Tutorial Mengganti Layar HP Yang Rusak

By | September 7, 2019

Kehadiran Smartphone saat ini, tentunya membawa berbagai manfaat bagi kehidupan sehari hari. Apalagi kamu sebagi pengguna HP smartphone, pasti ngga asing lagi dengan betapa pentinya teknologi ini. Misalnya saja untuk menonton video, mendenagrkan berita dari lokasi yang jauh bahkan hingga luar negeri, alat untuk media pembelajaran sarana komunikasi, serta lainnya.

Namun dibalik penggunaanya, ternyata smartphone juga bisa mengalami beragam gangguan maupun kerusakan. Apalagi jika penggunaan terlalu sering dan kurang berhati hati dalam menggunakannya. Seperti gangguan layar atau touch screen menjadi tidak berfungsi ataupun retak. Tentunya gangguan ini membuatmu harus mengganti layar HP yang baru. Karena fungsi touch screen akan terganggu sehingga susah dalam pengoperasiannya.

Cara mengganti layar HP yang rusak dengan mudah

Banyak penyebab yang mengharuskan pengguna HP harus mengganti layar HP atau touch screen mereka. Apalagi, touch sreen merupakan bagian perangkat keras HP yang kerap bermasalah serta rawan rusak. Penyebab rusaknya layar sentuh pun beragam seperti LCD pecah,  munculnya tampilan layar dead pixel atau layar blok, sensitivitas menurun, layar mati total, dan sebagainya.

Jika kamu ingin menghemat budget dalam mengatasi mengganti layar HP, kamu bisa mwnggantinya sendiri tanpa harus repot membawanya ke tukang service. Meski bukan hal yang mudah, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin untuk kamu lakukan. Apalagi jika kamu ngga memiliki basic dalam bongkar membongkar peralatan elektronik.

Namun kamu masih bisa mencoba mengganti layar HP kamu sendiri dengan memperhatikan tutorial berikut ini

Matikan Handphone

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni mematikan handphone kamu dan melepas baterai HP.

Lepas Sekrup

Selanjutnya, kamu harus melepaskan semua sekrup yang berada pada HP. Sekrup ini berfungsi buat menempelkan touch screen pada HP.

Lepaskan konektor

Jangan lupa juga buat melepaskan konektor, pada layar sentuh atau touch screen kamu untuk mengganti layar HP yang rusak. Kamu harus melepaskan konektornya dari PCB HP.

Pemanasan Layar

Sebelum melepaskan layar sentu atau touch screen yang akan diganti, sebaiknya lakukan pemanasan layar memakai hair dryer ataupun alat setrika. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelepasan layar sentuh atau touch sreen dari badan HP.

Melepaskan layar sentuh

Setelah melalui proses pemanasan, kamu bisa melepaskan layar sentuh secara perlahan. Kamu bisa menggunakan peralatan seperti silet ataupun cutter, bilah seng, tembaga tipis, atau bahan tipis lainnya yang bisa masuk di sela layar dan badan HP.

Tutorial mengganti layar HP yang rusak

Ganti layar dengan yang baru

Saat touch screen telah lepas, langkah selanjutnya yakni mengganti layar sentuh baru. Dalam mengganti layar HP baru, kamu harus berhati hati jangan asal pasang.

Terlebih dahulu, kamu harus memasangkan konektor touch screen pada panel PCB HP. Selanjutnya lakukan pengujian dengan menempelkan touch screen pada HP tanpa direkatkan. Cobalah apakah layar sentuh berfungsi dengan baik.

Uji coba

Setelah melalui uji coba dan berfungsi normal, kamu bisa melakukan perekatan memakai perekat yang khusus untuk layar HP.

Memasang kembali sekrup

Langkah terakhir dalam mengganti layar HP adalah memasang kembali sekrup yang telah dilepas. Sekrup berguna untuk menguatkan layar pada badan HP. Cek kembali jangan sampai ada sekrup yang tertinggal, untuk menghindarkan layar tidak berfungsi normal.

Tutorial mengganti layar HP di atas bisa kamu terapkan jika ingin memperbaikinya sendiri. Namun kamu harus berhati hati dalam pemasangan. Karena jika dipasang sendiri, tentu kamu ngga akan mendapatkan jaminan jika terjadi kerusakan dalam proses pemasangan.

One thought on “Tutorial Mengganti Layar HP Yang Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *