Tutorial Cara Upload Theme WordPress Ke Cpanel

Diposting pada
Tutorial Upload Theme Ke Cpanel

Jika Anda mengalami masalah mengupload theme WordPress lewat wp-admin, sebaiknya gantilah cara dengan mengikuti Tutorial upload theme ke cpanel.

Beberapa penyebab menjadi kesulitan tersendiri saat upload theme lewat wp-admin. Hal-hal seperti itu biasanya dikarenakan oleh masalah di bagian wordpress.org nya yang memiliki lokasi theme server yang berbeda, atau hanya masalah di sisi servernya sendiri, fitur theme yang rumit hingga menyulitkan proses perubahan theme blog, dan masalah-masalah lainnya.

Daripada mengatasi segala kerumitan dari masalah-masalah tersebut, lebih baik kalian menggunakan cara lain, seperti dengan mengupload theme lewat Cpanel.

Caranya mudah, sederhana, dan Saya yakin kalian pasti bisa melakukannya.

  1. Langkah pertama, tentunya Anda sudah mempunyai theme wordpress yang akan dipasang ke web. Jika Anda belum mempunyainya, tentu saja Anda harus segera memilikinya dengan mengunduh versi gratis ataupun berbayar.
  2. Setelah itu masuk ke cpanel Anda. Menuju ke menu files dan pilih file manager kalian.
  3. Sampai di sini, Anda harus menuju ke direktori ‘public_html/wp-content/themes’ lalu pilih theme yang rencananya akan Anda upload. (Formatnya dalam bentuk zip).
  4. Di bagian atas halaman, akan tampak pilihan ‘upload’ dengan tanda panah ke atas. Klik upload lalu tunggu prosesnya.
  5. Ketika proses upload selesai, kembali lagi ke file manager. Tugas Anda betikutnya adalah mengekstrak theme yang Anda unduh tadi. Caranya cukup dengan klik kanan pada file (zip) yang akan Anda ekstrak.
  6. Tutorial upload theme ke cpanel masih belum selesai. Kini kalian berpindah halaman ke dashboar wp-admin. Klik Apprerance dan pilih menu themes.
  7. Lihat ke daftar theme yang sudah Anda instal. Di situ juga akan terpampang theme yang barusan Anda upload dan ekstrak tersebut.
  8. Langkah terakhir, klik theme tersebut dan aktifkan. Maka theme WordPress Anda akan berubah.

Sampai di tahap ini kalian sudah selesai dalam melakukan langkah-langkahnya.

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan betul dalam pemilihan theme. Kita disediakan banyak sekali pilihan tema di wordpress. Ada yang gratis dan berbayar. Selain itu, ada juga yang penuh malware dan aman dari malware.

Theme yang baik untuk blog Anda tentu saja theme yang bebas dari malware. Jika theme kedapatan memiliki malware, itu akan berbahaya untuk kelangsungan blog kalian. Entah itu dalam hal SEO atau penilain Google pada web kalian.

Pilihlah tema yang bagus, tepat, SEO Friendly, dan segala jenis yang banyak disarankan kepada kita.

Hal-hal seperti itu membantu kita dalam memaksimalkan blog di mata pengunjung maupun Google.

Setelah mengetahui cara mengupload theme lewat cpanel, tak ada salahnya bagi kalian mengetahui cara manual mengganti theme.

Kali ini, kita akan melakulan tutorial lewat wp-admin. Meski dengan cara ini Anda bisa saja terkena masalah, tapi tak ada salahnya menjadikan tutorial ini sebagai pengetahuan.

  1. Masuk ke wp-admin Anda seperti biasanya.
  2. Beralih ke pilihan ‘Apprerance’ lalu klik ‘Themes’.
  3. Klik ‘Add New’ untuk menambahkan template baru.
  4. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memilih file yang akan diupload. Tapi sebelum itu, klik ‘Upload Theme’.
  5. Klik ‘Choose File’ dan terakhir tekan ‘Install Now’.
  6. Secara otomatis, file yang Anda upload akan muncul di halaman tersebut setelah proses upload selesai. Untuk mengaktifkannya, kalian tinggal klik ‘Activate’
  7. Selesai

Entah itu tutorial upload theme secara manual maupun Tutorial upload theme ke cpanel, tetap mudah dilakukan. Kalian pasti bisa, sebab masalah upload theme belum ada apa-apanya dalam dunia blogging kita ini.

Upload theme hanyalah langkah kecil sebelum menjadikan kalian profesional di bidang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *