Tutorial Cara Memperbaiki HP Android Yang Lag, Lemot, Macet

Diposting pada

Tutorial Memperbaiki HP yang macet – Para generasi milenial pastinya sudah ngga asing lagi dengan penggunaan smartphone di dalam kesehariannya. Karena kini hampir setiap aspek kehidupan memerlukan adanay sarana HP. Misalnya saja untuk kepentingan pendidikan, pekerjaan atau mungkin hanya sekedar sarana untuk mencari hiburan seperti bermain game.

Namun dibalik manfaat pemakaian smartphone, kamu pastnya pernah mengalami beberapa masalah dalam pengoperasiannya. Misalnya ketika HP error dan menjadi lemot. Permasalahan tersebut, tentunya bukanlah suatu hal yang baru mengingat kinerja HP yang cukup terkuras. Penyebab HP macetpun beragam, mulai dari terjangkitnya virus, ruang penyimpanna yang penuh, dan sebagainya. Sehingga kamu diharuskan memperbaiki HP yang macet agar lancar dalam memakainya.

Tutorial Memperbaiki HP yang macet

Kamu bisa menerapkan cara memperbaiki HP yang macet dengan mengikuti cara di bawah ini.

Memperbaiki HP yang macet bisa kamu atasi dengan mudah tanpa harus membawa HP kamu ke tempat service. Kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini agar HP kamu menjadi normal kembali. Yuk simak caranya!

Hapuslah cache pada ponsel kamu untuk mengurangi ruang penyimpanan

Banyaknya cache pada HP, memungkinkan membuat HP kamu menjadi lemot karena banyaknya file yang memenuhi ruang penyimpanan. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kinerja ponsel yang makin berat. Kamu bisa membersihkan cache sendiri dengan membuka pengaturan.

Langkah selanjutnya, kamu bisa melakukan scanning virus

Langkah ini juga cukup penting buat memperbaiki HP yang macet , terlebih saat kamu kerap melakukan download aplikasi pada toko ilegal. Selain itu juga membuka situs yang beresiko membuat ponsel kamu terserang virus, seperti situs perjudian online, situs dewasa atau pornografi, dll. Langkah ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk membersihkan ponsel. Dalam proses scanning virus, kamu bisa memakai aplikasi anti virus.

Kamu bisa mengupdate layanan sistem android

Salah satu penyebab HP kamu menjadi lemot adalah karena sistem android yang kamu gunakan telah ketinggalan atau kadaluwarsa. Sehingga diperlukan update mengikuti notif dari developer. Karena sistem android yang kadaluwarsa, akan berpengaruh pada kinerja HP dalam mengoperasikan aplikasi.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek aplikasi yang ngga terpakai dan menghapusnya

Terlalu banyak aplikasi pada ponsel akan berpengaruh pada kinerja ponsel dalam menjalankan aplikasi. Karena aplikasi yang banyak akan memberikan tambahan beban pada HP kamu.  Untuk itu kamu memperbaiki HP yang macet bisa memilah milah aplikasi yang jarang kamu pakai dan lakukan uninstall. Kamu bisa membuka pada menu pengelolaan aplikasi dan memilih aplikasi yang akan kamu hapus.

Mengubah wallpaper juga bisa memperbaiki HP yang macet

Wallpaper, ternyata juga berpengaruh dalam pengoperasian HP. Terlebih jika kamu menggunakan live wallpaper. Karena live wallpaper cukup berat dan membebani HP karena memakai RAM yang cukup besar.

Selanjutnya, kamu perlu melakukan pemeriksaan pada memori internal maupun eksternal pada ponsel

Karena jika ponsel kamu memiliki kapasitas memori yang cukup kecil atau tinggal sedikit, akan mengganggu layanan pada ponsel. Apaladi jika kamu memiliki bnayak aplikasi, tentunya HP kamu akan kerap terjadi macet dan juga mengalami panas. Untuk memperbaiki HP yang macet karena masalah ini, kamu bisa melepas memori eksternal dan merestart HP. Atau kamu juga bisa mem format memori ataupun reset pabrik.

Langkah langkah di atas bisa kau coba untuk memperbaiki HP yang macet. Meski tidak seratus persen berhasil, cara ini bisa mengurangi sedikit permasalahan kamu. Namun tentunya, kembali lagi pada spesifikasi serta kualitas HP 2018 yang menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *