menggunakan fitur shadow yang bisa membuat dan mengubah warna warna yang gelap menjadi tampak lebih terang. Selain itu fitur Midtone yang bisa kamu manfaatkan jika ingin mengubah tampilan foto menjadi terang maupun gelap dengan cara menyeluruh.
  6. Dan berikutnya yakni fitur Highlight yang bisa kamu gunakan untuk membuat warna terang menjadi tampak lebih gelap. Nah, jika kamu ingin membuat foto gelap menjadi lebih terang, kamu bisa memilih antara menggunakan fitur shadow muupun midtone.
  7. Langkah terakhir yakni tinggal kamu klik OK lalu lihatlah hasil dari foto kamu. Jika dirasa masih kurang, kamu bisa mengeditnya ulang dengan mengikuti kembali cara cara di atas. Kamu bisa menyesuaiknnya sesuai keinginan kamu.
  8. Setelah fix, kamu bisa menyimpan file editan foto dengan cara klik pada menu File – Save As – Lalu pilihlah dengan format JPG – dan klik Save.

Cara di atas pastinya cukup mudah untuk kalian pelajari dan praktekkan. Kalian nggak perlu harus cara mengedit melalui komputer atau laptop. Karena saat ini banyak aplikasi yang coba untuk membuat foto gelap menjadi lebih terang. Namun jika kamu ingin menggunakan Photoshop, ini kamu juga bisa memanfaatkannya dengan mengunduh aplikasi tersebut di Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *