Tutorial Pasang Plugin Yoast Dan Optimasinya

By | Agustus 28, 2019
Tutorial Pasang Plugin Yoast Dan Optimasinya

Plugin Yoast adalah salah satu optimasi SEO yang paling banyak dipilih oleh para blogger selama ini. Apalagi untuk pengguna WordPress khususnya wordpress.org, plugin ini sangat dicari-cari dan didambakan bisa terpasang di blog mereka. Berikut akan kami paparkan Tutorial pasang plugin yoast dan optimasinya karena mungkin beberapa dari kalian masih tidak tahu caranya.

Meski begitu, pengaturan ini sangatlah mudah. Caranya sederhana, tapi kembali lagi pada pengalaman, ada yang pemula dan sudah senior, semoga tutorial kali ini bisa Anda mengerti dan Anda ikuti dengan mudah. Khususnya bagi para pemula di luar sana.

Instal Plugin Yoast SEO

Ketika menginstal sebuah plugin, para pengguna wordpress harus menuju ke bagian dashboar. Di sana akan tampak beberapa menu, tapi pilihlah menu ‘plugins’

  1. Selanjutnya Anda klik ‘Add New’ untuk menambah plugin baru.
  2. Langsung masuk ke menu pencarian dan ketik ‘Plugin Yoast SEO’.
  3. Setelah itu klik ‘install’ di plugin yang menjadi incaran kalian, dalam hal ini adalah Yoast SEO.
  4. Meskipun sudah terinstall, tapi plugin tersebut belum bisa aktif. Maka Anda aktifkan terlebih dulu dengan klik ‘Activate’.
  5. Kemudian bila sudah muncul ‘Activated’, maka itu tandanya plugin Anda sudah aktif.

Mengaktifkan Advanced Settings Page

Tugas belum selesai. Setelah plugin telah terinstal dan aktif, masih ada beberapa pengaturan yang harus Anda lakukan.

Salah satunya adalah mengaktifkan Advanced Settings Page.

Caranya mudah.

  1. Anda klik tab ‘Features’ yang ada di samping tab general.
  2. Kemudian pada bagian Advanced Settings Page, klik ‘Enable’
  3. Kemudian ‘Save Changed’
  4. Setelah itu, akan muncul beberapa perubahan seperti munculnya menu baru di antaranya adalah Tools, Search Console, Advanced, XML Sitemaps, Title and Metas, dan Social.

Memasukkan Informasi ke Tab Your Info

Tutorial pasang plugin yoast dan optimasinya ini tak kalah mudah. Tugas kalian cukup memasukkan nama situs website atau nama perusahaan dan deskripsi perusahaan tersebut ke kotak yang sudah disediakan untuk diisi oleh kalian.

Setelah mengisinya, maka klik ‘Save Changed’ untuk menyimpannya.

Mengatur Tittle dan Meta

Masih belum selesai, kalian juga harus mengetahui beberapa tab dari menu Tiitle dan Meta tersebut.

Kegunaan mereka tak terlepas dari Yoast SEO kalian.

Maka dari itu, kenali dulu tab-tab mereka antara lain sebagai berikut:

  1. General: pada tab ini, yang akan kalian atur adalah simbol untuk memisahkan judul postingan. Simbol paling umum digunakan adalah stripe (-), tapi kalau ingin berbeda, Anda dapat mengubahnya di sana.
  2. Homepage: di sini Anda ditugaskan untuk mengisi tittle halaman web Anda. Entah penting atau tidak, mari menuju tab berikutnya.
  3. Post Types: yang Anda atur di sini adalah tampilan judul ketika mereka tampil di search engine. Kami menyarankan untuk tidak melakukan perubahan apapun, tetap biarkan mereka dalam versi default.
  4. Taxonomies: di tab tersebut, kalian dapat mengatur meta deskripsi untuk tag, kategori, tag gambar, format dan mengatur tittle template.
  5. Archives: ‘Enable’ bila blog Anda terdiri lebih dari satu penulis, dan sebaliknya ‘Disable’ kalau penulisnya cuma satu.
  6. Other: tidak usah lakukan pengaturan apapun.

Mengatur Sosial Media

Di Yoast SEO, kita diberikan kelebihan yakni dapat menghubungkan blog dengan akun-akun sosial media kita.

Dan sosial-sosial media tersebut sangatlah lengkap, mulai dari Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan masih banyak lagi.

Pada tab ‘Account’, silakan Anda masukkan profil Anda di setiap sosial media yang Anda miliki. Hal tersebut membantu blog supaya memiliki kualitas SEO yang baik.

Sampai di sini Tutorial pasang plugin yoast dan optimasinya sudah bisa dikatakan selesai. Tapi sebenarnya masih ada banyak hal yang perlu Anda lakukan agar lebih maksimal lagi.

Lain dari itu, ada alasan kenapa kalian harus memilih Yoast SEO, salah satu yang paling menjadi kebanggaan adalah fitur dari plugin Yoast SEO yang begitu lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *