Tutorial Mengatasi Virus Smartphone (HP) Secara Total

By | November 25, 2020

GooBiMedia.com – Pernahkah kamu mengalami gangguan pada ponsel akibat serangan virus? Apa saja dampak yang bisa diakibatkan jika ponselmu terserang virus? Kamu penasaran bagaimana cara mengatasi virus yang menginfeksi smartphone secara total?

Serangan virus adalah suatu program yang sengaja dibuat untuk merugikan suatu pihak. Virus berbentuk bad Script yang bisa menginfeksi suatu perangkat dan bisa menimbulkan dampak buruk. Setiap virus pastinya memiliki dampak yang berbeda tergantung dari jenisnya. Untuk menghindari dampak akibat serangan virus, kamu perlu mengatasinya untuk meningkatkan kenyamanan menggunakan ponsel.

Namun sebelum mulai untuk Mengatasi virus yang menginfeksi smartphone secara total, kamu telah mengetahui terlebih dulu apa penyebab dari virus di perangkatmu. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab infeksi virus seperti, mendownload aplikasi dari sumber tidak terpercaya ataupun toko ilegal, membuka situs yang berbahaya, melakukan transfer file, ataupun buka internet internet menggunakan wifi publik.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama

Mengatasi Virus Yang Menginfeksi Smartphone Secara Total Hingga Ke Akarnya

Tutorial Mengatasi Virus Yang Menginfeksi Smartphone Secara Total

Ponsel yang telah terjangkit virus, performanya tentu akan menurun. Karena dampak dari infeksi virus cukup merugikan perangkat. Misalnya saja ponsel menjadi lemot, sering macet, ngehang, muncul banyak iklan yang akan mengganggumu ketika membuka mengoperasikan aplikasi, hingga ponsel mendadak mati.

Dampak dari terjangkitnya virus tentu akan sangat mengganggu. Bahkan beberapa virus juga menyerang sistem maupun data tanpa bisa kamu perbaiki. Untuk itu kamu perlu segera Mengatasi virus yang menginfeksi smartphone secara total, jika di curigai perangkatmu terinfeksi Virus.

Save Mode

Masuklah ke mode safe untuk mengecek aplikasi yang dicurigai pembawa virus.

Akses Admin

Setelah itu hapuslah akses administrator dari aplikasi asing yang dicurigai beresiko.

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Hapuslah semua aplikasi yang dicurigai menjadi penyebab masuknya virus pada perangkat. Karena beberapa aplikasi memang sengaja disusupi virus agar masuk ke. Biasanya aplikasi tersebut berasal dari sumber yang tidak terpercaya ataupun toko ilegal. Aplikasi yang terindikasi virus, biasanya tidak bisa dibuka ataupun sering mengalami lag maupun crash saat dibuka. Setelah selesai kamu bisa keluar dari safe mode atau mode aman.

Pasang Aplikasi Anti virus

Pasanglah aplikasi atau software antivirus yang bisa melakukan scanning virus pada ponsel. Saat ini banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet, mulai dari aplikasi gratis ataupun premium. Misalnya saja aplikasi 360 Security for Android, Avira, dan beragam software antivirus lainnya. Selain untuk scanning, memasang antivirus juga bisa mendeteksi jika ada virus yang menyusupi ponselmu.

Untuk Mengatasi virus yang menginfeksi smartphone secara total, settinglah antivirusmu agar melakukan scanning rutin secara otomatis setiap hari. Karena kita tidak mengetahui kapan virus bisa menginfeksi ponsel.

Reset Ke Pengaturan Awal

Jika memasang antivirus tidak berhasil membuat virus menghilang, kamu bisa mencoba untuk mereset ponsel atau mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Cara ini yang bisa kamu pakai sebagai Langkah terakhir dalam mengatasi virus yang menginfeksi smartphone secara total. Namun dampaknya, kamu akan kehilangan semua file yang ada di perangkat androidmu.

Install Ulang

Jika langkah langkah diatas sudah kamu coba dan virus tetap muncul di ponsel, jalan terakhir yang harus kamu lakukan adalah melakukan install ulang software. Namun seperti mereset ada pengaturan cara membuat file serta data menghilang.

Baca Juga: Tutorial Mengganti Layar HP Yang Rusak

Dan langkah terakhir yang paling penting setelah perangkat bersih dari virus adalah, menghindari penyebab terjangkitnya virus pada ponsel. Cara ini akan menghindarkanmu dari masuknya kembali virus pada perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *